Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Tahap sukses memelihara ayam Kalkun (Terbaru)

Kalkun adalah hewan yang secara umum sama dengan mahluk lainnya, yang memiliki lavel pertumbuhan dari masa anakan – remaja hingga dewasa. Tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti, mengatur kandang, mengatur penghangatan dan tentunya mengatur masalah makanan.

3 tahap memelihara kalkun berdasarkan umur, pakan dan kandang yaitu: 
1. Kalkun anakan ( anak kalkun)
   Tahap pertama kalkun dimula dari ketika kalkun menetas dari cangkang telurnya, fase ini dimulai dari 0 – 2 bulan. Pada fase ini adalah masa- masa yang rawan bagi kalkun, fase dimana kalkun membutuhkan perawatan yang sangat baik bagi anak kalkun dan induk kalkunlah perawat yang paling baik. Manusia tidak bisa berpura-pura menjadi perawat yang baik, karena umumnya kalkun sendirilah yang lebih tau perawatan dan kehangatan yang sesuai buat anakannya. Selain itu perawatan alami dari indukan juga memiliki banyak manfaat dan tujuan, anak-anak kalkun akan tumbuh lebih baik, anak kalkun berkualitas, tumbuh dengan ketahanan tubuh yang baik. 

Namun dengan berbagai alasan kita harus menyapihnya dari induknya, seingga kita harus mengupayakan lingkungan yang nyaman. Beberapa cara merawat anak kalkun meliputi dar aspek kandang dan pakan:
  •  Kandang
Kandang untuk ayam kalkun tentunya berbeda berdasarkan ukuran tubuhnya, anakan kalkun tentu memili kandang yang lebih kecil, dan perlu diketahui bahwa masa masa ini ayam kalkun sensitive terkena tanah, karena itu perlu kandang gantung atau model kandang panggung.

Selan itu kandang juga harus memiliki sistem penghangat kandang yang sesuai. Untuk penghangat kandang anak ayam kalkun perlu disesuaikan dengan keadaan lingkungan, umumnya dapat menggunakan lampu ukuran 5 watt atau lainnya. Cara mengaturnya mudah saja, jika terlalu panas ukuran lampunya dapat dijauhkan dari anakan ayam atau ditinggikan , tapi jika terlalu dingin dapat diturunkan sehingga lampu dapat di setting sedemikina rupa. 


Namun biasanya anakan kalkun peka terhadap kehangatan, jika terlalu dingin akan mendekati sumber kehangatan tapi jika panas maka akan menjauhi sumber penghangat.
Pada siang harinya, jika kandang terkena langsung sinar matahari atau keadaan lingkungan cukup hangat maka itu lebih baik.
  • Pakan
Pakan yang sesuai untuk anak ayam umur 0-2 bulan tentu adalah jenis pakan dengan ukuran kecil agar mudah ditelan, pada umur demikian alangkah lebih baik jika memberikan pakan berkualitas seperti BR-1 . Pada tahap ini anakan kalkun tentu belum dapat mengkonsumsi makanan bervariasi.  

2. Kalkun Remaja
Pada tahap ini kalkun sudah berada pada tahap menengah dari keidupan kalkun yatu selang berumur 2-6 bulan. Secara normal kalkun sudah disapih oleh induknya, namun untuk perawatan sendiri kalkun sudah harus dipindahkan dikandang yang lebih luas. Masa ini adalah masa aktifnya kalkun, nafsu pakan yang tinggi sehingga disebut juga sebagai masa pertumbuhan yang sangat penting. Jika anda memiliki lingkungan yang baik , sudah bisa mula diajarkan untuk dilepas sekali waktu.


  • Pakan
Pada fase ini jangan sampai kalkun kekurangan nutrisi ini akan mempengaruhi kualitas kalkun dan pertumbuhan selanjutnya. kalkun dapat diberikan makanan dengan bulir yang lebih besar misalnya BR-2 , dan sudah mulai diajarkan untuk pakan bervariasi.  Hal paling penting dalam pemberian pakan adalah mengenai waktu, kalkun harus dibiasakan untuk mendapat pakan pada waktunya misalkan pagi – siang dan malam hari.
  • kandang
Kadang pakan juga dapat dicampur antara BR dengan pakan lainnya, bisa dengan membuat persentase porsi misalkan 25% BR-2 , 25% bekatul dan 50% sayuran atau  30 % BR, 30% bekatul dan 30% sayuran.


3. Kalkun dewasa
Kalkun dewasa adalah kalkun yang sudah memasuki usia 7 bulan dan seterusnya, yang biasanya ditandaai dengan keinginan untuk kawin. Pada fase ini anda sudah harus membuatkan sarang tempat kalkun bertelur, pejantan- pejantan sudah harus dipisahkan satu sama lain agar tidak terjadi pertengkaran. Anda Judah muali dapat berpikir tentang silangan yang baik, pejantan yang unggul dan betinan yang unggul untuk disatukan di tempat kawin agar menghasilkan anakan yang berkualitas.
  • Pakan  
Mengena pakan, kalkun sudah boleh memakan berbagai makanan variasi dan pemberian sayur harus lebih banyak karena pada umumnya kalkun menyukai makanan hijau seperti rumput. Kualitas pakan yang baik dapat membuat kalkun betina memilliki telur yang baik, menurut pengalaman peternak kalkun betina dapat bertelur hingga 50 bulir, dan kalkun dapat bertelur meski tanpa dibuahi oleh pejantan.

  • Kandang
Untuk kalkun yang sudah dewasa lebih sering dilepas, karena pada umumnya kalkun menyukai makanan yang hijau-hijau , tumbuh-tumbuhan.

Demikian tips cara memeilhara kalkun dari kecil sampa dewasa, kami terbuka dengan masukan ataupun keritikan dikolom komentar.

Refrensi:
Faktualnews.co
Kontan.co.id

Posting Komentar untuk "3 Tahap sukses memelihara ayam Kalkun (Terbaru)"