Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Manfaat Hewan Luwak Bagi Manusia yang Jarang Diketahui

Hewan luwak merupakan hewan yang cukup populer dan fameliar diindonesia. Hewan luak merupakan salah satu jenis dari musang dengan nama latin paradoxurus hermaphroditus. Panggilan hewan luwak diindonesia identik dengan hewan penghasil kopi luwak.

Apa saja Manfaat Hewan Luwak Bagi Kehidupan Manusia?
Luwak atau musang pada dasarnya lebih menjadi Hama bagi manusia dibanding pemanfaatannya, hingga kini Musang diberbagai daerah masih dianggap hama yang merugikan, memakan buah hingga memangsa hewan ternak seperti ayam. Sehingga tidak sedikit musang jadi bahan buruan.

Akhir-akhir ini musang mulai jadi tren peliharaan baru, seperti kucing dan anjing musang kini jadi hewan peliharaan yang dapat bersahabat dengan manusia. Bahkan, kini musang masuk dalam daftar hewan hias yang mahal harganya.

Jika ditelusuri secara tidak langsung hewan luwak atau musang setidaknya ada 5 manfaat bagi kehidupan manusia berikut ulasannya:

1. Hewan Luwak Menghasilkan Kopi Luwak
Siapa yang tidak tau Kopi luwak yang sudah terkenal hingg keluar negeri serta mahal harganya. Hewan luak memiliki sistem pencernaan yang sederhana, hanya mampu mencerna makanan dengan tekstur lembut sehingga bagian kasar dari makanan tersebut akan dikeluarkan utuh. Dengan kondisi seperti inilah, orang-orang memanfaatkan peroses pencernaan yang tidak sempurna ini untuk mengolah menu konsumsi baru dengan tambahan proses metabolisme hewan luwak. Terbukti biji kopi yang tidak dicerna musang menghasilkan kopi berkualitas dengan rasa dan sensasi yang yang nikmat.

2. Hewan luwak berperan dalam penyebaran tumbuhan 

Musang dianggap sebagai pelaku utama penyebaran tumbuhan dan memperkaya keankaragaman hayati flora, masih terkait sistem pencernaannya buah-buah yang dikonsumsi mengandung biji yang tidak dicerna sempurna disebarkan ditempat tempat berbeda menghasilkan tumbuhan baru di wilayah-wilayah yang lain.

3. Hewan luwak jadi hewan peliharaan
Anggapan buruk tentang musang kini mulai berkurang, seiring dengan banyaknya komunitas-komunita pencinta musang. Faktanya memang hewan liar ini mudah dijinakkan dan bersahabat dengan manusia, bahkan dianggap sebagai hewan yang mampu menilai perilaku pemiliknya seperti anjing dan kucing. Dan kini musang menjadi berharga dan mahal.

4. Hewan luwak membantu keseimbangan ekosistem
Beberapa jenis lain atau kerabat dekat dari musang luwak, masuk dalam rantai makanan kelas predator. Misalnya saja musang madu yang mampu bertarung dengan hewan berbisa seperti ular, musang rase yang lebih bersifat karnivors memangsa hewan-hewan kecil. sehingga secara tidak langsung berperan dan menjaga sistem ekologi.

5. Hewan luwak sebagai bahan baku
Masyarakat dulu sering menjadikan musang salah satunya luwak sebagai bahan makanan dan obat. Katanya, minyak musang atau luwak memiliki banyal khasiat dan manfaat.

Silahkan tambahkan jika anda punya pendapat lain, terimakasih!.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Hewan Luwak Bagi Manusia yang Jarang Diketahui"