2 Cara Mudah Menangkap Jangkrik Aduan Liar

Juragan, ada beberapa jenis jangkrik yang sangat umum dapat dikenal. ada jangkrik rumahan, kecil yang biasanya juga dibudidaya sebagai pakan ternak dan sering ditemukan dirumah–rumah. saya kurang mengenal istilah namanya saya Cuma mengenal dengan bahasa-bahasa daerah maklum anak tani, namun saya paham bentuk dan  tempat–tempat hidup mereka.

Jadi jika penghobi jangkrik aduan menggunnakan tutorial menangkap jangkrik yang dibuat wikihow, mimpi guling guling atau gantung diri dulu ya. wkwkwkwk emang jangkrik sama dengan tikus? Pake lakban lagi (:v), roti tawar. tapi mungkin itu untuk menangkap jangkrik rumahan yang sedikit emosional.

Fakta – Fakta Jangkrik Aduan
Perlu diketahui ciri – ciri jangkrik aduan memiliki dering yang panjang , jika sobat ingin mendengarnya pergilah ke sawah-sawah yang suasannya sedikit lebih tenang. perhatikan mungkin kita akan mendengar ada dua pola bunyi dering jangkrik, satu yang berbunyi lantang dan tidak memiliki jeda. dan yang kedua adalah sedikt lemah dan memiliki jeda.

Perbedaan Jangkrik Aduan dengan jangkrik ternak:
Jangkrik yang bersuara lantang dan tidak memiliki jeda itu adalah jangkrik jantan yang dipakai untuk aduan , sedangkan yang lembut dan bunyinya terpotong-potong itu adalah jangkrik Aspal , asli tapi palsu jangkrik dari jenis berbeda , saya menyebutnya “keregungan” tidak bisa dipakai aduan  , biasanya jenis ini baik untuk pakan ternak .  dan ada jangkrik yang serupa dengan jangkrik aduan , malah mungkin lebih sedkit gemuk tapi tidak berbunyi , itu adalah jangkrik aduan betina tidak dapat diadu  mungkin boleh diternak.
Yang terpenting yang ada harus ketahui adalah , jangkrik aduan memiliki tingkat sensitifitas suara dan cahaya yang sangat tinggi . orang – orang tua dahulu atau nenek moyang kita , sering menggunakannya sebagai alarm pendeteksi adanya tamu tidak diundang, jika jangkrik jangkirik di tengah malam tiba – tiba sepi setalah berbunyi maka tandanya ada orang yang datang  . inipun masih berlaku didaerah – daerah yang memungkinkan dengan suasana yang damai seperti dipedesaan.

Jadi sangat tidak gampang untuk mendapat jangkrik aduan dengan jebakan murahan apalagi di tempat yang ramai , terang dan bersih . dan cara mengkap jangkrik aduan yang masih berlaku hingga sekarang adalah:

1. Berburu di malam hari
Ini adalah cara tradisional yang paling mudah, ekstrem untuk mendapt jangkrik aduan dengan cepat. Meskipun jangkrik sensitive, ia memiliki tempat tinggal untuk bersembunyi dan bordering. jadi kita harus lebih peka arah temat berbunyinya jangkrik, mengendap dan kemudian menemukan lubangnya.

Setelah menemukan lubangnya, cara halus untuk menangkapnya adalah dengan memancingnya keluar sarang. cara memancing jangkrik adalah dengan mengkelitiknya perlahan-perlahan sambil mundur kebelakang ini seakan-akan kita menantang jangkrik tersebut untuk berkelahi, nah sobat bisa mengkelitiknya dan memancingnya untuk keluar jika beruntung sobat dapat memancingnya langsung masuk ke wadah atau jangkrik sobat, tapi jika tidak maka siap siap untuk HHap menangkapnya dengan tangan.

Jika cara halus tidak berhasil, maka galilah lubangnya. lubang jangkrik tidak sama dengan lubang Gansir, Gangsir yaitu sejanis jangkrik berukuran besar 2-3 kali lipat dari ukuran jangkrik. jangkrik berlubang kea rah Herizontal dan tidak terlalu Cuma beberapa cm dan dapat digali, sedangkan Gangsir berlubang  ke arah Vertikal dan lyumayan sangat dalam.

2. Membuat perangkap dari botol atau wadah yang ditanam
Jadi cara ini bisa dikatakan revolusioner, karena cara ini yang selama ini berbeda dari cara-cara lama meski ini adalah cara yang tidak pasti karena mengandalkan inisiatif jangkrik untuk masuk sendiri , yah perlulah dicoba.

Caranya dengan menanam wadah, botol plastic yang didisain dengan menambahkan lubang sebagai jalan masuk jangkrik, artinya bahwa yang kelihatan dari permukaan adalah lubangnya saja dan dapat diberi makanan yang di sukai jangkrik didalamnya.  

Jika sobat penghobi jangkrik punya tips, yuk bisa berbagi dengan kami disini saya akan sangat nmengapresiasi. 

Posting Komentar