Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengendalikan Hama Keong Sawah dengan Cerdas

Kali ini kami aka melanjutkan artikel terkait mutualisme methode yang dalam hal ini terkait keong sawah sebagai hama pertanian. 

Baca juga: Cara mengendalikan keong mas

Jadi saya ulang sedikit mengenai mutualisme methode, adalah istilah yang saya buat sendiri, mutualisme methode adalah menghububgkan dua pekerjaan atau profesi dimana satu dengan yang lainnya memberikan keuntungan. 

Seperti pada artikel sebelumnya bagaimana menghubungkan antara berkebun dengan berternak yaitu dimana kebun diuntungkn dari ternak dan ternak diuntungkan dari kebun dengan hanya fokus pada satu pekerjaan saja entah berkebun atau berternak saja.



Pada kali ini terkait dengan keong sawah . Keong sawah adalah makrohama bagi pertanian , meski mudah bisa dilihat pergerakannya nyatanya sulit dikendalikan . Kadang mampu kita bersihkan yang nampa dibagian permukan misalnya pada tanaman padi , tapi kita tidak bisa lihat yang tersembunyi dibalik akar padi .

Efek keong sawah bagi tanaman padi 

  •   Tumbuh terhambat ,
  •   Layu
  •   Batang merah atau terpotong .

Cara cerdas atasi keong sawah

Cara cerdas atasi keong sawah Yaitu dengan menjadikan keong sawah sebagai berkah.

1. Ternak unggas

Bagaimana membuatnya berkah? Yaitu dengan berternak unggas, bebek atau sejenisnya. Fakta yang harus anda ketahui peternak unggas berani membayar mahal sperkilo keong sawah, karena sangat baik dan membuat unggas mereka cepat besar dan berkembang biak .

Mutualisme methode, bertani sambil berternak. Dua pekerjaan ini menjadi saling menguntungkan satu sama lain, dimana padi bebas dari meong sawah dan ternak tumbuh sehat dengan keong sawah yang berasal lahan sawah. Anda tidak perlu fokus memikirkan keduanya, cukup pikirkan bertani saja karena pakan ternak banyak terdapat di arena pertanian. 

Atau mungkin anda tidak memiliki bakat berternak dalam waktu panjang, cukup hanya sepanjang musim bertanam saja atau seumuran padi . Misal umur padi 3 bulan maka cukup berternak hanya dala waktu 3 bulan, anda memanen padi sekaligus memanen hasil ternak .

2. Memelihara ikan

Atau mungkin dengan memelihara ikan, anda bisa membuat formula pakan ikan dari keong .



3. Makanan olahan

Atau anda tidak sama sekali suka dengan ternak karena mungkin tidak punya lahan kandang, anda dapat mengolah keong menjadi masakan yang memiliki nilai jual mahal, daging keong bisa anda jadikan tepung membuat bakso cilok .


Menurut metri ESDM daging keong memiliki gizi yang tak kalah dari gizi daging sapi .

Gagasan tentang mutualisne methode yang saya buat sendiri ini dapat memanfaatkan sesuatu menjadi dua kali lifat bahkan lebih dari manfaat awalnya .

Jika anda kurang mengerti , anda bisa berkomentar dibawah atau dapat memberikan masalah atau ingin menyampaikan ide gagasan lain terkait mutualisme methode . Salam farmers


Posting Komentar untuk "Cara Mengendalikan Hama Keong Sawah dengan Cerdas "