Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-jenis Ciplukan Lokal Indonesia

Ciplukan adalah salah satu tumbuhan liar yang banyak tumbuh dipersawahan, tumbuhan ini sangat baik tumbuh ditempat kelembaban sedang. Ciplukan merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di asia tenggara terutama di sepanjang daratan nusantara.

Sebagai tumbuhan liar awalnya tidak banyak yang memperdulikan keadaanya, namun berdasarkan banyak penelitian ternyata tumbuhan ini memikiki manfaat yang banyak. Dan sekarang ciplukan menjadi tumbuhan yang dicari-cari sebagai obat atau buah tumbuhan yang mulai sukar diperoleh.

Di pedesaan ciplukan masih tumbuh banyak dan tidak tidak dibudidayakan, rasanya yang manis membuatnya banyak disukai. Tumbuhan ciplukan memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan dari rasa buah, daun serta batangnya.

Ada beberapa jenis ciplukan yang umum ditemukan di indonesia. Dilihat dari bentuk buahnya, ciplukan dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Ciplukan Opal
Ciplukan opal yaitu jenis ciplukan yang kami namai berdasarkan bentuk buahnya lonjong "opal" ciplukan sangat umum ditemukan dipersawahan dan tumbuh baik pada kondisi lingkungan kelembaban sedang hingga kering.

Ciri-ciri lainnya yaitu: Memiliki rasa manis dan masam, memiliki tekstur kulit buah yang sedikit kasar, dengan daun kecil meruncing.

2. Ciplukan Apel

Ciplukan apel yaitu ciplukan yang memiliki bentuk buah seperti apel.

Ciri-ciri lainnya yaitu: bentuk buah seperti apel, rasa buahnya manis, pedas dan masam. kulit buahnya memiliki bulu dengan tekstur halus, Daunnya melebar dibanding ciplukan biasanya (Opal), dan ruas batang-batangnya berwarna ungu. 

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Ciplukan Lokal Indonesia"