Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Alami Membasmi Siput/Keong Sawah

Siput adalah salah satu hama pertanian yang sangat merusak. Cara Alami Membasmi Siput/Keong Sawah 

Beberapa jenis siput yang paling merusak adalah siput atau keong emas atau siput murbei.

Siput Murbai (pomacea canaliculata lamark) merupakan siput hama bagi pertanian khususnya adalah tanaman padi, siput murbai disebut sebagai siput yang sangat rakus memakan batang padi dimasa vegetatifnya (15-30 hari), memakan satu rumpun padi dalam 1 malam.

Pemanfaatan siput sawah

Diluar sebagai hama, siput sebenarnya dapat dimanfaatkan menjadi bahan yang berguna. Misalnya sebagai bahan olahan makanan, daging siput sangat lezat dan kaya akan gizi dan nutrisi, bahkan dagingnya cukup laris dan mahal.

Pemanfaatan siput sebagai bahan olahan makanan, yaitu;
  • Dibuat sambel siput 
  • Dibuat sebagai cilok
  • Tepung siput
Selain sebagai bahan makanan siput juga dapat menjadi pakan ternak, biasanya unggas, bebek, entok menyukai memakan siput dengan menumbuk cangkang siput sampai isi siput keluar.

Cara membasmi siput sawah

Adapun untuk membasmi siput tanpa dimanfaatkaa, cara yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan bahan alami atau bioinsektisida yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang mengandung senyawa unggul. 

Selain murah, bahan-bahan alami juga aman tanpa ada efek yang berpotensi merusak unsur hara tanah atau mencemari lingkungan.

Tumbuh- tumbuhan pembasmi siput

Tumbuhan-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir atau sebagai biopestisida untuk siput murbai, yaitu;


1. Daun dan Buah Pepaya

Pepaya tidak berfungsi sebagai pestisida atau racun bagi siput. Tetapi ini berlaku sebaliknya, siput menyukai daun dan buah muda pepaya. 

Dengan rasa sukanya tersebut, dapat digunakan untuk memancing siput untuk dikumpulkan dalam satu area, lubang sehingga mudah untuk di buang atau ditimbun.

2. Daun Nimba

Nimba adalah salah satu tumbuhan yang mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat toksisitas senyawa Azadiraktin. Senyawa daun nimba tersebut memikiki efek racun terhadap insekta dan mamalia, sehingga dapat di gunakan sebagai bioinsektisida.

3. Sembung

Tumbuhan sembung mengandung senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, fkavonoid, tanin,saponin dll. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tumbuhan ini dapat menjadi pestisida.

4. Kirinyuh

Ekstrak daun kirinyuh juga memiliki
Senyawa metabolit sekunder alkaloid, flavonoid, tanin saponin dan lain-lain. Berdasarkan penelitian ekstraknya dapat membunuh hama tertentu termasuk siput.

5. Beberapa tumbuhan yang juga memikiki senyawa yang bersifat toxic yang dapat digunakan untuk mengusir siput adalah, akar tuba (Derris elliptica), Gadung (Dioscorea hispida L) dll

Cara menggunakan bahan alami membasmi siput hama

Bagaimana cara menggunakan bahan-bahan tersebut, dapat langsung membuat perasan airnya atau melumatkan daun, akar atau pelepahnya ditempat banyak terdapat siput.



Refrensi:

www.sainspedia.org

Candra, Trio and Tri, Sunardi and Uswatun, Nurjanah (2017) EFEKTIVITAS EKSTRAK KASAR KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) DAN SEMBUNG RAMBAT (Mikania micrantha H.B.K.) TERHADAP Crocidolomia pavonana F. PADA TANAMAN KUBIS. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

Zico fahrurrozi, dkk.  Potensi sari pati gadung sebagai bioinsektisida. https://doi.org/10.24252/bio.v6i1.4185

https://www.facebook.com/1585109621500792/posts/2665702506774826

Posting Komentar untuk "Cara Alami Membasmi Siput/Keong Sawah "