Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menangkap belalalng diawal dan akhir musim hujan

Belalang adalah salah satu serangga yang umum dikonsumsi disemua daerah diindonesia , bahkan beberapa daerah menjadikannya sebagai bisnis yang menjanjikan . Dilansir  dari laman sainspedia.web.id PBB baru-baru ini mengumumkan untuk memasukkan serangga kedalaman susunan makanan manusia , bahkan kecoak pun mengambil bagian sebagai makanan kaya gizi yang dapat dikonsumsi.

Belalang untuk dikonsumsi sepertinya bukan hal yang asing didengar,  menjadikan belalang sebagai menu makanan sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak lama.  Jika tidak percaya cobalah jalan-jalan ke daerah pedesaan diawal musim penghujan, kita akan melihat anak-anak berkerumun ditengah sawah dan berlarian sembari membawa tongkat pemukul , ya mereka mengejar dan memukul belalang.
Dan mungkin tidak semua orang tau bahwa aktivitas menangkap belalang adalah trend dimasyarakat pedesaan dari anak-anak hingga dewasa dan itu dilakukan dimalam hari.

Pada umumnya belalang mudah kita jumpai disemua musim , tapi untuk menamukan belalang dalam jumlah yang besar hanya ada dua waktu dan dua tempat . yaitu diawal musim penghujan dan diawal musim kemarau di daerah pedesaan yang masih memiliki lahan tani yang luas serta lahan perkebunan.


Diawal musim penghujan 
           
              Diawal musim penghujan misalnya di akhir tahun 2018 ini , Masyarakat lombok suku sasak khususnya menangkap belalang  . mereka tidak melakukannya di siang hari dengan menggunakan alat bantu . Mereka menangkap belalang di malam hari dengan cahaya lampu senter dan menangkapnya dengan tangan kosong.

Cahaya lampu senter Orang menangkap belalang


Hmpir Ratusan masyarakat disetiap desa turun ke sawah yang belum ditanami dengan menggunakan cahaya senter .di akhir tahun 2018 misalnya, mereka seperti merayakan malam-malam pergantian tahun baru  di malam gelap dengan cahaya lampu dimana-mana.

Jumlah belalang sangat banyak di awal musim penghujan , ini untuk belalang yang umunya ada disawah . banyaknya belalang ini karena memang diawal musim penghujan adalah musim penetasan telur-telur belalang yang biasanya tersimpan selama musim kemarau .


Sedangkan diakhir musim penghujan
diawal musim kemarau , masyarakat justru ke kebun atau ke pegunungan untuk mencari belalang . belalang yang dicarai belalang yang umumnya banyak terdapat di pepohonan , mereka mnyebutnya sebagai "Balang gambu atau bambok'" yang berwarna kuning ke-emasan dan berukuran lebih besar dari belalang sawah.

Lalu seberapa banyak belalang yang didapat?
Untuk belalang sawah , 1-2 jam saja bisa mendapat satu toples ukuran besar atau satu botol Fanta besar per-orang . jumlah pendapatan tidak diukur antara orang tua dan anak-anak , masalahnya adalah seberapa bagus pengelihatan dan kecepatan kita menangkap belalang .  dan yang terjadi adalah anak-anak kecil lebih banyak pendapatannya .

sedangkan untuk belalang pohon "balang gambu /gambok" yang ukurannya lebih besar dibanding belalang sawah . contohnya saja di awal tahun 2018 lalu , per-orang bisa mendapat satu karung bulog per malamnya . pertumbuhan belalang didaerah pedesaan -pegunungan sangatlah banyak , mungkin ini smacam perlindungan atau tempat terbaik mereka berkembang biak dengan kondisi urbanisasi lahan tani yang semakin berkurang .

Belalang sebagai lahan bisnis
selain untuk dikonsumsi belalang juga dapat dijadikan usaha , belalang cukup diminati oleh masyarakat luas . hanya dengan seukuran setengah plastik kresek kecil saja di hargai 20-25ribu rupiah. biasanya belalang dijual setelah dikukus .

Cara menangkap belalang :



  • cara menangkap belalang sawah dimalam hari
Menangkap belalang dimalam hari alasanya adalah karena serangga pada umumnya tidak aktif dimalam hari sehingga ketika didekatkan pada cahaya mereka malah cenderung mendekatinya . dan cara menangkapnya sangat sederhana , singkatnya anda hanya memerlukan pencahayaan terfokus dan wadah . namun sekedar saran gunakanlah pakaian tertutup , karena umumnya diawal musim penghujan bukan cuma belalang yang mengalami perkembangbiakan atau penetasan  pesat tapi juga serangga-serangga lainnya yang mungkin juga dapat menjadi pengganggu .


  • cara menangkap belalang pepohonan dimalam hari 
Tidak ada bedanya antara malam dan siang mengenai metode menangkapnya , bisa menggunakan tangan atau alat yang dibuat sendiri berupa anyaman bambu (biasanya) tidak baku , atau alat yang menyerupai penangkap telur semut , mengkerucut dengan penyangga yang memanjang . hanya bedanya dimalam hari serangga pada umumnya tidak aktif atau liar  bahkan akan mendekat cahaya lampu .

Manfaat mengkonsumsi belalang , beberapa artikel tentang kesehatan menyebutkan bahwa belalang sangat baik untuk para obesitas atau orang-orang yang ingin melakukan program diet berat tubu . masalahnya belalang  tidak mengandung lemak tapi kaya pada protein . ini semacam pilihan yang sangat baik antara makanan nabati untuk diet biasanya yang direomendasikan adalah kedelai namun untuk hewani saya rasa berdasarkan artikel artikel terbaru belalang cukup baik .




Posting Komentar untuk "Menangkap belalalng diawal dan akhir musim hujan"