Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Cara Agar Burug Puyuh Cepat Bertelur

Puyuh si unggas mungil saat ini menjadi tren menarik untuk diternak, selain mudah dibudidayakan juga menguntungkan. Selain dagingnya yang nikmat, burung puyuh juga menghasilkan telur dengan harga cukup tinggi.

Pertanyaan umum yang mungkin anda perlu jawaban bagin peternak puyuh petelur adalah agar burung puyuh cepat betelur. Dari berbagai sumber setidaknya ada 4 hal penentu agar burung puyuh cepat bertelur serta produktif baik, berikut:

1. Pilih Kualitas Bibit Puyuh
Perlu diperhatikan untuk budidaya puyuh yang banyak, pemilihan bibit menjadi penentu dan setidaknya ada 5 karakter untuk diamati dalam pemilihan bibit, yaitu:
  • Untuk petelur pilih jenis puyuh ketam karena mampu bertelur lebih banyak dan lebih lama
  • Pilih benih yang sehat dengan pertumbuhan baik dengan ciri (bulu dan kaki mengkilat, lincah dan aktif)
  • Pilih bibit dengan ukuran dan umur seragam

2. Sediakan Sumber minuman
Sumber Minum sangat penting untuk menjaga kondisi cairan tubuh puyuh, berdasarkan banyak sumber minum sangat menentukan produktivitas puyuh. Dan semakin baik jika sesekali memberikan cairan munuman vitamin yang baik.

3. Berikan Pakan berkualitas
Sebagai kebutuhan petelur, puyuh membutuhkan banyak makanan yang mengandung banyak protein, protein yang tinggi akan mendorong produktifitas telur yang baik. Tapi tentu kalori adalah nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh puyuh.

4. Jaga Lingkungan

Faktor luar juga mendorong produktifitas puyuh, suasana yang nyaman sangat sisukai oleh puyuh, sebaliknya lingkungan bising, pencahayaan yang tidak sesuai akan membuat puyuh menjadi stress.

Pada akhirnya apa yang dibutuhkan puyuh atau mahluk hidup pada umumnya adalah kesehatan, sumber pangan serta lingkungan yang baik. Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "4 Cara Agar Burug Puyuh Cepat Bertelur"