5 Cara Mengobati Ekor Spiral/Bengkok pada Musang

Ekor spiral adalah bentuk atau kondisi ekor melingkar atau melengkung yang disebabkan karena faktor keturnan, kebiasaan hidup atau pemeliharaan.

Perubahan persepsi, ekor spiral dianggap sebagai cacat atau minus yang menurunkan nilai jual, dari kapan dam sejak kapan ini berlaku entahlah tapi ini menjadi masalah yang harus diatasi. Ekor spiral karena pemeliharaan yang kurang baik mungkin memang menjadi teguran agar lebih memperhatikan tempat tinggal musang, tetapi ekor spiral karena keturnan atau genetik seharusnya tidak menjadi masalah karena ini bisa jadi keunikan sendiri.

Intinya jika untuk dijadikan hobi, ekor spiral hanyalah tentang persepsi ada yang menyukainnya dan ada yang tidak menyukainya selebihnya anda ada diposisi yang mana.

Penyebab ekor spiral pada musang
Diluar faktor genetik atau keturunan, penyebab ekor sprial pada musang, yaitu;
  • Kebiasaan hidup musang, bagaimanapun mahluk hidup memiliki kebiasaan, mengayunkan ekor kekiri atau kekanan yang kemudian membentuk ekor yang mengarah pada sisi spiral.
  • Pemeliharaan yang meliputi tempat yang sempit, yang tidak memungkinkan ekor dapat terbentang lurus. Ekor merupakan bagian yang sensitif, tidak hanya sebagai pengimbang gerak tapi juga peka terhadap rangsangan. sehingga ketika itu bersentuhan dengan benda atau pagar kandang, secara refleks akan dialihlan atau dilengkungkan, menjadi kebiasaan akhirnya ekornya menjadi spiral.
Cara mengobati ekor spiral musang
Ekor spiral bukanlah masalah serius yang mempengaruhi kesehatan musang, jika itu terjadi dengan kebiasaan atau kandang yang sempit maka lakukan hal sebaliknya
  1. Berikan kandang yang luas
  2. Buat kandang atau ruangan lepas,
  3. Lakukan terapi urut secara rutin
  4. Urut dengan minyak kelapa
  5. Sering ajak bermain jalan keluar sambil berjemur

Tips perawatan agar ekor musang tidak spiral

Ekor spiral uang terjadi bukan sebab keturnan tentu adalah karena pemeliharaan dari kita yang tidak maksimal, kita membiarkan hal yang efek dikemudian hari tidak kita sukai sebagai suatu yang tidak kita berusaha mencegahnya. Karena itu penting, jika ekor spiral yang kita tidak sukai untuk melakukan hal-hal seperti
  • Buat kandang yang luas dengan panjang lebar yerukur tidak menyentuh ujung ekor jika dibentangkan. Lebih baik,
  • Buat kandang ruangan lepas, dan jadilan kandang sangkar sebagai tempat karantina atau pengamanan diwaktu tertentu
  • Cari obat-obat urut speker dipasar tradisipnal biasanya lebih ampuh.

Jika ada yang perlu ditanyakan, diskusi dikolom komen

Posting Komentar