Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mencetak ayam aduan berkualitas ketahanan tinggi


evolusi dimaknai sebagi suatu prosea perubahan yang terjadi secara lambat yang biasanya terjadi karena faktor lingkungan . Alasan mengapa hewan-hewan zaman purba punah? Alasan yang sering kita dengar adalah karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi . Mengevolusi hewan atau pada artikel ini adalah merubah satu ras ayam yang memiliki pola sifat dan kelakuan dengan prinsif alam dan naluri ayam untuk menjadi lebih kuat.

Faktor lingkungan , memang menjadi faktor utama yang mempengaruhi kehidupan mahluk hidup . tak ketinggalan para peternak , penghobi perubahan lingkungan menjadi musuh utama .  Perubahan lingkuangan yang ditandai pergantian musim , mengharuskan tubuh mahluk hidup secara umum cepat dan tangkas dapar merespon dengan baik .

Pada keaempatan ini kami sapa para juragan muda "Salam Satu Hobi!! "
Akan membagikan sebuah hasil tak terduga dari exaperimen seorang juragan berdasarkan pengamatan  kelakuan , sifat adavtif ayam aduan sehingga memberi kesimpulan mengenai cara bagaimana memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat .

Kita ketahui bersama , Ayam kampung memiliki ketahanan tubuh yang unggul dibanding ayam jago yang saat ini tengah berkembang . Dari sifat dan kelakuan ayam kampung inilah yang diadopsi utk ditularkan pada ayam jago tarung .

Ayam kampung memiliki sifat dan kelakuan ;

  • Lebih banyak mengaih makanan sendiri
  • Lebih sulit dijinakkan
  • Memakan dedaunan dan batuan kecil
  • Lebih suka tidur dengan genggaman kedua kaki (diatas pohon atau lainnya)
  • Dari jam 12 malam berselang untuk ayam kampung jantan , berkokok kencang dan menyepahkan sayapnya.

Pada kesimpulannya ayam kampung memiliki pola hidup yang lebih mandiri ditempa alam dan memiliki karakter yang utuh.

Untuk ayam tarung ;

  • Makan yang teratur dengan kombinasi pakan yang mahal
  • Vitamin/suplemen pertumbuhan
  • Kandang yang tertutup
  • Perlakuan rawat yang intensif
Juragan senior ini mencoba menularkan cara hidup ayam kampung pada ayam tarung agar mendapat ketahanan yang kuat


  1. Berbaur dengan Ayam kampung
Yang dipake pada pengujian ini adalah betina ayam bangkok yang merupakan keturunan F1 yang masih muda .
Di baurkan dengan ayam kampung , sehingga memiliki sifat dan kelakuan yang sama yaitu ; pergi mengais , makan apa saja , tidur perlahan lahan sampai bisa naik pohon .

Kemudian , Ayam ini dipasangkan juga dengan ayam kampung sampai menghasilkan telur dan anak pertama campuran . Dan selanjutnya ia dikembalikan pada kandang sejenisnya yaitu bangkok dengan pejantan bangkok yang ingin diturunkan anak -anaknya Sampai bertelur dan beranak .

Hasilnya ; ia mendapatkan keturunan dengan tingkat ketahanan tubuh yang kuat , sifat adaptiv yang kuat terhadap serangan penyakit . Untuk menghindari terjadinya perubahan cara dan pola hidup kembali keayam bangkok , setelah ditetaskan ia ditempatkan dikandang yang berbeda dari lingkungan ayam bangkok , sitempatkan pada kandang yang beralaskan tanah langsung , agar induk juga menularkan sifat yang sama .

2 . Latih mental sejak umur 2 minggu

Biasanya , untuk ayam tarung para juragan langsung menyepihnya dan menempatkan pada ruang khusus.
Cara yang kedua ini adalah membiarkan anak ayam pada umur 2 minggu bebas bergerak tanpa induk , lepas dan biarkan mereka anak ayam belajar mengaih , berlarian dihalaman rumah , mencari makanan atau buat anak ayam ini lupa identitasnya sebagai ayam tarung  . Metode ini juga disebut metode seleksi , Alam akan menentukan anak ayam mana yang akan bertahan .

Demikian bahasan tentang bagaimana Mencetak Ayam unggulan jika anda tolak hal ini dengan alasan ilmiah maka silahkan sebagian orang berprinsif "Guru terbaik adalah Pengalaman" , tips dan percobaan ini terlihat lucu bagi peternak biasa tapi bagi juragan sejati 1 ayam yang berkualitas lebih dicintai dari 1000 ayam keturunan mami yang lemah.

Artikel ini akan terus kami update , jika ada keritik dan saran silahkan dikomentari . Salam satu hobi

Posting Komentar untuk "Mencetak ayam aduan berkualitas ketahanan tinggi"