Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2 Cara Mengatasi Penyakit Menular pada Ayam



Penyakit Menular adalah Penyakit yang dapat disebarkan dari satu individu ke individu lainnya . pada Ayam , penyakit menular ayam bisa disebarkan lewat berbagai kontak seperti udara atau kontak secara fisik .

Yang paling umum dari penyakit menular adalah flu burung yang dapat menyebar lewat udara . lalu bagaimana cara mengatasinya?

untuk mengatasinya kita hanya dapat melakukan dua hal yaitu penegahan dan pengobatan , berdasarkan persebaranya maka tentu ada dua hal pul yang dapat dilakukan yaitu , pencegahan dari luar dan dari dalam tubuh ayam .


1. Pencegahan dari luar 

pencegahan dari luar dapat dilakukan dengan cara mengontrol lingkungan sekitar , misalkan dengan membersihkan kandang dan membunuh kuman yang bervotensi membawa virus . hal lain juga dapat dilakukan dengan cara memberikan semprotan pembunuh yang dapat menghalau virus , bakteri lainnya.

Semprot dengan bayclin 

Jika dilingkungan lain sudah terkena virus , maka sebaiknya Ayam atau kandang harus ditutup dari kemungkinan penyebaran virus lewat udara .



2. Pencegahan dari dalam

Pencegahan dari dalam adalah dengan menjaga ketahanan tubuh ayam tersebut , dapat melalui pemberian pakan yang sehat .

untuk pengobatan virus tersebut sebenarnya lebih sulit dilakukan , karena setiap jenis virus memiliki jenis antivirus tersendiri . beda halnya dengan penegahan , pencegahan dapat dilakukan ketika ayam masih dini dengan pemberian vaksin.

1 komentar untuk "2 Cara Mengatasi Penyakit Menular pada Ayam "

  1. kadang,, tetangga ayamnya pada sakit, ayam kita juga ikutan sakit,
    thx infonya mas buat pencegahan

    BalasHapus