AYAM TUNJANG BESI

Jika juragan pernah melihat ayam dengan warna kaki yang berbeda maka anda beruntung mendapatkan salah satu ayam unik yang langka ini, ayam dengan warna kaki berbeda seperti barang antik yang ditemukan 1 kali dalam periode beberapa tahun sekali. 

Ayam yang memiliki warna kaki ini disebut sebagai tunjang besi. Percaya atau tidak masyarakat kuno dahulu mempercayainya sebagai ayam mistis yang mempunyai pengaruh baik, admin idnfarmers pernah mengalaminya. 

Jadi ceritanya begini:
Saya Punya induk ayam yang baru menrtas 8 ekor anak ayam, karena ditingga pergi dan diletakkan disamping rumah dalam kurungan tanah, anak-anak ayam dimakan biawak abis dan tertinggal hanya satu yaitu anak ayam yang ketika besar baru nampak memiliki kaki berwarna berbeda. Percaya atau tidak itu tergantung keyakinan kita juragan, saya sendiri percaya bahwa semua tergantung pada kehendak tuhan yang maha esa.

Ayam tunjang besi adalah Istilah penamaan untuk ayam dengan warna kaki yang berbeda dari satu kaki dengan kaki lainnya. Tujang besi ialah istilah nama yang diberikan oleh nenek moyang suku Lombok-bali. 

Ayam tunjang besi merupakan ayam yang langka yang biasanya diikuti dengan mistic yang dipercaya mampu menangkal penyakit ayam, dengan bentuk kakinya berbeda umunya terjadi antara warna putih dan hitam dan sedikit terjadi hitam kuning. 

Mengapa disebut ayam tunjang besi?
Pada Umunya warna kaki mahluk hidup dan termasuk ayam adalah sama, selaras satu sama lain. namun  ada ayam yang memiliki warna kaki yang aneh dimana kedua kakinya tidak berwarna selaras, itulah yang disebut tunjang besi. Karena merupakan ayam langka, mungkin hanya ada 1/1jt ayam, membuatnya menjadi top ayam local yang mahal.

Ciri –ciri ayam tunjang besi
  • Warna kaki tidak sama 
  • Bisa terdapat pada ayam betina atau jantan
  • Perbedaan warna dari paha hingga kuku ayam

4 komentar

  1. Saya punya gan sampe ke bulu ampe muka ny beda

    BalasHapus
  2. Saya memiliki ayam bangkok kesayangan sama persis, sesuai artikel

    BalasHapus