Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Ayam BJS (Baok, Jambul, Sandah)? dan Foto-foto ayam BJS


Ayam BJS adalah penamaan ayam kampung yang dilihat dari area kepalanya dan memiliki komponen kepala lengkap, pada bagian belakang kepalanya terdapat bulu berdiri yang disebut sandah, pada bagian atas kepala ada bulu yang menumpuk disebut jambul dan pada bagian leher depannya ada bulu tebal seperti jenggot yang disebut baok. Sehingga, BJS merupakan singkatan dari Baok, Jambul dan sandah.

Pasaran harya ayam BJS lumayan tinggi karena jenis seperti ini langka, untuk anakan ukuran panggang saja bisa dibandrol 100-200rb.

Menurut mimin idnfarmers.com, BJS sendiri lebih sempurna jika dilengkapi dengan paduan warna yang selaras antara mata, moncong, telinga sampai dengan warna kaki. Sering diabaikan oleh para pecinta ayam, padahal penilaian kelus utama adalah komponen "dasar" ayam yaitu kaki sampai kuku, mata, telinga dan moncong. Sedangkan sandah, jambul dan baok adalah komponen tambahan yang memang membuatnya kaya.

Tapi, jika semuanya terpenuhi komponen dasarnya sempurna maka itu sudah sangat sempurna. Misalnya untuk ayam serawah (ayam putih), dengan kaki warna putih dari kukunya, moncong, mata, telinga kemudian di tambah dengan BJS. Atau jika bentuknya serawah kuning, mulai dari kuku, kaki, mata, moncong berwarna kuning lemudian ditambah BJS maja jadi sempurna. Begitu juga dengan penamaan ayam lainnya.

Intinya, yang pertama kali di nilai adalah keselarasan warna komponen dasar dari ayam (kaki, kuku, mata, moncong) dalam satu warna yang sama. Barulah penilaian selanjutnya, misalnya BJS, dimpil, sangkur dll.

Foto-foto ayam BJS (Baok, Jambul, Sandah)

1. Foto kepala ayam BJS









2. Foto ayam BJS jantan Full













3. Foto ayam bjs betina full







Posting Komentar untuk "Apa itu Ayam BJS (Baok, Jambul, Sandah)? dan Foto-foto ayam BJS"