Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Budidaya Wortel dari mengenal , menanam sampai memanen

Wortel Merupakan tanaman semusim yang berbentuk rumput. Batangnya sangat pendek hampir tidak terlihat . Akar tunggangnya berubah bentuk menjadi umbi . Akar samping sangat sedikit dan timbul pada umbinya. Makin bermutu umbinya makin tidak ada akar sampingnya, kecuali pada ujung umbi. Pengambilan hara dari dalam tanah hanya dilakukan oleh akar tunggang.

Dalam pembibitan untuk menghasilkan benih bermutu , pemilihan pohon induk diarahkan pada bentuk bumi . Umbi terpilih dipindahkan untuk ditanam ditempat khusus pembibitan . Umbi wortel bentuknya bulat panjang dan langsing. Wortel baunya tidak sedap dan berwarna kuning kemerah-merahan karena mengandung karoten (provitamin A) yang sangat tinggi. Wortel juga mengandung vitamin B dan C. Wortel umumnya disukai karena rasanya enak , renyah dan sedikit manis.

Jenis Wartel
   Jenis wartel berdasarkan bentuk umbinya di bedakan menjadi 3, yaitu:


 a. Wortel tipe imperator

      Umbinya berbentuk bulat panjang dengan ujungnya runcing seperti kerucut . Dan biasanya terdapat tumbuh akar serabut pada umbinya. Jenis tipe ini kurang manis . Namun verietas lokalnyaa leboh disukai karena rasanya enak .

b. Wortel tipe chantenay

     Umbinya berbentuk bulat panjang dengan ujungnya tumpul , tidak tumbuh akar serabut pada umbinya, contoh royal cross.

c. Wortel Tipe nantes

     Bentuk umbinya merupakan peralihan dari tipe imperator dan chantenay. Jenis ini seperti early marketer.


Beretanam wortel
      Wortel tergolong mudah ditanam , baik ditanam didaerah pegunungan mulai dari ketinggian 500 mdpl hingga 1.200m (pegunungan) . Syarat penting terletak pada kondisi tanah yaitu subur , gembur dengan pH tanah 5,5-6,5 atau berada pada tingkat asam lemah . Kondisi tersebut sangat mempengaruhi pembentukan umbi.

Metode tanam
       Wortel dikembangbialan dengan bijinya . Biji tersebut langsung ditanam tanpa disemai terlebih dahulu . Pertama , sediakan lahan dibuat gembur dengan dicangkul lebih dalam kurang lebih 40cm , jika kualitas tanah kurang baik maka dapat ditambahkan pupuk kandang atau kompas . tingkat kesuburan tanah ini akan membuat umbi wortel lebih panjang .

      Setelah tanah sudah sedia , buatkan alur/alir seperti membuat alur penyemaian padi pada lahan kering atau menanam kacang tanah agar lurus dan mudah di tutup . buat alur menggunakan cangkul jangan terlalu dalam cukup agar biji trtutup tipis.

     Biji wortel pastikan tidak melekat satu sama lain sehingga mudah ditabur di alur yang sudah dibuat selanjutnya ditutup tipis. Atau dapat juga dengan merendamnya terlebih dahulu agar kondisi biji dalam keadaan siap tumbuh sebelum ditanam atau dengan membuatnya berkecambah terlebih dahuli yaitu dengan merendamnya satu malam .

Biji wortel akan tumbuh setelah umur kurang lebih 10 hari , setelah 1 bulan tanaman wortel di beri pupuk buatan alangkah baiknya dengan pupuk-pupuk organik atau bisa juga campuran dari pupuk urea dan KCl pupuk di letakkan sejauh 5cm dari tanaman. Pemberian pupuk dilakukan saat atau sesudah dilakulan penggeburan kembali pada tanah tanah diaekitar pangkal tanaman , tanaman juga dilakukan penjarangan agar tidak terlalu rapat dengan tanaman yang lainnya yang dapat mempengaruhi banyak serta kualitas pertumbuhan umbi . Penjarangan tanaman sekitar 5 - 10 cm antara tanaman lainnya.

Pemeliharaan
    Pemeliharaan tanaman yang diperlukan adalab penggemburan tanaman, penjarangan tanaman dan memberantas gulma dan penyakit cacar daun.

Beberapa penykit yang biasa menyerang wortel adalah ; ulat tanah dapat diatasi dengan membasmi sarang secara manual jika tingkat serangannya tinggi seperti membuat bintil akar dapat menggunakan furadan

Kutu daun , menyerang daun dan membuat daun menjadi kriting dapat sicegah dengan pemberian insektisida dalam kadar sedikit.


Pemanenan
      Tanaman wortel dapat di panen saat berumur 3 bulan dengan cara dicabut. Jika wortel terlambat dipanen menyebabkan umbi menjadi keras yang dapat menurunkan kualitas umbi serta harga dipasaran . Tanaman wortel yang terawat dengan baik dapat menghasilkan 20 -30 ton/ha. 

Posting Komentar untuk "Budidaya Wortel dari mengenal , menanam sampai memanen"