Cara Mengobati Burung Anis Merah Katarak, Ramuan dan Perawatannya

Hallo juragan! Kali ini kami akan memberikan informasi terkait problema pada burung anis merah, yaitu cara mengobati dan merawat mata katarak atau semi buta pada burung anis merah.

Penyebab katarak pada anis merah
Banyak penyebab bagaimana anis merah mengalami katarak diantaranya yaitu:
  • Silau cahaya matahari
  • Kuman bakteri
  • Penjemuran berlebihan

Bukan hanya anis merah, sebagian besar burung juga akan mengalami hal sama jika dipaparkan pada cahaya matahari yang berlebihan, tetapi untuk anis merah yang notenya tinggal di hutan belantara yang terlindungi dari sinar matahari intens akan rentan saat berada dalam sangkar yang penempatannya tidak diatur dengan baik. Sebaliknya juga, berada diruang gelap terlalu lama akan menyababkan mata anis merah menjadi silau saat ditempatkan kembali diruang terbuka.

Menurut pendapat umum penyebab katarak yang utama adalah penjemuran yang berlebih, karena AM adalah jenis burung yang bola matanya cepet kering cairan matanya apabila dijemur, perbandingan dengan lovebird, bola matanya tetap berair bila dijemur lebih dari tiga jam. bila cairan matanya sudah kering mudah terserang jamur/gesekan yang menjadi penyebab matanya buta.

Akibat katarak pada anis merah
Jika burung anda mengalami katarak beberapa hal merugikan akan terjadi seperti, burung jadi gampang sengap, terkejut karena tidak mengetahui sumber suara datang, stress membuat burung jadi tidak aktif lagi dan tentu harganya akan jatuh.

Tips Merawat Anis Merah agar tidak katarak atau buta
Bila menjemur arahkan burung/sangkar menghadap ke arah timur(matahari) jadi bagian paruh burung searah dengan dengan arah matahari atau kepalanya sejajar mengikuti arah matahari tidak menghadapnya.

Sebelum menjemur Anis merah, tempatkan ditempat yang teduh dulu untuk pengenalan atau pemanasan sebelum langsung dijemur, Jangan langsung pindahkan dari ruangan/tempat menggantang malam langsung terkena matahari.

Perlu diingat yang dibutuhkan burung Anis merah dari Matahari adalah sinarnya bukan panasnya atau sialunya. jadi dalam keadaan cerah jam ideal penjemuran adalah 07-09 pagi

Menurut akun fb @budi purnama bdg, Bila sudah terkena katarak rubah pola mandi jadi mandi malam jangan mandikan di siang hari.

Ramuan Obat Alami Mata Katarak Burung Anis Merah
Mungkin ada banyak obat-obat khusus yang mahal yang dapat anda beli, tapi kali ini kami akan berbagi info cara alami mengobati anis merah katarak dari berbagai sumber ramuan katarak untuk anis merah

Cara membuat ramuan obat alami katarak anis merah, yaitu

  • Sediakan Bunga dan daun kitolod 2 lembar
  • Sediakan Pucuk sirih merah
  • Rendam dengan air sedikit hangat agar proses ekstraknya cepat didapat 
  • Biarkan beberapa menit sampai dingin
  • Teteskan pada mata katarak anis merah, anda bisa teteskan menggunakan pangkal batang bunga kitolod yang masih segar yang masih mengandung getahnya. 
  • Lakukan 2 kali sehari pagi dan petang
  • Simpan hasil rendaman pada botol tetes untuk digunakan selanjutnya 

Jika tidak memiliki keduanya anda bisa gunakan salah satunya atau juga pucuk sirih hijau tapi bahan diatas adalah rekomendasi, ramuan diatas menurut bernagai sumber juga bisa untuk mata manusia, jadi sangat aman. Jika punya tips dan resep lain silahkan bagikan di kolom komentar.

1 komentar