Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa Buah Padi Tidak Berisi dan Cara Mengobatinya

Bulir padi tidak berisi menjadi masalah yang paling sering ditemukan, ini sering disadari ketika menjelang panen sehingga kadang kita heran jumlah bulir dalan malai banyak tapi mengapa hasil kalkulasi akhirnya tidak sesuai ekspektasi atau harapan. Jika penyakit daun pada padi dapat kita amati dan segera mengambil tindakan, begitu juga dengan penyakit batang tapi sulit untuk menyembuhkan bulir padi yang tidak berisi.

Gejala ini hanya bisa diatasi dengan pencegahan sebelum terjadi, selain dari kualitas benih padi, nutrisi tanaman Hama menjadi faktor utama kenapa bulir padi hampa atau kosong tidak berisi.

Berikut hama yang menghisap cairan bulir padi saat masih muda sehingga menjadi tidak berisi:
  • Walang sangit dengan nama ilmiah Leptocorisa acuta Berbentuk panjang atau lonjong dengan warna hijau atau coklat, ciri khasnya mengeluarkan bau yang keras dan khas. Walang sangit menyerang bulir padi waktu masih muda menyebabkan bulir padi kosong. Padi dengan Bulir kosong biasanya tegak karena bulirnya tidak berisi.
  • Pareaucosmetus sp seperti walang sangit dengan tubuh berwarna hitam dan keras. Menyerang tanaman padi dengan menghisap cairan bulir padi yang masih muda sampai yang hampir matang.
  • Ngengat putih (Scirpophaga innotata Walker) dan coklat (Chilo suppressalis Walker) yang menyerang batang padi saat awal berbunga segingga bulir tidak berisi atau hampa.

Posting Komentar untuk "Kenapa Buah Padi Tidak Berisi dan Cara Mengobatinya"