Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tanaman yang cocok ditanam menjelang musim kemarau (Mutualisme method)

Hi farmers !! Kali ini kami akan akan berbagi mengenai tips tanaman yang cocok ditanam di awal musim kemarau , musim kemarau menjadi tantangan berat bagi para petani dan peternak, herbivore. masalahnya selaian masalah pangan dan pekerjaan sebagai petani yang membutuhkan irigasi yang cukup, juga menjadi masalah bagi peternak hewan pemakan tumbuhan seperti, sapi, kerbau, kuda, kambing dan lain-lain .



Mutualisme Methode Adalah suatu methode yang saling menguntungkan satu sama lain, dalam praktik bertani dan berternak. Ternak mendapat keuntungan dari bertani, dan bertani mendapat keuntungan dari beternak.


Farmers! Lalu, tanaman apa yang cocok ditanam di peng-awal musim kemarau?

1. Jagung
Jagung adalah tanaman yang cukup popular diindonesia, bahkan jagung memiliki hubungan dan sejarah yang erat dimasarakat Indonesia. selain masuk sebagai makanan pokok pengganti padi, jagung ternyata lebih mudah ditanam. kemudahan menanam jagung dibanding padi yaitu tidak membutuhkan banyak air, umumnya jagung ditanam di dataran rendah dengan kadar air ringan hingga didataran tinggi dan biasanya waktu yang tepat ditanam adalah dipeng-awal musim kemarau sehingga petani dapat membiarkannya mengering di sawah jika hendak ingin disimpan kering atau ketika turun harga. Perawatannyapun tidak sulit dibanding padi.

2. Ubi jalar
Ubi jalar adalah salah satu ubi-ubian yang juga sangat popular diindonesia. ubi jalar umumnya memiliki banyak variasi yang biasanya disebut berdasarkan warna warna isinya, kuning, merah, ungu dan lain-lain selain itu prospek ubi jalar akhir-akhir ini mulai bertumbuh dibuktikan dengan produk-produk berbahan ubi jalar. Dan yang terpenting adalah ubi jalar sangat mudah ditanam, cukup dengan memotong batangnyaa sepanjang satu jengkal dan menguburnya ditumpukan tanah sangat cepat tumbuh. tidak membutuhkan banyak air, cukup dengan kondisi tanah yang sedikit terlihat basah sudah dapat menanam ubi jalar. Dengan kondisi tanah yang terlalu banyak air, kurang baik karena akan membuat isi ubi cepat membusuk.

3. Kacang tanah
Kacang tanah, siapa yang tidak tau kacang tanah. dan harga kacang tanah sendiri sangat bersaing dipasaran, untuk urusan irigasi sama halnya dengan jagung tidak memerlukan banyak air, bahkan kacang tanah dalam perawatan lebih mudah lagi dibanding jagung. jagung di umuran 1 bulanan perlu dipupuk, dan disemprot dari insekta. Naman, untung kacang tanah sendiri tidak perlu perawatan dengan obat-obatan, perawatannya hanya menggemburkan tanahnya disaat umuran 2 bulanan .


Lalu , apa keuntungan lebih bagi petani sekaligus peternak  ?

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya “mutualisme method” yaitu system atau cara saling menguntungkan antara dua profesi berbeda namun dapat saling menguntungkan ,

Jagung, Secara anatomi  dari akar sampai dengan ujung daun . bagi petani yang paling penting adalah kualitas “buahnya” namun kualitas buah juga bergantung dan dapat diukur dari baiknya pertumbuhan batang dan daunnya. Sehingga bagi seseorang yang hanya berfropesi sebagai petani , batang –daunnya hanya akan jadi limbah . Namun bagi anda, yang selain berprofesi sebagai petani juga sebagai peternak . maka daun dan batangnya menjadi sangat berguna . meskipun anda bukan seorang peternak , dimusim kemarau batang daunnya yang masih hijau dapat bernilai ekonomis , setelah anda memetik buah segarnya anda bisa menawarkan batang daunnya kepada para peternak untuk dijual . kebiasannya ini sudah lama dipraktikan oleh masyarakat Lombok , mereka menjual batang daun jagung segar yang sudah dipetik . saking larisnya , dijual dengan hitungan baris tumbuhan jagung .

Ubi jalar, Tumbuhan yang sangat sederhana , stek batangnya dikubur dan tinggal sampai datang musim panen . sama seperti halnya jagung , bagi petani ubi jalar hanya mengambil ubinya saja sedangkan bagian dominan-nya malah menjadi limbah . tapi bagi peternak , batang daunnya sangat bermanfaat . Namun, jika anda hanya petani bukan peternak . anda dapat bekerjasama dengan peternak , dengan dibantu memanen umbi dan imbalannya adalah daunnya .

Kacang tanah Sama halnya seperti tanaman diatas , bagi petani yang paling penting adalah isinya saja . namun bagi peternak , daun kacang tanah menjadi sangat berguna untuk pakan ternak mereka .

Farmers! Mutualisme method memang sangat baik untuk diterapkan dikalangan para petani dan peternak hal ini untuk memaksimalkan pendapatan dari hasil pertanian dan peternakan .

Posting Komentar untuk "Tanaman yang cocok ditanam menjelang musim kemarau (Mutualisme method) "