Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dimana dan Bagaimana Cara Menjual Hasil Tanaman Porang?

Hi farmers! Ditengah naik daunnya tanaman porang, maka tidak sedikit pula para petani tertarik dan ingin mencoba menanam porang. Namun, ada pertanyaan yang mungkin mengganjal hati para petani kemana harus dijual dan bagaimana menjualnya karena kalo tidak laku mau dibuat apa sedangkan umbi porang tidak dapat dikonsumsi secara langsung.

Bagaimana menjual porang?
Nah untuk menjual porang, setidaknya 5 Bagian porang yang dapat dijual dan laris dipasaran, yaitu:
  • Umbi basah porang yaitu umbi yang baru dipanen dan berbentuk bongkahan, harga untuk umbi basah dipasar indonesia seharga 10.000-13.000 per Kg saat ini.
  • Umbi porang kering yaitu umbi porang yang sudah dipotong tipis-tipis seperti kripiki dan dijemur hingga kering, harga porang kering seperti ini yaitu berkisar antara 50.000-70.000 per Kg
  • Tepung porang yaitu porang yang sudah menjadi tepung dengan proses pabrik, jadi pembuatan tepung porang memiliki proses pemisahan bagian porang yang pada tingkat komposisi. Diindonesia kami kurang tau apa ada pabrik besar pengolahan tepung porang sekala industri atau tidak, sehingga kebanyakan hasil panen petani diumpor keluar negeri. Harga tepung porang mencapai 150-200rb per Kg
  • Katak porang yaitu bagian dari hasil menanam porang yang muncul dari bagian pelapah daun porang bentuknya seperti umbi kecil, katak merupakan benih bibit unggulan yang ditanam petani porang. Harga katak berkisar dari 100-150rb per Kg.
  • Umbi Kecil porang yaitu umbi yang ukuran kecil seperti katak yang umumnya juga dijadikan benih bibit porang harganya seperti harga porang basah berkisar antara 10-15rb per Kg.

Dimana menjual porang?

Saat ini diindonesia sebagai penghasil porang belum ada pengolahan porang yang memungkinkan pembelian porang dari para petani. Namun, porang banyak diminati diluar negeri seperti cina dan jepang sehingga hasil pertanian sebagian besar dikirim keluar negeri.

Para petani jangam cemas, permintaan besar porang diluar negeri membuat banyak para penimbun atau pengusaha distributor ekspor porang yang siap membeli hasil porang anda berapapun banyaknya.

Salah satu pengusaha porang yang menyediakan benih bibit dan siap membeli hasil porang adalah inisiator porang yaitu masi Paidi porang seperti yang idnfarmers.com wawancarai lewat whatsaap beberapa hari lalu. Dan banyak sekali pengusaha porang yang siap membeli hasil tanaman anda, jadi jangan takut.


6 komentar untuk "Dimana dan Bagaimana Cara Menjual Hasil Tanaman Porang?"

  1. Minta contak yg bisa d hibungi min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di menu kerjasama diatas, klik nanti terhubung ke whatsaap

      Hapus
  2. Kontak yg nerima porang min saya banyak

    BalasHapus
  3. Bagaimana sekarang dari sabang sampai meroke semua nanam porang. Dari rakyat jelata sampai jokowi nanam porang. Sedangkan pangsa pasar terbesar pirang adalah cina. Mustahil cina tidak tanam porang. Fetnam juga mustahil tidak tanam porang. Sedangkan kopi terbesar kedua dunia adalah fetnam. Hampir dapat dipastikan jika kopi bagus porang juga artinya bisa ditanam. Cina itu produsen jagung dan kedelai kedua dan ketiga dunia. Jika bisa nanam jagung positip bisa jadi ga nanam porang. Cina itu produsen padi terbesar dunia. Artinya porang juga bisa subur dicina jika sudah panen semua porang indonesia kemana. Jika tidak laku pemerintah dan penjual bibit bisa tidak tanggung jawab. Jangan seperri ginseng panili jabda bolong katanya harga sejuta lebih. Begitu oetani nanam dan panen tak ada yg mau beli. Mampu tidak pemerintah menyerap hasil panen porang dari Aceh sampai papua nanti.

    BalasHapus
  4. Sebaiknya pemerintah tidak usah ikut ikutan demam porang. Biarlah para petani saja. Pemerintah lebih fokus antisipasi harga porang jika panen raya nanti dan sebainya pemerintah fokus saja ke kedelai. Indonesia ini impor kedelai dari amerika 3 juta ton pertahun atau 15 trilyun lebih indonesia impor kedelai. Lebih baik dorong petani nanam kedelai sebab serapan kedelai jauh kebih besar dari porang. Kita tidak tau betul serapan porang itu mau dibuat apa. Lebih baik beli kedelai petani 10 ribu perkg karena kedelai bisa diolah jadi susu dan minyak goreng bahkan bio disel. Makanya amerika produksi kedelai terbesar dunia karena mampu menyerap gasil kedelai. Kalau hanya mengandalkan ejspor bahan mentah bisa hancur. Belajarlah oada karet, sawit lada lidah buaya ginseng ketika barang menumpuk gak laku.

    BalasHapus