Unik! Musang Bali-Musang Lombok Berada di Garis Wallace (Asia-australia).

Garis Wallace didifiniskan sebagai garis pemisah  spesies yang berada di sebalah barat dan timur, sebalah barat di sebut sebagai jenis spesies asia dan sebalah timur disebut spesies Australia. Spesies asia artinya spesies yang hanya terdapat di benua asia sedangkan spesies Australia adalah spesies yang hanya terdapat di benua Australia. Namun, berdasarkan garis Wallace yang dibuat oleh Alfred Russel Wallace bahwa pembatas garis Wallace timur  banyak melewati sebagian besar wilayah Indonesia atau  yang menjadi pembatas spesies Australia masih melwati wilayah Indonesia.

Apa akibatnya? Hewan yang terdapat di Australia kemungkinan sebagiannya juga dapat terlihat dibeberapa wilayah diindonesia yang masuk dalam batas timur garis Wallace. Dan Batas batas wilayah ini akan banyak ditemuakn spesies unik yang bisa dianggap sebagai spesies campuran yang memiliki dua sifat wilayah tersebut.  

Contoh yang paling jelas adalah Bali dan Lombok, meskipun jaraknya dekat hanya membuthkan 1-2 jam untuk menyebrangi kedua pulau tersebut ternyata dua pulau tersebut merupakan batas yang jelas garis Wallace. Dimana bali masuk dalam garis Wallace barat, spesies yang terdapat disana merupakan spesies asia, sedangkan pulau Lombok masuk dalam garis Wallace sebelah timur sehingga spesies-speisesnya akan memiliki kemiripan besar dengan spesies australi. 


Beberapa Fauna bali yang tidak terdapat di Lombok, yaitu;
  • Kakak tua 
  • Jalak bali 
  • Rusa timor dll 


Beberapa fauna yang terdapat di Lombok, yaitu
  • Burung Koakao
  • Burung madu Lombok
  • Beo Sumbawa dll

Saya admin mencoba mengkaji ini dari variasi musang yang ada dibali dan dilombok, salah satu spesies yang masih belum  banyak mengalami intervensi.

Tiga spesies bali memiliki perbedaan warna dengan level yang berbeda mulai dari hitam kemudian coklat kemudian orange pudar, ini seperti perubahan warna yang  (Lavel warna) antara ketiganya. Menjadi jelas saat melihat salah satu jenis spesies musang Lombok berwarna hitam sama seperti salah satu warna musang dibali, hanya bedanya kemungkinan warna musang hitam dibali masih dipengaruhi warna lain sedikit- sedikit putih atau coklat dibeberapa bagian sedangkan di Lombok memiliki warna hitam tanpa corak warna.



Tapis

Brown 

Musang lombok-bali

Musang lombok-bali


Kesimpulan sementara admin adalah:

Semakin barat melewati garis Wallace warna speseis musang ini semakin terang atau memiliki perpaduan warna yang unik.  Dan kita bisa melihat perbedaan warna musang dengan spesies yang sama dibali sebagai tanda yang jelas bahwa musang ini dipengaruhi garis Wallace barat dan timur, dengan kata lain hewan ini berada diantara garis Wallace. 



Admin:  Mahsun saleh



Posting Komentar untuk "Unik! Musang Bali-Musang Lombok Berada di Garis Wallace (Asia-australia). "