Kutuan & cacingan : Cara alami membasmi pada Ayam tarung



kutuan dan cacingan pada ayam kelihatannya masalah Kecil tapi masalah paling besar bagi ayam dan seringkali juga menjadi kendala paling merugikn bagi para juragan.

Efek kutuan & cacingan pada ayam seringkali berimbas pada pertumbuhan dan perkembangan ayam. Pertumbuhannya terganggu dan kemudian sering dikenal sebagai "pedot" atau pertumbuhan kurang normal.

kutuan dan cacingan pada ayam dapat dilihat secara langsung dari tingkah laku atau keadaan fisik  ayam aduan ,

1 . Ayam cacingan ,
     
Ciri-ciri ayam cacingan

  • Makanan lahap tapi badan tak   tumbuh .
  • Jika mata berbusa/atau ada gelembung cairan dipinggir mata berarti sudah dipastikan cacingan jika dibiarkan akibatnya ayam menjadi buta.

     
2 . Ayam kutuan
 Ciri-ciri ayam cacingan

  •  Ayam terlalu sering mengibaskan sayapnya, dan kelakuannya sering memainkan bulu bulunya.


Efek kutuan dan cacingan pada Ayam
Efek akut pada masalah ayam tersebut seperti ayam menjadi lesu, nafsu makan berkurang , pertumbuhan tak normal "pedot". Pada gejala tertinggi ayam ketahanan tubuh ayam teeganggu dan cepat mati.

Dengan masalah-masalah tersebut kami mengumpulkan pendapat para juragan sehingga pada kesempatan ini kami membuat artikel berjudul kutuan & cacingan.

Cara alami membasmi pada Ayam tarung.
1 . Obat alami ayam cacingan
Menurut para juragan senusantara, pemberian obat kima memang dapat membunuh cacing akan tetapi mwnurut mereka terlalu lambat dan menurut mereka bahan obat kimia selalu ada efeknya. Jadi mereka memberikan solusi dengan :

a. Buah pinang
Pasti ada sudah tau kan ? Buah pinang ternyata sangat ampuh dan paling cepat memaksa cacing keluar dari tubuh ayam aduan . Dengan menggunakan buah pinang yang masih muda , ditirias kecil dan disuapkan pada ayam dan pemberiannya sebelum ayam diberi pakan . pemberiannya dapat dilakuakn sampai siyakini ayam bebas cacingan . Cara ini aman karena berbahan alami .

b. Buah petai cina/lamturo
Siapa yang tidak tau petai cina , petai cina sudah dipercaya masayarakat suku sasak sebagai makanan pembasmi cacing. Sehingga juga dapat diterapkan sebagai obat cacing pada ayam aduan, baik dapat diberikan langsung atau dapat dicampur pada pakan ayam. Petai cina juga dapat memberikan keaehatan perut pada hewan juga dapat mengatasi kuturan hijau, sakit pade hewan.

2. Obat alami untuk Ayam kutuan
Untuk ayam kutuan pada ayam jago dapat diusir dengan bahan alami yaitu

a . Daun sirih

Siapa yang tidak kenal daun ini? bahkan untuk tubuh manusia sekalipun dipercaya menhilangkan kuman . Pada ayam aduan daun sirih dapat dimasak atau direbus kemudian setelah dingin dapat dimandikan pada ayam aduan . Dan airnya juga dapat diminumkan pada ayam aduan.

b . Daun bidara

Daun bidara sudah dikenal sejak lama, sebagi pengawet alami, pelindung tubuh bahkan sering dipakai pada mayat. Untuk ayam aduan dapat daun bidara dapat dirdmas pada air kemudian dimandikan.
   
Jadi Demikian artikel berjudul ''kutuan & cacingan: Cara alami membasmi pada Ayam tarung'' semoga bermanfaat.  Saran , kritik, tambahan ilmu untuk kesempurnaan artikel ini. salam satu hobi

Posting Komentar