3 Cara beternak ayam kalkun agar cepat tumbuh besar


Ayam kalkun adalah salah satu jenis ayam yang memiliki ukuran dan bentuk yang unik, ayam kalkun memiliki tubuh yang besar. Di Indonesia sampai tulisan ini dibuat belum terlalu digemari padahal secara ukuran dan berat daging bagus dijadikan prosfek, diluar negeri kalkun merupakan hewan yang cukup digemari bahkan menjadi makanan favorit.

Nah bagi anda yang baru beternak kalkun, mungkin pertanyaan yang ingin anda ajukan adalah bagaimana agar kalkun cepat tymbuh besar. Bebrapa cara beternak ayam kalkun agar cepat tumbuh besar.


Cara beternak ayam kalkun agar cepat tumbuh besar, yatu:
1. Pemilihan anakan kalkun berkualitas
  Seperti hewan lain pada umumnya, anakan berkualiatas menjadi penentu pertumbuhan kalkun dengan baik saat anda baru memualai pelihara ayam kalkun kemudian membeli bibit pilihlah beberapa ayam kalkun yang memenuhi syarat:
  • Sehat
  • Tidakada cacat tubuh
  • Tidak pedot ( tubuh kecil kekurangan nutrisi)
  • Tidak membungkuk (badan tegap)

2. Kandang terkena langsung sinar matahari pagi
   Kalkun temasuk hewan besar dengan bulu, sayap yang juga besar dan lebat selain itu kalkun juga temasuk hewan dengan pergerakan yang tidak cepat (agresif). Seingga perlu ada daya tambahan seperti sinar matahari untuk membantu mereka menghangatkan tubuh, mengeringkan kelembaban tubuh.

    Banyak fakta tentang manfaat sinar matahari dalam kehidupan. Sinar matahari tidak hanya sebatas memberi kehangatan tubuh, sinar matahari pagi diketahui memiliki banyak manfaat seperti pada umumnya kita ketahui berpotensi menyumbang vitamin K, D dan juka E sehingga sangat memungkinkan membuat kalkun memiliki pertumbuhan alami dengan baik.

Selain itu kandang kalkun juga tidak sempit, jangan sampai kalkun bukan seperti dibudidayakan tapi dikarantina atau diisolasi, jadi usahakan kandang dibuat lebih luas agar kalkun sedikit bisa berpindah-pindah posisi.

3. Pakan beragam
    Kalkun merupakan jenis ayam yang tidak terlalu pilih-pilih soal makanan, sama halnya seperti itik dan ayam kampong asal perut kenyang. Terpenting adalah pemberian pakan ketika kalkun masih kecil, Jangan sampai kekurangan nutrisi karena sangat sulit memperbaiki tubuh kalkun yang sedari kecil kerdil karena kekurangan nutrisi.  Jadi pastikan berikan makan terbaik ketika masih kecil barulah ketika sudah remaja barulah boleh dikurangi atau diberikan makanan seadanya.

Untuk ayam yang sudah mulai beranjak remaja ke-dewasa, berilah makanan beragam selain mengurangi biaya dengan makanan mahal hal itu juga dapat membantu ketahanan tubuh kalkun. Makanan beragam memiliki banyak fungsi dan tujuan. Selain membantu mengembangkan sistem metabolism tubuhnya juga memberi asupan bahan organic penyuplai nutrisinya, jika menggunakan makanan yang siap saji saja dari toko pakan umumnya merupakan pakan melalui proses olahan, sterilisasi, campuran, penyimpanan. Dengan memberikan pakan beragam pakan organic maka hal itu dapat membuat metabolism tubuh kalkun bekerja lebih baik.

Kalkun juga diseut sebagai mahluk omnivore alias pemakan segala, jadi  Beberapa makanan kalkun yang dapat anda buat dari berbagai campuran: tumbuh-tumbuhan seperti: kagkung, ecek gondok, daun dan batang pisang, daun papaya. Tetu dengan kadar yang sesuai

Mengenai bentuk makanan, sebaknya juga diberi bentuk selang seling antara yang lembek dan juga kasar. Jangan memberi makanan yang kasar terus, dan jangan member makanan yang lembek terus, usahakan bahwa anda peka terhadap tubuh hidup ibaratkan sperti selera makan anda, makanan yang kasar terus membutuhkan waktu yang lebih lama diperoses dan diserap oleh tubuh namun keuntunngannya makanan tidak basi , makanan lembek dapat menyumbang cairan tubuh tapi juga memiliki resiko makanan cepat basi jika tidak habis. Jadi cara terbaik adalah memberi selingan.



Refrensi :
Faktualnews.co



Posting Komentar