Cara Menanam Bonggol Monstera Agar Cepat Tumbuh Akar

Monstera adalah genus atau kelompok dari 45 spesies jenis tumbuhan berbunga dalam keluarga arum, Araceae, yang diduga berasal dari daerah tropis di Amerika. Monstera berasal dari bahasa latin yaitu "Monstrous" yang semakna dengan istilah "abnormal" yang mengacu pada daunnya yang tidak normal yang berlubang secara alami.
Monstera termasuk kedalam tumbuhan merambat yang akarnya dari ditanah dah kemudian merambat di batang pohon (hemiepifit). Sehingga, jenis tumbuhan seperti ini dapat tumbuh dengan cepat dan dapat mengatasi kemarau panjang dengan menumpang di pepohonan.

Baca juga: Gambar dan Foto Monstera Mahal

Dari beberapa waktu yang lalu, Monstera mrnjadi tumbuhan yangbdi cari-cari sebagai tumbuhan dengan harga yang sangat fantastik mencapai ratusan juta rupiah. Sehingga tidak sedikit yang kemudian mencari untuk dibudidayakan.

Sebagai tumbuhan yang mudah hidup, Monstera dapat di perbanyak atau kembang biakan baik dari stek batang atau tunas.

Cara menanam monstera dari bonggol

Salah satu cara yang ingin kita bahas kali ini adalah mengenai cara menanam bonggol monstera. Sebenarnya bonggol tumbuhan ini adalah batangnya yang menjurus ke tanah sebagai tumbuhan hemiepifit sehingga mungkin lebih cocok di sebut stek batang, terserah anda. Agar bonggol atau batang monstera cepet tumbuh akar yang perlu di persiapkan yaitu:
  • Siapkan batang tua monstera atau bonggol yang menjurus dalam tanah 
  • Potong dengan ukuran 1 jengkal dengan meninggalkan batas ruas buku tempat munculnya akar
  • Siapkan media pertumbuhan dapat menggunakan tanah atau air, Jika menggunakan tanah maka tancapkan batang monstera pada tanah
  • Jika menggubakan media air maka dalam wadah kosong isikan air sedikit saja sampai ruas buku bawahnya menempel terendam air tersebut lalu biarkan 3 minggu 
  • Jika menggunakan media tanah maka kontrol kelembaban dan letakkan ditempat terlindung matahari begitu juga dimedia air.
  • Setelah akar tumbuh maka pindahkan ke pot atau media tanam permanen yang selanjutnya diberi nutrisi yang cukup

Cara lain yaitu dengan menyekat pertumbuhan tunas pada batang monstera.

Jika anda punya informasi atau pertanyaan tentang monstera silahkan dikolom komentar, atau pertanyaan untuk kita diskusikan bersama. Semoga membantu dan bermanfaat!

#tag
cara tanam bonggol monstera

Posting Komentar