6 Karakter Ayam jago indonesia yang mahal

Salam satu hobi !
Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 6 karakter ayam jago indonesia yang mahal



Ayam jago indonesia atau yang disebut ayam kampung , memiliki sebutan , panggilan , gelar yang membutnya memiliki variasi harga yang tinggi. Dan diantara gelar tersebut ada gelar unik yang sangat mahal harganya .

1. Karakter Dimpil
            Karakter dimpil sebelumnya sudah kami bahas di artikel dengan kata kunci " penamaan ayam kamoung berdasarkan kakinya " .

Karakter dimpil secara singkatnya yaitu karakter dimana jari kaki belakang ayam berhimpit dua .  pada ayam jago indonesia atau ayam kampung dimpil ada dua macam , yaitu;

  • Dimpil karo
Yaitu jari kaki belakang yang berhimpitan dan terdapat di kedua kakinya

  • Dimpil tengen 
Yaitu jari kaki dibelakang yang berhimpitan dan terdapat di salah satu kaki ayam . 

Mengenai popularitas , ayam kampung dimpil lebih diminati daripada tanp dimpil atau yang biasa saja . dari kedua jenis dimpil tersebut , dimpil tengen dikalangan para petarung/penggocek lebih diunggulkan dari dimpil karo khusus jika dimati hanya dari bagian kaki saja . Mengenai harga dimpil karo atapun dimpil tengen memiliki harga yang tak biasa dibanding kaki yang tak dimpil . 

Alasan lain selain antik , ayam dimpil hanya terdapat 1 dari 100 ayam alias langka.

2. Mata elang
            Mata ayam akhir-akhir ini selalu menjadi alasan utama para juragan tertarik pada ayam jago . Mata elang atau panggilan bagi ayam bermata putih , memang selain menampakkan tampilan angkuh ayam jago juga terlihat lebih gagah .



            Alasan lainnya ayam mata putih lebih sulit didapat dari ayam bermata kuning atau hitam . Dan mungkin hanya terdapat 1 dari 200 ayam .

3. Sandah 
          diartikel mengenai penamaan ayam kampung sudah tuntas kami bahas mengenai sandah . Yaitu adannya bulu yang berdiri dibelakag kepala ayam , jika dipermisalkan tokoh film laga indonesia . Ayam sandah dapat panggilan "wiro sableng".


          Ayam sandah juga merupakan ayam yang langka dan hanya terdapat 1 dari 500 ayam. Karena antik dan langka inilah harganyapun menjadi tak biasa . Ayam sandah dibanding ayam jambul , ayam sandah masih jauh lebih disukai . 

4. Sangkur 
           Kami juga telah membahas tentang ayam sangkur , silahkan  ketik kata kunci penamaan ayam kampung berdasarkan ekornya atau galeri ayam kampung .
       
           Singkatnya ayam sangkur adalah ayam yang tidak memiliki ekor atau hanya memiliki ekor yang sedikit . Ayam sangkur ada dua macam yaitu;
  • Sangkur topi
Sangkur topi yaitu sangkur yang bener bener tidak namoak ekornya hanya ada tubuh kemudian bagian belakangnya tumpul seperti "mobil herby "


  • Sangkur udang
Sangku udang yaitu ayam yang ekornya melengkung seperti udang . Ekornya masih nampak.



Mengenai popularitas , ayam sngkur cukup dan sangat diminati bakan menjadi tolak ukur nilainya yang fantastis . Di akhir akhir ini ayam sangkur banyak diburu para kolektor ayam , karena unik dan dapat jadi aset yang mahal .

Mengenai ketertarikan dari kedua macam sangkur tersebur tergantung setip orang mana yg lebih disukai , kalo admin sendiri lebih suka sangkur udang .

Ketersediaan ayam sangkur yang sedikit ini dan mungkinbhanya terdapat 1 dari 1000 ayam bahkan lebih . Membuatnya menjadi mahal harganya.

5. Ayam banci / papak
          Ayam banci juga sudah kami ulas diartikel penamaan ayam berdasarkan ekornya . Yaitu ayam yang memiliki ekor ayam betina . Jika kita melihat ayam jago umumnya memliki ekor terurai bahkan menyentuh tanah , ayam ini atau ayam banci alias papak memiliki ekor berdiri dan memendek seperti ayam kampung bahkan penampilan seluruhnya mirip ayam kampung .



        Ayam papak saat ini berjejer lurus dengan ayam ayam jago mahal , ayam ini hanyavterdapat 1 dari 10.000 ayam jago . Yang membuatnya dihargai fantastis .

6. Tunjang besi
          Ayam tunjang besi sudah kami ulas pada artikel seblumnya " penamaan ayam kampung berdasarkan bentuk kakinya . Ayam tunjang besi yaitu julukan bagi aya yang memiliki kaki berbeda antar kaki kiri dan kaki kananya . Musal; kaki kanan berwarna putih , kaki kiri berwarna putih .

        Ayam tunjang besi terdapat hanya ada 1 dari sejuta ayam yang ada . Hal ini menjadikannya sebagai ayam yang langka , orang menyebutnya sebagai ayam kutukan . Karena juga dipercaya memiliki kekuatan imunital yaitu manpu mengusir penyakit flu dan musibah lain bai ayam ternak .

Posting Komentar