Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Agar Tanaman Kakao Cepat Berbuah dan Berbuah Banyak

Tanaman Kakao (Theobroma cacao L.) Atau yang sering juga di sebut tanaman coklat, adalah komoditas yang berasal dari amerika selatan dan tersebar keseluruh dunia dan menjadi tanaman budidaya daerah tropis.

Kakao merupakan tanaman tahunan yang mulai berbuah di usia 4 tahun, apabila dikelola dengan baik, masa produksinya dapat bertahan lebih dari 25 tahun. Dalam skala perkebunan, penanaman Kakao di Indonesia dimulai pada tahun 1780 di Minahasa selanjutnya pada tahun 1858 dikembangkan di Ambon serta Seram kepulauan Maluku dan tersebar ke pulau jawa. Saat ini indonesia merupakan salah satu dari penghasil kakao terbesar didunia.

Masalah dalam Tanaman Kakao
Kakao membutuhkan penyerbukan silang oleh serangga untuk menghasilkan buah. Namun, Menurut sebuah penelitian dalam kondisi alami, lebih dari 90 persen bunga tidak dikunjungi serangga dan tidak menghasilkan buah. Hasil ini jelas menunjukkan bahwa intensifikasi pertanian tradisional dengan bahan kimia pertanian tidak selalu merupakan cara terbaik untuk maju.


Para peneliti dari University of Göttingen membandingkan pengaruh pestisida, pupuk, penyerbukan manual, dan biaya pertanian di Indonesia dalam budidaya tanaman kakao. Bekerja sama dengan rekan dan mahasiswa Universitas Indonesia Tadulako Palu, para ilmuwan menemukan bahwa penyerbukan dengan tangan meningkatkan hasil pohon kakao hingga 161%. Setelah dikurangi biaya penyerbukan manual, ini berarti peningkatan pendapatan petani kecil sebesar 69 persen. Dan jiga berarti Menggunakan banyak pestisida dan pupuk tidak meningkatkan hasil. Penelitian ini terbit dijurnal Agriculture, Ecosystems & Environment.

Cara Penyerbukan Tangan
Penyerbukan dengan tangan atau penyerbukan mekanis adalah cara yang dapat digunakan untuk membantu menyerbuki tanaman karena suatu alasan dimana penyerbukan alami atau terbuka tidak diinginkan atau hasilnya tidak memadai. Prinsip cara metode penyerbukan tangan yaitu dilakukan dengan memindahkan serbuk sari secara manual dari benang sari satu tanaman ke putik tanaman lain menggunakan kapas atau bahan lain atau bisa juga dengan mendekatkan kelopak bunga jantan ke stigma betina atau dengan cara menggoyang-goyangkannya (wikipedia).

Para peneliti mengatakan intensifikasi agroekologi dapat berhasil dengan mempromosikan proses biologis atau menggunakan teknik inovatif seperti penyerbukan manual," jelas penulis pertama Manuel Toledo-Hernández, mahasiswa PhD di Departemen Agroekologi di Universitas Göttingen. Pekerjaan ini diawasi oleh Profesor Teja Tscharntke, Kepala Agroekologi, dan Profesor Thomas C. Wanger, sekarang di Universitas Westlake di Cina.


Jurnal Referensi:
  • Manuel Toledo-Hernández, Teja Tscharntke, Aiyen Tjoa, Alam Anshary, Basir Cyio, Thomas C. Wanger. 2020. Hand pollination, not pesticides or fertilizers, increases cocoa yields and farmer income. Agriculture, Ecosystems & Environment, 2020; 304: 107160 DOI: 10.1016/j.agee.2020.107160

Posting Komentar untuk "Cara Agar Tanaman Kakao Cepat Berbuah dan Berbuah Banyak"