Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Manfaat Mosehat sebagai Obat Asam Urat hingga Obat Kanker

Mosehat adalah obat asam urat yang berasal dari ekstrak daun kelor (Moringa oleifera L.). Daun kelor sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan manfaat, mulai dar daun, batang dan akar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengakui manfaat Moringa bagi kesehatan yaitu membantu perkembangan tubuh serta mengobati berbagai macam jenis penyakit. Di afrika, kelor sudah digunakan semenjak ribuan tahun sebagai obat-obatan segala jenis penyakit.

Mosehat merupakan jamu tetes atau hasil produk dari daun sehat yang berkhasiat dengan segudang manfaat.
Komposisi mosehat sebagai obat herbal ekstrak daun kelor (moringa), yaitu:
  • Mengandung vitamin A, C dan E
  • Mengandung mineral potasium, kalsium dan kaya akan protein
  • Mengandung senyawa aktif flavonoids, polyphenols, dan ascorbic acid.
Vitamin A yang ada di daun kelor sebanyak dua kali lipat lebih banyak dari pada wortel. Sedangkan kandungan kalsiumnya 14 kali lebih besar dari susu. Empat kali lebih besar dari pisang. 
Manfaat mosehat sebagai obat herbal ekstrak daun kelor (moringa) yaitu:

1. Sebagai obat asam urat.
Asam urat yaitu salah satu jenis penyakit yang menyerang persendian akibat dari kelebihan zat purin yang mengendap dan tidak mampu di keluarkan tubuh.

Metabolisme asam urat dalam tubuh, yaitu:
Mengkonsumsi zat-zat yang banyak
mengandung purin secara berlebihan.
Zat purin dalam jumlah banyak masuk
dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat dan terjadi pengendapan. Terjadinya peningkatan Kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat. Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian. Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku. Dengan kandungan mineral serta senyawa aktif dalam mosehat sebagai obat ekstrak daun kelor maka dapat berguna sebagai obat asam urat.

2. Sebagai antioksidan Kemampuan            Antioksidan yaitu kemampuan menangkal segala bentuk partikel bebas yang dapat menyerang tubuh. Adanya kandungan senyawa flavonoids, tripenoid, polyphenols, dan ascorbic acid dalam ekstrak daun kelor membuat mosehat menjadi obat antioksidan.

3. Detoksifikasi Penyakit
Alkalod dalam ekstrak daun kelor  bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun didalam tubuh (Kardono, 2003 dan meiyanti ,2006).

4. Sebagai obat imflamasi dan diabetes
Imflamsi (peradangan) dan diabetes (ketidak mampuan tubuh memproduksi insulin akibat dari penggunaan gula berlebih), dengan mosehat yang memiliki kandungan ekstrak dari daun kelor sehingga mampu mengobati penyakit terdebut.

Menurut hasil penelitian Jaiswal,dkk (2009). peneliti dari departemen kimia Universitas Allahabad India membuktikan senyawa aktif daun kelor lebih efektif serta jauh lebih aman dalam penurunan kadar gula darah dibanding obat kimia glipzide ( obat kencing manis yang biasa diresepkan dokter. Berdasarkan bioassay atau ujicoba pada tikus , terpenoid sebagai senyawa bahan alam dapat menurunkan kadar gula darah dalam tikus . (Radiansah , dkk.2013).

5. Melancarkan kerja jantung untuk Memperlancarkan peredaran darah
Daun kelor dengan kandungan vitamin dan mineralnya mampu memberikan kesahat bagi kerja jantung dalam memperlancar kerja jantung.

6. Sebagai obat zat antivirus
 Dengan kandungan protein yang tinggi serta senyawa aktif, menurut Menurut Ahli kesehatan keluarga, dr. Ferihana, dapat menjaga kesehatan tubuh untuk menangkal penyakit dan virus.

7. Mosehat sebagai obat antibakteri dan antijamur
 Mosehat ekstrak dari daun kelor ini dapat sebagai obat Antibakteri dan antijamur yang berfungsi menangkal dan melawan infeksi yang terjadi akibat bakteri dan jamur. Daun kelor terbukti mampu melawan bakteri seperti infeksi saluran kemih, kulit dan masalah pencernaan. Dengan kemampuan tersebut juga sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

8. Mosehat dapat Mengatasi gangguan menstruasi
 Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh, Robinson (1995), Gunawan, dkk (2008), Asih,dkk (2010). Bahwa senyawa- senyawa terpenoid diketahui memiliki aktifitas fisiologis tertentu , seperti anti jamur, anti bakteri, anti virus, kerusakan hati,  gangguan menstruasi, dan dapat mengatasi penyakit diabetes.

9. Sebagai obat kanker Rahim dan Paru-paru
Kelor mengandung senyawa penting juga yaitu Isotiosianat dan glukosianat. dialam isotiosianat berada dalam bentuk benzyl Isotiosianat , phenetil isotiosiant atau phenyl isotiosiant . Benyl Isotiosianat secara invitro mampu menginduksi apoptesis terhadap sel kanker ovarium . (Bose,2007) .

Phenyl isotiosianat mampu menginhibisi induksi kanker paru-paru oleh NNK melalui mekanisme pengurangan DNA adduct dan juga menginduksi apoptosis

10. Sebagai zat kemoterapi karsinogenis bahan kimia
     Selain memiliki fungsi lain ke sel kanker, senyawa kelor (Moringa oleifera) dapat sebagai agen kemoprefenetif terhadap karsinogenesis yang disebabkan oleh bahan kimia . dan Isotiosianat terlepas dari tanaman melalu aksi enzim mirosinae setelah sel tanaman rusak atau dikunyah  (zhang , dkk . 2009).

Cara penggunaan mosehat sebagai obat asam urat, yaitu:
  • Ambil segelas air sebanyak 50ml air
  • Ambil mosehat sebanyak 9-11 tetes Diaduk rata larutan tersebut lalu diminum.
  • Dilakukan secara rutin pemakaian 2-3 kali sehari.
Keyword: Mosehat obat asam urat, mosehat asam urat, asam urat mosehat. Mosehat kelor, misehat moringa. 

Refrensi:
Mosehat.id
Sainspedia.org

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Mosehat sebagai Obat Asam Urat hingga Obat Kanker"