Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Budidaya Sawi dari mengenal , menanam hingga memanen

Sawi merupakan tanaman semusim, bentuknya hampir menyerupai caisim. Sawi dan caisim kadang sukar dibedakan.

Ciri - ciri sawi 

  • Berdaun lonjong, halus, tidak berbulu dan tidak berkorp. Mempunyai batang pendek, dan lebih langsing dari petsai. Urat daun utama lebih sempit dari petsai dan daunnya lebih liat. Pola pertumbuhan berserak dan sukar membentuk krop. Mempunyai akar tunggang dan akar samping yang banyak namun dangkal. Bunganya mirip petsai, rangkaian tandan lebih pendek, ukuran kuantum bunga lebih kecil dengan warna kuning pucat spesifik. Bijinya kecil dan berwarna hitam kecoklatan.


Kandungan
      Hampir setiap orang menggemari sawi , rasanya yang segar dan banyak mengandung vitamin A , Vitamin B dan sedikit vitamin C . Daun sawi sedikit berasa pahit.

Jenis-jenis sawi





a. Sawi putih / jabung

Nama ilmiahnya (Brassica juncea L. Var.rugosa roxb. & prain)

Sawi putih paling banyak disukai karena rasanya yang enak dan segar, biasanya sering direbus dan dijadikan lalap. Daunnya yang halus, tidak berbulu. Tulang daun lebar, warna hijau keputih - putihan, bertangkai pendek dan bersayap.

b. Sawi Hijau
Sawi hijau rasanya sedikit pahit , sawi hijau batangnyaboendek dan tegap. Daunnya lebar, berwarna hijau tua, bertangkai pipih, kecil dan halus.

Sawi hijau jauh dulu lebih terkenal daripada sawi putih, dan bahkan bersaing di pasaran dengan sawi putih. Sawi hijau lebih murah. Biasanya sawi hijau jadi campuran masakan misalnya rempah - rempah bakso, mie ayam dan juga soto.

c. Sawi Huma
Batang sawi huma panjang, kecil, dan langsing. Daunnya panjang sempit, berwarnabhijau keputih-putihan, bertangkai panjang ,bersayap danbberbulu halus. Sering dijadikan masakan bersama sayur lainnya.

Bertanam Sawi 
Sawi merupakan tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan, terutama sawi Hijau dan Huma . Sawi dapat ditanam didataran rendah hingga dataran rendah . Jenis sawi huma baok ditanam di tempat yang sedikit kering.

Syarat lahan tanam
Lahan tanam sawi, tanahnya gembur, mengandung humus ,drainasenya baik , pH tanah antara 6 - 7. Waktu tanam yang baik ialah pada akhir musim hujan (Maret). Dimuaim kemarau juga bisa asala airnya tersedia.

Langkah penanaman
     Sawi dikembangbiakan sengan bijinya , Biji sawi sangat mudah didapat ditoko pertanian dan umumnya tidak terlalu mahal . Andapun bisa mendapatkan biji dari tanaman sawi , karena umumnya mudah berbungan dan berbiji .

Biji sawi dapat ditanam secara langsung yaitu dengan cara menabur pada lahan yang sudah dibuat gundukan tanah . Agar tidak menumpuk oasa saat penaburan , maka dapat menggunakan botol plastik bekas kemasan minuman . Lubangi kecil kecil bagian tutup botol seukuran biji dapat keluar , masukkan biji kemudian kocok/atau gerak-gerakan pada lahan . Perawatan yang penting model inj adalah , penyisihan / penjaringan saat sawi tumbuh agar dapat tumbuh subur.

Biji sawi dapat ditanam dengan model penyemaian , model ini paling banyak dilakukan petani modern . Jadi sawi ditumbuhkan terlebih dahulu sebelum dipindah kelahan tanam terbuka atau dibedengan . Umur pemindahan 3 - 4 minggu , kemudian setelah berumur 1 minggu dilahan /bedwngan diberi pupuk yang ditaburkan pada jarak 5cm dari batang sawi seukuran 3 gr setiap batang tanaman sawi . maka dapat dikalkulasikan jika menanam di lahan seluas 1 ha atau lebih .

Pemeliharaan tanaman sawi
      Seperti tanaman lainnya , tanaman sawi memiliki jenis penyakit yg harus di tanggulangi yaitu masalah insekta.
Pengobatan tanaman sawi paling baik dengan obatan alami untuk menjaga kesehatan sawi.

Pemanenan
      Tanaman sawi dapat dipanen mulai umur 1,5 - 2 bulan . Dengan cara dicabut atu dipotong , yang kemudian diikat dan dijual cara ini biasanya paling banyak didapat dipasaran . Namun bisa jugaa dengan cara memanen setiap tangkai daun satu persatu simakaudkan agar tanaman bertahan lama .

Refrensi:
Dr.H.Hendro Sunarjono , Bertanam 30 jenia sayur

Kang mahsun petani sawi.

Posting Komentar untuk "Budidaya Sawi dari mengenal , menanam hingga memanen"