Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Alami Agar Telur Cepat Menetas



Hi farmers! Menunggu ayam menetas itu adalah hal yang lucu tapi itu sering dilakuka  oleh para penggobi. Bagi para peternak, menunggu ayam menetas sama seperti nunggu istri ngelahirin. hehe 

Kali ini admin  mau berbagi tips bagaimana biar proses penetesan unggas  (ayam, burung,  itik dll)  memiliki masa ngeram dapat dilewati lebih cepat, tips ini tentu didapat dari para peternak berpengalaman. 

Sebenarnya ada bebarapa faktor yang juga mempengaruhi cepat atau lambatnya telur ayam dapat menetas, yaitu:

1. karena indukan yang kurang bagus
 Indukan kurang bagus seringkali dapat ditemukan dengan tingkah laku unggas yang tidak disiplin dalam mengerami telur, terlalu sering meninggalkan sarang ketika masa mengeram.

2. ketebalan cangkang  
ketebalan cangkang banyak ditemukan pada jenis unggas, ayam misalnya: ayam Ras petelur, bangkok, kalkun, ayam hutan dll. yang membuat telur membutuhkan waktu lebih lama untuk  menetas. 

3. kenyamanan tempat
kelembaban juga merupakan faktor serius, selin mengganggu kenyaman indukan mengeram juga dapat membuat telur rusak membusuk, serta seringkali sarang menjadi berkuman.

    Dan kali ini tipsnya ada pada bahan pembuatan sarang telur, TERNYATA sarang telur memiliki andil yang cukup berpengaruh. Sarang telur yang kami maksud bukan masalah bagus atau tidaknya tapi masalah bahan lapis yang digunakan, biasanya wadah sarang telur diisikan jerami, kain bekas dll. Tapi cobalah mulai sekarang lapis sarang menggunakan DAUN BAMBU KERING. Nah apa hubungannya ..?? 

    Seperti ini Penjelasannya, daun bambu kering memiliki sifat fisikyaitu:

      • licin 
      • Keras
      • Permukaanya kasar berduri (seperti amplas ) 
      Dengan tekstur daun bambu seperti ini telur ayam akan sangat mudah di balikkan induk, sangat mudah  tergesek membuat cangkang menipis. eth, utamakan daun bamboo kering secara alami bukan dari proses melayu.

      kegunaan Lainnya
      Jika sahabat ingin menitip telur ayam lain untuk di eramin diinduk ayam atau unggas yang sedang mengerami telurnya. Namun ternyata tekstur telur ayam tersebut lebih keras dan tebal dibanding telur ayam yang sedang dieramin,  sahabat bisa menggosokkan daun bambu kering terlebih dahulu (mengamplas) kemudian di jemur bebarapa menit. setelah itu, siap dititipkan ke indukan yang sedang mengeram.

      Posting Komentar untuk "Cara Alami Agar Telur Cepat Menetas"