Gelar : Belajar penamaan ayam kampung berdasarkan warna dan bentuk bulunya


Salam satu hobi

Ayam kampung memiliki berbagai macam Gelar, kelus atau penamaan yang muncul sebagai idenstitas bawaan dari lahir  ayam tersebut. Gelar, kelus atau penamaan ayam kampung menjadi factor penting sebagai nilai instrinsik dari ayam yeng menentukkan keangkuhan dan nilai jual ayam  tersebut.

Pada kesempatan ini kami akan melanjutkan artikel sebelumnya tentang penamaan ayam dan ini merupakan lanjutannya yang berkaitan dengan penamaan ayam kampung berkaitan dengan bulu ayam kampung.

2. Penamaan ayam berdasarkan warna bulunya. 
Penamaan ayam kampung secara garis besar berdasarkan bulunya  dibedakan menjadi dua yaitu:
Penamaan Ayam kampung berdasarkan warna bulunya dibedakan menjadi 8 macam yaitu;
1. Serawah
    Serawah yaitu penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya yang berwarna putih atau identik putih. Serawah pada dasarnya dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu:
  • Putih mulus, atau serawah putih mulus merupakan jenis yang hanya memiliki warna bulu putih  dan tidak memiliki campuran warna atau kita tandai sebagai serawah satu warna.
  • Putih bendera, atau serawah bendera, mandalika atau serawah cina yaitu jenis ayam serawah yang memiliki campuran satu helai warna hitam dan hanya terletak pada bagian ekor saja.
  • Serawah bulu telu (bulu tiga) yaitu jenis ayam serawah yang memiliki campuran 3 warna bulu yaitu putih , hitam dan warna merah/kuning dan hanya terletak pada bagian punggung , sayap dan ekor . Namun tetap memiliki warna dasar putih yang dominan
Jika  menemukan ayam yang memiliki warna pada bagian dada selain warna putih maka tidak dikategorikan dalam penamaan ayam serawah.

2. Bing
    Yaitu merupakan penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya yang berwarna merah atau identik merah . berdasarkan Penamaan ayam kampung  dilihat dari bulunya, Bing dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu:
  • Bing asli , merupakan perpaduan warna merah asli atau kuning jingga asli dengan perpaduan warna hitam yang ditandai dengan pola warna merah/kuning dibagian punggungnya dan hitam dibagian paruh dadanya.
  • Bing kuning , merupakan perpaduan warnajingga kuning kemerahan atau warna yang lebih condong kewarna kuning daripada warna merah yang kemudian memiliki perpaduan warna kuning muda atau jingga dibagaian dadanya.
Jika kita menemukanayam dengan pola selain cirri cirri diatas maka ayam tersebut tidak dikatakan Bing , karena perpaduan bulu ayam merah hitam sangatlah banyak jika warna hitam menyebar kebagian punggung maka cukup kita namakan sebagai merah , atau ayam hitam atau perpaduan merah hitam . jika bulu merahnya menyebar kebagian paruh dadanya maka ayam tersebut bisa jadi masuk dalam kategori panamaan ayam kelau.

3. Berumbun
Yaitu penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya yang memiliki tiga perpaduan warna yang menyebar secara beraturan ataupun tidak beraturan . dan ayam berumbun sebenarnya sangatlah mirip dengan penamaan ayam kampung ‘’Bing’’ hanya saja ketika terdapat satu helai saja warna putih pada ayam tersebut maka akan dikategorikan menjadi ayam berumbun. dan hanya dikategorikan satu jenis saja.

4. Wangkas
     Yaitu penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya yang memiliki dua perpaduan warna yang memiliki pola khusus yaitu memiliki bulu dasar menyelimuti tubuh utama, putih, kelau atau lainnya  kemudian campuaran warna atau  bercak warna lainnya seperti merah, kuning atau lainnya  hanya terdapat pada bagian sayap.
Jika anda menemukan ayam yang tidak sesuai dengan pola bulu seperti cirri diatas maka tidak dikatakan sebagai ayam wangkas, atau jika bercak pada sayap menjalar kebagian dada maka bisa jadi disebut kelau atau sejenisnya.

5. Burik / buik
    Yaitu penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya dengan dua perpaduan warna, dan perpaduan warna atau lebih tidak beraturan dan selain dari penamaan ayam berumbun.

6. Kelau
    Kelau merupakan penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya dengan berbagai perpaduan warna. pada dasarna kalu dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
  • Kelau bojok , ada juga yang menyebutnya lebih sadis sebagi kelau “tai anjing” karena jenis ayam ini terbilang hampir tidak indah, bulunya yang pull berwarna abu atau hanya satu warna. akan tetapi walaupun bentuk atau warna bulunya seperti itu ayam ini masuk dalam jajaran ayam kampung terlangka dan ayam kampung termahal.
  • Kelau ore atau kelau sial, kealu jenis ini tidak seperti namanya yang sial hanya warna bulunya yang merupakan warna buangan dari ayam serawah, wangkas, hitm ataupun juga bing. mengapa demikian, karena ketika ayam putih namun memiliki perpaduan warna tidak beraturan bisa menjadi kelau begitu pula pada ayam wangkas dan bing.

7. Ijo
    Yaitu  penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya yang identik berwarna hijau. disebut ‘’IJO’’ karena memang tidak sehijau yang kita kira dan merupakan warna gabungan dari warna biru hanya mungkin mendekati sekitar 10 - 30% dari warha hijau dan 50 - 60% warna biru.
8. Hitam
        Yaitu penamaan ayam kampung berdasarkan bulunya yang berwarna hitam penuh. jika ada ada campuran warna sedikit saja, gelar penamaannya bisa berubah menjadi burik atau kelau.

3. Kedua, berdasarkan bentuk bulunya
  • Penamaan Ayam berdasarkan bentuk bulunya dibedakan menjadi dua macam Betuk polos.
Penamaan Ayam yang memiliki bentuk polos merupakan bentuk yang sering kita lihat dan dalam sistem penamaan tidak disebutkan.

  • Bentuk Santek
Penamaan Ayam berdasarkan bentuk bulu ayam yang jering atau keriting disebut sebagai santek. Santek ada dua macam ada yang full santek atau santek penuh dan ada santek atau bulu keriting yang hanya terdapat dibagian tubuh tertentu.

Demikian artikel kami mengenai Gelar penamaan Ayam Kampung sebagai bagian kedua dari postingan artikel awal mengenai kelus belajar penamaan ayam kampung.

Posting Komentar