Inspirasi Rumah Kebun Low Budget, Unik dan Keren

Hi Farmers! Berkebun, bertanam entah profesi, hobi atau mengikuti tren adalah hal positif yang perlu dilanjutkan. Selain memang menjadi hiasan sebagai cindra mata di rumah, jika dikembangkan bertanam bisa jadi profesi. Salah satunya adalah tanaman hias, tanaman hias pasarnya tidak terbatas perbandingannya saja tanaman palsu atau bunga palsu bisa mencapai ratusan ribu maka tidak mengherankan jika banyak tanaman hias asli bisa mencapai jutaan rupiah.

Kita skip tentang nilai ekonomis, menjadikan bertanam sebagai hobi dapat mendidik dan melatih kesabaran kita, kita tidak sadar aja proses menumbuhkan dan merawat adalah tentang kesabaran apalagi membentuknya menjadi tanaman yang indah. Keindahan dan menciptakan nuansa alami, itu mungkin bisa jadi tujuan utama kita terlebih jika tinggal di lingkungan padat penduduk lingkungan yang jauh dari nuansa alami, kita bisa ciptakan sendiri dipekarangan, teras bahkan didalam rumah.

Beberapa ide sederhana yang dapat me nadi inspirasi membuat lingkungan rumah kebun

1. Bertanam dalam rumah 

Ya ini ide yang kelihatan gokil tapi menarik, membuat tumbuhan/tanaman disekitar kita di kemas dalam wadah, wahhh ini bener-bener rumah yang kebunable

2. Tanaman pot


Ini yang paling umum dan juga paling mudah, dengan bertanam di pot menggunakan bahan bekas rumah tangga seperti ember bekas, karung bekas, karung semen, polybag anda bisa mengisi sudut sudut kosong di pekarang ruman anda.

3. Taman gantung



Ini bisa jadi solusi, membuat rak biasa atau gantung tanaman bisa jadi pemandangan yang menarik dan lebih teratur, selain diisi dengan tanaman hias anda juga bisa mengisinya dengan sayur-sayuran

4. Dinding tanaman

Nah ini yang paling umum mungkin anda lihat, dengan memanfaatkan bahan botol bekas pakai, atau pot tempel ini bisa jadi solus menciptakan suasana alami, terlebih tembok merupakan bagian luas vertikal yang jarang dimanfaatkan

5. Taman bonsai

Jika anda memiliki hobi membuat tanaman bonsai, anda hanya tinggal melanjutkan saja, perbanyak, sehingga bisa mengisi sudut-sudut rumah anda yang kosong

6. Taman bunga

Bunga adalah tanaman hias paling digemari, dan paling bagus sebagai hiasan rumah, menanam berbagai jenis bunga dipekarangan rumah bahkan dalam rumah bisa mrnciptakan suasana alami nan indah

7. Tanaman rayap


Tanaman rayap atau tanaman menjalar bisa jadi solusi bagi anda, anda visa menanam tanaman menjalar dirumah anda seperti markisa atau anggur hijau, tanaman ini bisa menjadi naungan dirumah, dengan membuatkan para-para, tanaman ini bisa jadi menambah suasana hijau.

8. Tanaman obat

Ide paling menarik adalah tanaman obat, ini bisa jadi sangat segar dan sehat lagi menyehatkan. Menanam tanaman obat dirumah bisa jadi sangat spesial.

9. Hidroponik

Nah ini mungkin lebih bernilai ekonomis, sistem penanaman menggunakan media air ini bisa jadi solusi menciptakan rumah adem. Sekarang, hidroponik adalah bisnis besar sistem tanam dengan lingkungan terbatas serta terkontrol, coba saja untuk dipelajari ini bisa jadi ladang bisnis yang menarik sekaligus menciptakan lingkungan alami.

10. Aquaponik

Ya ini sistem yang hampir yang sama dengan hidroponik, tapi sistemnya bisa bersambung dengan pemeliharaan ikan, dimana antara tanaman dan ikan bisa saling membentuk sistem mutualisme atau menguntungkan, artinya tanaman bisa mendapat pasokan nutrisi dari kotoran ikan yang dialirkan melaluin sistem pipa yang terus berputar mengalir dari kolam ke media tanam.

11. Menanam pohon rindang

Pohon rindang bisa jadi pilihan menciptakan rumah kebun bagi anda, seperti bagian pertama diatas menanam pisang disudur luar rumah, bisa jadi menarik terlebih pisang adalah tanaman yang bermanfaat dari bonggol sampai daunnya. Atau tanaman hias lainnya seperti ketapang yang biasanya sistem percabangannya paling menarik karena membentuk payung yang rindang, cemara tanaman hijau kerucut yang cantik atau juga tumbuhan berbuah lainnya seperti kelengkeng, apel di sudur sempit rumah.

Nah, jika anda punya ide lain bagaimana memciptakan rumah dengan nuansa alami silahkan dikomentar. Semoga bermanfaat

Posting Komentar