Penamaan Gelar atau kelus ayam berdasarkan bentuk kepalanya


Salam satu hobi!
Penamaan ayam, gelar atau kelus ayam merupakan hal yang paling penting bagi penghobi atau para petarung ayam. karena nama, kelus ayam menjadi tolak ukur bagus tidaknya dalam bertarung diarena.

Pada kesempatan kali ini kami akan melengkapi postingan artikel sebelumnya yang berkaitan dengan penamaan ayam berdasarkan kaki, bulu dan juga ekornya. penamaan ayam berdasarkan kepalanya secara garis besar dibedakan menjadi 4 bagian atau empat penamaan.
   
 Penamaan ayam berdasarkan bentuk kepalanya yaitu:
  1. Sandah 
     Sandah merupakan sebutan bagi ayam kampung yang memiliki tanda bulu dibagian belakang kepalanya yang berdiri . sandah merupakan satu dari bebrapa hal yang sangat membuat tertarik para penghobi atau petarung ayam , dengan adanya bulu yang berdiri dibagian belakang kepalanya membuatnya semakin terlihat gagah dan angkuh . Ada hal menarik dari sandah , meski langka ada andah yang ternyata terbentuk di bagian paruh dari ayam , namun sandah dibagian paruh atau dibagian tubuh lainnya tidaklah terlalu berpengaruh dibandingkan sandah dibelakang kepala .
   2. Jambul
      Jambul merupakan panggilan atau penamaan ayam yang mana ayam tersebut memiliki bulu yang bertumpuk dibagian atas kepalanya , bentuk bulu yang menumpuk dibagian atas kepalanya tersebut seakan akan menyerupai topi bagi ayam.


 3. Bawok /wok
     Bawok /wok merupakan panggilan ayam untuk ayam yang bulu kepalanya menjalar kebagian muka ayam hingga dagu. bawok atau wok uga disebut sebagai brewok. adanya brewok atau bawok ayam menambah nilai instrinsik ayam sehingga ayam semakin terlihat gagah dan angkuh.
 

 4. Otak lekong
     Otak lekong merupakan penamaan bagi ayam kampung yang tidak memiliki unsur-unsur diatas, atau ayam tersebut polos seperti biasanaya.
Demikan bahasan tentang penamaan ayam berdasarkan bentuk kapalanya, mohon berikan masukan, kritik yang membangun serta tambahan info mengenai system penamaan ayam agar artikel-artikel menganai metode atau system penamaan ayam ini dpat dijadikan refrensi yang bermanfaat bagi para penghobi. Salam satu hobi !
  1. Penamaan ayam berdasarkan bentuk dan warna kakinya
  2. penamaan ayam berdasarkan bentuk dan warna bulunya
  3. penamaan ayam berdasarkan bentuk ekornya
  4. penamaan ayam berdasarkan bentuk kepalanya 

Posting Komentar untuk "Penamaan Gelar atau kelus ayam berdasarkan bentuk kepalanya "