10 penyakit ayam dan pencegahan dimusim hujan


Salam satu hobi !
Musim hujan telah tiba , kami harap anda sudah menyiapkan segala pernak-pernik untuk menghadapi musim hujan . Setiap juragan pasti punya rasa khawatir pada ternak meraka , terlebih jika misim hujan berlarut-larut sampai intensitas matahari sangat kecil untuk memberi kehangatan pada ayam , ruang gerak yang sempit dan suhu tubuh yang minim.

Beberapa gejal penyakit yang mungkin sesekali akan menghantam anda para juragan , bukan sesuatu kebetulan namun merupakan hal lumrah dapat terjadi . Inilah gejala Penyait yang kami rangkum dari yang tidak berbahaYa sampai yang paling parah dan merupakan hasil sharing para juragan nusantara ;

      1. Lesu
Terbatasnya pergerakan ayam dimuaim hujan serta intensitas matahari yang kecil membuat ayam tidak biasa bergerak bebas dan mendapatkan asupan untuk menghangatkan tubuh .

     2. Berak hjau
Berak hijau pada dasarnua disebabkan oleh 2 hal yaitu karena indikasi ayam terserang penyakit dan merupakan respon terhadap cuaca dingin . Jika hal itu terus terjadi maka dapat menjadi berbahaya .

     3. Jamuran
Dengan lingkungan dan kondisi yang lembab menyebabkan pertumbuhan jamurpun semakin cepat , indikasinya ayam akan kurap , gatal-gatal keseluruh tubuh.

     4. Flu
Jika ayam memaksakan diri keluar bermain pada waktu hujan maka akan sangat cepat diaerang gejala flu.


Posting Komentar