Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Analisis Keuntungan Menanam Porang dibanding Tanaman Padi

Porang adalah tanaman yang kini sedang naik daun untuk dibudayakan, selain memiliki pasar dan harga yang baik porang juga menjadi solusi arah pertanian baru. Selama ini padi menjadi komoditas utama pertanian indonesia, tidak terkecuali petani di dataran tinggi dengan minim air memaksakan diri menanam padi.

Analisis keuntungan menanam Porang dibanding padi

Kini mulai jadi pandangan utama, padi menjadi tanaman yang varietasnya terus berkembang bukan hanya untuk menemukan hasil terbaik tapi juga karena ketahanan yang lemah terhadap hama. Alasan lain, biaya pengelolaan yang mahal serta harga flkuatif dipasaran.

Porang mungkin tidak dapat menggantikan peran padi sebagai makanan pokok, tapi jadi solusi alternatif bagi para petani didataran tinggi yang tak semestinya juga harus bersaing dengan petani didaerah irigasi.

Kali ini idnfarmers.com akan mencoba memberikan pervandingan Analisis keuntungan porang dibanding padi.

Harga rata-rata padi saat ini 
Harga gabah kering Rp 5.000 per kg
Harga beras Rp 10.000 per kg
Rata-rata hasil panen per Hektar padi 5,7 ton/hektar. Dengan takasiran harga gabah kering dalam 1 ha adalah 28,500juta
Rata-rata pemupukan padi 2 kali
Dengan standar pemupukan per hektar
Harga pupuk
Harga petisida, tidak terhitung
Harga pengolahan tidak terhitung

Harga Porang saat ini
Umbi porang basah Rp. 10.000-13.000 per kg
Umbi porang kering Rp. 50.000-65.000 per/kg
Harga tepung porang 150.000-300.000 per kg
Harga katak porang Rp.100.000-150.000
Harga pupuk Organik/kimia
Biaya Pengolahan tidak terhitung

Berapa Hasil Porang per Hektar?
Potensi hasil tanaman porang per hektar
Katak 250kg dengan taksiran kurang lebih 200butir/kg atau sekitar 40.000 batang dengan jarak tanam 25-30cm x 50-60 cm. Hasil panen porang dalam dua musim dengan taksiran rata-rata 2kg per maka dalam 1 hektar menghasilkan 80.000kg/ 80ton, jika harga mininal adalah 8000 per kg berat basah, maka penghasilan porang dalam satu hektar sekitar 640juta, menurut inisiator "paidi porang" umbi porang dalam 2 musim dengan perawatan yang baik bisa untung sekitar 800juta dan nilai ini belum termasuk keuntungan dari penjualan biji katak porang.

Dari perbandingan harga dan biaya pengolahan diatas maka dapat kita simpulkan porang saat ini memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi. Ini menjadi solusi yang sangat baik bagi para petani didataran tinggi atau yang jauh dari aliran irigasi tanah yang subur.

Harapan kita semua, semoga pasar porang ini selalu terbuka dan pemerintah mendukung setiap langkah untuk mensejahtrakan pertanian.

Posting Komentar untuk "Analisis Keuntungan Menanam Porang dibanding Tanaman Padi"