Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Sederhana Membuat POC (Pupuk Organik Cair)

Pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan organik yang dapat terurai secara alami sebagai sumber nutrisi bagi tanaman dan yang paling penting adalah membuat tanah menjadi kaya akan unsur hara sehingga kualitas tanah menjadi lebih baik. Sebaliknya, pupuk-pukuk non organik yang terurai secara instant hanya akan memberi asupan instan pada tanaman dan tidak bermanfaat bagi tanah atau membuat tanah kehilangan sumber nutrisi alami. 


POC (Pupuk Organik Cair) adalah pupuk organik yang berasal dari bahan-bahan organik yang kaya air atau diperas dan melalui proses prngaktifan bakteri, permentasi.

Konsep Permentasi
Proses permentasi adalah proses pengaktifan bakteri baik yang dapat dimanfaatkan, proses permentasi berbeda dengan proses yang terjadi pada busuknya makanan atau basi. Proses permentasi berjalan pada kondisi anaerobik atau tanpa oksigen/udara.

Hasil kimiawi dari permentasi adalah terbentuknya alkohol, asam atau gas. Sehingga bahan-bahan permentasi adalah yang mengandung bahan dasar karbohidrat atau unit-unit karbohidrat seperti pati atau gula. Jadi sederhananya permentasi itu adalah proses konversi karbohidrat menjadi alkohol.

Agar proses perementasi dapat berjalan atau karbohidrat dapat terkonversi menjadi alkohol maka diperlukan agen yang kita sebut "ragi" yaitu bahan yang mengandung jamur atau bakteri baik pengurai, dalam membuat POC misalnya kita menggunakan EM4 salah satu bahan permentasi yang mengandung bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp), Actinomycetes Sp, Bakteri Fotosentetik (Rhodopseudomonas Sp), Streptomyces SP, Yeast (ragi) dan Jamur pengurai selulose.

Cara sederhana membuat POC.
Jila sudah membaca paragraf diatas sebenarnya membuat POC itu mudah, cukup menggunakan limbah bahan bahan organik sisa rumah tangga. misalnya saja, nasi basi, deduanan sayur busuk dll. Misalnya saja di kutif dari komunitas berkebun, bahan yang digunakan adalah air cucian beras, air kelapa, tepung kadruasa, bekas cucian daging, yakult, gula, em4.

Langkah-langkah membuat POC
  • Siapkan bahan-bahan organik, limbah sayur, nasi basi dll
  • Buat larutan em4, larutkan em4 dalam air gunakan ember dan campurkan dengan gula, bisa gula merah, gula pasir atau keduanya.
  • Kedalam wadah dengan penutup masukkan bahan bahan-bahan dan larutan em4, lalu
  • Tambahkan air dengan perbandingan total air dalam campuran sekitar 35% dan bahan padat 65% atau air tidak boleh lebih banyak dari bahan bahan utamanya.
  • Tutup rapat wadah tersebut dan biarkan selama 7-10 hari, sesekali buka tutupnya untuk mengeluarkan gas dan kembali ditutup.
  • POC berhasil jika mengeluarkan bau alkohol atau seperti bau arak
  • POC gagal jika tidak terdapat bau alkohol atau terdapat ulat belatung.

Bisalah membuat POC tanpa em4?
Sebenarnya EM4 itu adalah zat aktivasi, sebagai starter atau perangsang awal proses permentasi, tanpa itu rekasipun dapat terjadi namun mungkin prosesnya tidak secepat menggunakanya. Atau anda bisa menggunakan alternatif lain seperti minuman Yakult, minuman itu juga mengandung banyak bakteri baik.

Cara menggunakan POC pada tenaman
Setelah proses permentasi berhasil maka selanjutnya saring untuk mendapatkan larutan POC tersebut. Untuk pengaplikasiannya pada tanaman, larutkan dalam air dengan perbandingan 1:10 maksudnya 1 ml POC dalam 10 liter air.

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Sederhana Membuat POC (Pupuk Organik Cair)"