Kelus : Belajar Penamaan ayam kampung

Salam satu hobi !
kelus atau gelar penamaan ayam kampung kali ini menganut pada istilah yang sering digunakan suku sasak. kelus penamaan ayam kamung memiliki manfaat sebagai identitas dari ayam itu sendiri yang dipercaya memiliki pengaruh kekuatan diarena adu ayam, selain memiliki pengaruh atau keangkuhan diarena adu ayam, kelus penamaan ayam juga menjadi nilai instrinsik yang membuat nilai jual ayam menjadi mahal.

kelus atau gelar penamaan ayam berdasarkan garis besarnya dapat dilihat dari tiga unsur yaitu kaki , bulu dan kepala. Pada artikel kali ini yaitu belajar penamaan ayam suku sasak kami akan mencoba menjalaskan dimulai dari bagian kaki

1. kelus penamaan Ayam Kampung dilihat dari Kakinya 
Pada bagian pertama kita akan belajar tentang Penamaan ayam dipandang dari sudut kaki.  Berdasarkan bentuk kakinya ayam dikelompokkan menjadi 2 macam yaitu:

a. Penamaan ayam kampung dari warna kakinya, penamaan ayam kampung dari segi warna kakinya dibagi menjadi tiga yaitu:     
  • Sekedas 
sekedas  yaitu gelar ayam kampung yeang memiliki kaki berwarna putih, jadi perlu   diingat  dimanapun  kita menamukan warna kaki ayam berwarna putih itu disebut sekedas
  • Kaki kuning 
kaki kuning merupakan sebutan bagi ayam yang memiliki kaki kuning 
  •  Kaki Hitam 
kaki hitam merupakan sebutan bagi ayam yang memiliki kaki berwarna hitam , namun untuk beberapa kelus atau perpaduan warna ayam seringkali tidak disebut kaki hitam tapi selem '' misalnya pada kelus penamaan ayam kampung ijo selem ''.
  • Tunjang Besi
Ayam yang memiliki bentuk warna kaki berbeda antara satu dengan yang lainnya memiliki gelar atau kelus penamannya disebut  '' Tujang besi '' biasanya perbedaan warna pada ayam sering didapati hanya berwarna hitam putih . Tunjang besi kelus ayam seperti ini disebut sebagai ayam langka dan juga memiliki nilai harga yang cukup tinggi karena selain unik dan langka bebrapa kepercayaan dari para juragan mengenai urige/keangkuhan juga mengikutinya.
      
b. Penamaan ayam kampung dari kelengkapan kakinya, Penamaan ayam  berdasarkan atribut kelengkapan kakinyanya dibedakan menjadi tiga yaitu:
  • Dimpil Karo 
Dimpil karo yaitu kelus penamaan untuk ayam yang memiliki jari berhimpit dibagian kaki belakang  dan terdapat dikedua kakinya. 
  • Dimpil Tengen 
Dimpil tengen yaitu kelus penamaan untuk ayam yang memiliki jari berhimpit dibagian kaki belakang dan hanya terdapat disalah satu dari kedua kakinya.
  • Godek
Godek yaitu penamaan untuk ayam kampung yang memiliki bulu kaki atau ayam kampuny yang bulu tubuhnya turun atau tumbuh hingga kebagian kaki. godek dibagi menjadi dua berdasarkan lebat bulu yang tumbuh kebagian kaki ayam. Godek asli yaitu bulu lebat yang tumbuh kebagian kaki ayam.
dan godek maye yaitu bulu yang tumbuh kebagian kaki ayam dan tidak terlalu lebat.
Demikian Penamaan ayam atau kelus ayam dilihat dari sudut kakinya semoga bermanfaat. kritik saran dan tambahan info sangat kami harapkan. salam satu hobi!

Untuk bagian selanjutnya mengenai penamaan ayam kampung dari segi bulu, ekor dan juga kepalanya dapat dibaca diartikel selanjutnya

Posting Komentar