Karakter Ayam Jago yang dicari petarung ayam

Juragan!

Untuk dijadikan ayam tarung,  turun arena. Ada beberapa pilihan karakter ayam yang patut diperhitungkan,  perlu diingat penamaan, gelar atau kecantikan ayam dari segi bulu, mata ataupun sisik hampir tidak berpengaruh dalam tarung ayam.  Kalipun ada yang bilang memiliki nilai keangkuhan,  mungkin saja tapi kita tidak bisa bersandar pada nilai minilai. Terlebih jika bertarung menggunakan Taji,  hampir 75% adalah karena keberuntungan.

Sebagus bagusnya ayam jika keberutungan tak berpihak akan K.O sama ayam jablay.  Karenanya menurut saya,  bertarung dengan taji tidak fair. Mistis yang kita percaya,  kekuatan ayam yang kita percaya hampir tidak berarti.  Jika benar benar ingin melihat keangkuhan seekor ayam,  biarkan bertarung bebas tanpa taji.

Kita lupakan tentang opini.  kali ini saya ingin membahas,  mengenai karakter ayam yang biasanya diburu oleh para petarung, ini berlaku untuk semua jenis ayam, kampung, betet, bangkok an lainnya.



1. Ayam dengan keturunan yang jelas
Ayam dengan keturunan yang jelas,  adalah sudah pasti memiliki label harga yang tinggi.  Para juragan besar tidak akan mendatangi pasar untuk mencari bibit atau ayam jago,  mereka akan ke kandang untuk melakukan survei, dan mengetahui mana induknya.

Kenapa juragan ayam bertanya mana induknya?  seperti pepatah lama buah tidak akan jatuh jauh pohonnya.  Jika induknya jelas,  merupakan ayam jago super yang kuat maka sudah pasti anaknya akan mengikuti.  Ini seperti melihat pengaruh genetik  bawaan.


2. Ayam dengan body proporsional
Ayam dengan body proporsional yaitu ayam yang tidak terlalu besar,  tidak terlalu kecil, tidak terlalu gemuk, tidak terlalu kurus, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan.  Ayam yang body-nya sedang sedang saja.

Alasannya adalah karena kita tidak mengetahui bagaimana ritme permainan lawan,  tipe bertahnkah atau menyerang, tipe berbalik badan atau memintal,  tipe merunduk serang atau brutal.

Sehingga dengan tubuh sedang,  akan dapat menyeimbangi musuh tanpa menguras tenaga.  Terlalu berat atau gemuk, tidak cocok untuk bermain menyerang dalam waktu yang lama, ayam yang kurus tidak cocok untuk tipe bertahan.


3. Ayam Istimewa
Kenapa saya sebut ayam istimewa , karena aa ayam - ayam yang lahir biasa saja atau aneh. dalam ukuran bagian 1 & 2 diatas hampir tidak memenuhi. bahkan kadang - kaang sering remehkan dan bahkan tiak memiliki tekhnik bermain yang baik . akan tetapi, ia memiliki gengsi yang sangat baik bahkan apat bertarung meski usunya keluar.

Ini pernah saya temukan di ayam kampung biasa, ketika itu saya apes memiliki ayam jago bangkok yang saya anggap kuat dan tangguh. da ayam kampung ini aalah miliki tetang saya yang dilepas secara liar, model pemeliharaan orang kampung. mereka suatu waktu bertemu dan bertarung, tentulah saya tidak khawatir dengan ayam saya karena bangkok karena merasa bahwa bobot tubuhnya yang besar nanti juga ayam kampung tersebut keok.

Ternyata mereka bertarung berhari - hari, ayam kampung ini sering kali berbalik badan an seakan mau mengalah lari kecil. akan tetapi dia membalikkan badannya dan melawan kalo tidak dipisahkan mungkin mereka akan bertarung sampai salah satu yang mati, hal ini terus ilakukan. sampai mungkin satu minggu ayam ini bertarung dan pada hari terakhir penentuan, ayam bangkok saya yang mengalah dan pulang. sekali lagi ayam istimewa yang memiliki "Gengsi besar". 

Posting Komentar