Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

2 Cara Budidaya Tanaman Kelor Agar Mudah Tumbuh

Kelor adalah tanaman yang saat ini sedang naik daun sebagai obat dan terapi kesehatan, berbagai produk kesehatan dibuat dari kelor karena mengandung banyak zat yang sangat berguna bagi tubuh.

Dengan kesadaran akan manfaatnya membuat tanaman kelor memiliki harga dipasaran, sehingga tanaman kelor mulai dilirik oleh para petani sebagai aset tanaman berharga.

Bagaimana membudidayalan kelor?
Tumbuhan pada garis besarnya memiliki dua sistem perkembang biakan yaitu vegetatif dan generatif, kawin dan tak kawin yang artinya tumbuhan dapat memperbanyak diri dengan dua cara tersebut

Kelor termasuk tanaman yang mudah dibudidayakan dan tumbuh dengan baik didataran rendah sampai dataran sedang. Berdasarkan pengalaman kami kelor dapat dibudidayakan dengan dua cara, berdasarkan Cara berkembang biak tumbuhan kelor yaitu:


1. Stek batang (Vegetatif)
Disebut sebagai vegetatif karena dapat memperbanyak dan diperbanyak tanpa harus melalui proses kawin, penyerbukan kemudian menjadi biji. Salah satu cara memperbanyak tumbuhan kelor yaitu dengan menanam batangnya

Cara menanam tanaman kelor dari batang agar cepat tumbuh:
  • Siapkan batang kelor tua yang biasanya ditandai dengan warna putih dan berdiameter besar
  • Potong 2-3 jengkal 
  • Siapkan media tanam (jika ditanam dipot) dengan tanah humus
  • Tancapkan batang kelor ditanah yang sudah di hemburkan.
  • Usahakan tanah haris dikondisi lembab selama proses pertumbuhan
Resiko menanam tanaman kelor dengan metode stek batang adalah tingkat kegagalannya yang sebanding dengan keberhasilannya (50%), sehingha perlu diperhatikan beberapa faktor penyebabnya dan menemukan solusinya
Batang kelor yang ditanam rusak
Batang kelor berjamur sehingga lapuk
Tanah kering dan
Batang kelor yang tidak cukup tua


2. Menanam Biji Kelor (Generatif)
Disebut sebagai generatif karena biji kelor merupakan hasil dari proses perkawinan alami. Melakukan pembibitan benih salah satu cara memperbanyak tanaman kelor, adapaun cara menanam biji kelor agar cepat tumbuh yaitu:
  • Siapkan biji kelor yang sudah siap tanam
  • Siapakan media atau tanam humus dengan kelembaban baik
  • Masukkan biji kelor ketanah dan
  • Siram sampai biji kelor tumbuh
Resiko budidaya kelor dari biji, yaitu lamanya proses penanam sehingga siap di panen, namun penanaman dari biji kelor memiliki persentase keberhasilan lebih tinggi.

Perawatan tanaman kelor
Ditempat kami, kelor merupakan tanaman samping dan bukanlah tanaman yang mudah diserang penyakit, tidak dirawatpun yang terpenting kandungan air dalam tanam cukup, maka tanaman kelor akan tumbuh dengan baik.

Namun, untuk kelas budidaya pemberian pupuk diawal pertumbuhan mungkin diperlukan untuk merangsang pertumbuhan.


1 komentar untuk "2 Cara Budidaya Tanaman Kelor Agar Mudah Tumbuh"

  1. Tips Sukses Budidaya Perikanan ternyata Ada pada Satu Hal Ini
    Beberapa kali kita mendengar kematian massal ikan budidaya di keramba budidaya, dan salah satu penyebab utamanya adalah karena kekurangan suplai oksigen... Baca Selengkapnya

    BalasHapus