Cara Membuat Jamu Burung Dara/ Merpati Kolongan Balap

Hallo pecinta merpati, menginginkan merpati kita memiliki speed atau kecepatan tinggi adalah impian setiap orang. Namun, perlu diingat merpati atau mahluk hidup memiliki batas kecepatan maksimal masing-masing begitu juga merpati. Dalam kondisi performa terbaik burung merpati dapat mencapai kecepatan rata-rata 100km/jam atay 1,6Km/menit atay 28 m/dtk.

Pemberian jamu ataupun latihannya hanya untuk dapat menambah stamina untuk mencapai kecepatan pada performa terbaiknya, bukan untuk mengharapkan kecepatan mustahil yang melewati batasnya.

Perlu diingat, jami untuk stamina, kebugaran dan kesehatan bukan untuk menambah kecepatan diatas batas maksimalnya. Misalklnya jika merpati hanya sanggup terbang 100km/jam dalam 2X terbangan saha, maka itu berkaitan dengan stamina maka disanalah peran jamu agar mampu terbang 3 kali putaran pada jarak performanya, bukan bertindak untuk membuat merpati bisa terbang 200km/jam, perlu diingat!.

Apakah jamu itu penting untuk merpati?
Penting untuk para penghobi yang biasa turun diarena dan adu balap, tapi memberikan jamu pada apapun keperluannya juga baik, umumya jamu itu seperti suplement atau nutrisi dan
Pemberian Nutrisi, vitamin yang teratur sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan ataupun stamina merpati.

Resep Jamu untuk merpati
Untuk membuat jamu bagi merpati anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti

  • Kuning Telur ayam kampung atau bebek
  • Madu lebah hutan atau tawon
  • Kunyit
  • Kencur
  • Temun kunci
  • Temu lawak
  • Ada juga yang menambahkan umbi rumput teki,
  • Sarang lebah
  • Sarang burung wallet

Paling tidak diantara resep diatas yang paling penting adalah
  • Kuning telur
  • Kunyit dan
  • Madu


Cara Membuat jamu untuk merpati

  1. Ambil kuning telur ayam kampung atau bebek.
  2. Tambahkan madu alam murni atau klanceng kedalam kuning telur dan aduk sampai rata
  3. Tambahkan parutan atau bubuk kunyit pastikan halus dan tambahkan pada campuran diatas
  4. Tambahkan Parutan atau bubuk kencur pastikan halus lalu tambahkan pada campuran diatas
  5. Anda bisa tambahkan bahan lain yang anda miliki seperti diatas.

Nah anda bisa membuat ramuan diatas menjadi dua versi yaitu sebagai pil stamina atau minuman jamu

Jika anda ingin jadikan sebagai pil edan stamina untuk merpati, maka Jemur di bawah terik matahari sampai adonan menjadi setengah kering. Selanjutnya, adonan dibentuk butiran-butiran seperti pil kecil seukuran bisa ditelan oleh merpati. Lalu Keringkan kembali butiran-butiran kecil tadi dengan cara dijemur. Untuk menambah khasiat, Anda bisa menambahkan minyak ikan, jika Pakan racikan ini untuk merpati tinggian sebaiknya diberikan pada malam hari, setiap 2 - 3 hari sekali, sebanyak 1 butir. Jika esok hari mau dibawa ke lapangan, entah latihan atau lomba, maka malamnya berikan 1 butir jamu racikan ini. Setelah mengkonsumsi pakan racikan, biarkan beristirahat total sampai esok hari. Usahan tidak mencampur pakan racikan dengan bahan-bahan yang bisa memberi efek panas seperti jahe, lada, daging, dan sebagainya, karena sangat mengganggu konsentrasi dan juga stamina burung ketika sedang atau sedang balapan.

Jika dijadikan sebagai jamu minuman, maka anda bisa langsung memberikannya pada merpati dengan cara di lolohkan atau diinjeksikan pada merpati. Bisa diberikan saat burung saat akan ngeram. Minimal seminggu sebelum burung terbang atau buat lomba berikan 3 kali seminggu.

Demikian artikel tentang
cara bikin jamu burung dara
cara bikin jamu burung merpati kolongan
cara buat jamu burung dara
cara membuat jamu buat burung merpati
cara membuat jamu burung dara tinggi
cara membuat jamu burung merpati
cara membuat jamu burung merpati balap. Jika anda punya resep tentang jamu merpati silahkan bagikan pengalaman anda dikomentar. Semoga bermanfaat!
cara membuat jamu burung merpati kolongan

Posting Komentar