Cara Grafting dari Sisa Potongan Akar


Hallo pecinta tanaman bonsai adenium, grafting adalah salah satu bagian penting untuk dipelajari dalam tehnik budidaya tanaman hias adenium dan sejenisnya. Tujuan dari Grafting adalah untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif, mendapati verietas baru yang lebih baik, pembaruan tanaman, dan regenerasi pertumbuhan dan perkembamgam tanaman.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai potongan akar tanaman bonsai adeniunm, agar tidak terbuang percuma maka tidakada salahnya akar tersebut anda jadikan sebagai media grafting baru.

Caranya:
  • Buat model pasangan grafting dari cabang tanaman dengan akar seperti biasa 

  • Ikat kuat  
  • Tanam akar tersebut 
  • Berikan nutrisi terbaik untuk menunjang perangsangan akar hidup 

Perlu diperhatikan, usahakan akar yang digunakan sebagai media masih baru uang paling tidak masih banyak mengandung cairan, karena ia akan dipaksa berbagi kehidupan dengan batang lain yang artinya antara indukan (akar) dan batang yang akan di graft sama sama akan berjuang hidup mulai dari nol.

Peluang tumbuh mereka mungkin tidak sebaik graft pada batang indukan hidup, tapi bukan berarti tidak memiliki peluang cukup untuk hidup, banyak yang sudah mencoba dengan keberhasilan sekitar 60-70%.

Posting Komentar