10 Cara Menanam Padi Sawah Tadah Hujan

Menanam padi tadah hujan artinya menanam padi hanya menggunakan sepenuhnya air hujan. Biasanya model sistem tanam ini yang dipakai oleh petani dataran tinggi, atau dimana lahan pertanian tidak dilalui oleh pengairan irigasi.

Menanam padi dengan tadah hujan biasanya maksimal dilakukan hanya 2 kali itupun harus mulai start diawal waktu musim hujan, dan yang paling optimal hanya dapat dilakukan 1 kali tanam.

Admin sendiri merupakan petani padi tadah hujan, dan saat artikel ini dibuat sedang dalam suasan penanaman padi.

Adapun cara menama padi sawag tadah hujan sampai panen, yaitu:

1. Pembibitan
Hal pertama yang harus dilakukan adalah pembibitan atau penyemaian benih padi, ini dilakukan di awal sekali musim hujan jika ingin memaksimalkan penanaman hingga 2 kali priode. Hitungannya, umur bibit padi siap tanam sdalah 3-4 minggu jika tidakada kendala.

Sistem semai padi tadah hujann umumnya ada 2, yaitu:
  • Semai tabur artinya benih padi ditabur secara acak merata pada area khusus sedikit berair atau becek dengan asumsi hujan akan intens. Namun jika sangat diawal musim hujan dengan hujan yang masih tidak intens sehingga sawah belum berair, atau kondisi masih sangat panas maka dapat dilakukan dengan sistem
  • Semai baris, yaitu dimana benih padi di ditabur berbaris yang kemudian timbun tanah sampai tertutup.

2. Pengolahan lahan
Selama penyemaian padi, jeda ini dapat dimanfaatlan untuk melakukan pengolahan lahan, seperti
  • Perbaiki pundukan sawah
  • Membasmi rumput
  • Atau pembajakan dini

3. Pembajakan sawah
Setelah bibit padi siap tanam dan sawah sudah terendam air, maka sawah dibajak dan diratakan sampai terbentuk berair dan becek berlumpur.

4. Cabut benih

Sawah sudah siap untuk ditanami maka selanjutnya, benih dicabut dan diikat dengan tali irisan bambu seukuran genggaman padat besar orang dewasa. Bibit padi kemudian di jajarkan kelahan tanam, dengan jarak 3-5 meter kiri-kanan, depan-belakang tergantung besar ikatan bibit.

5. Penanaman

Padi ditanam dengan cara ditancapkan ke tanah berlumpur dengan jarak 1 jengkal sebanyak 2-3 malai atau batang bibit padi. Pastikan setalah ditanam, untuk membuat pintu keluar air dari pundukan sawah jika hujan intens agar padi tidak tergerus air dan sawah tidak mengalami erosi karena volume air.

6. Pembersihan rumput atau hama pengganggu
Setelah padi tumbuh, maka perawatan dilakukan dengam membersihkan rumput-rumput yang mulai tumbuh, pembersihan dari hama seperti keong juga penting.

7. Pemupukan
setelah padi berumur 1-1,5 bulan padi mulai dapat dipupuk dengan pupuk urea, untuk menambah daya tubuh dan menghijaukan daun. Pastikan sebelum pemupukan, sudah dilakukan pembersihan terhadap gulma atau rumput, sehingga tidak ikut tumbuh subur setelah pemupukan.

Pemupukan dilakukan dua kali, pertama saat padi berumur 1 bulan dan yang kedua menjelang pembungaan, untuk pemupukan yang kedua dapat divampur dengan phonska atau yang dapat mendongkrak perkembangan padi, bunga dan berat buah.

Pastikan pupuk ditabur dengan merata, selang 3-5 hari kita dapat melihat efek pemupukan yang merata atau tidak, biasanya akan tampak belang di area yang tidak terkena pupuk. Pemupukan dilakukan setelah embun pagi kering agar daun padi tidak merah atau tampak terbakar, atau setelah hujan dan pastikan pintu keluar air sawah ditutup untuk berjaga-jaga jika hujan besar datang pupuk tidak terbawa hanyut. Pemupukan paling bagus dilakukan juga dengan kondisi sawah sedikit berair atau becek.

8. Penyemprotan
Masalah umum tanaman padi adalah hama serangga, yang biasanya paling merugikan diawal tanaman padi berbunga, karena itu penting untuk di rawat atau membasmi serangga tersebut. Selain perlindungan terhadap hama, juga dapat di semprot dengan obat perangsang bunga atau lainnya.

9. Pemanenan
Umumnya padi dipanen pada umur 3-4 bulan atau sekitar 100 -140 hari tergantung verietas padi. Pemananen ditandai dengan tanaman padi menguning tua dan bulir padi kuninh terisi padat.

10. Penyimpanan
Setelah ditanam, biasanya petani melakukan kalkulasi hasil padi, dan laba bersih setelag dipotong biaya tanam.

Padi disimpan setelah melalui pengeringan di terik matahari, padi siap simpan setelah dijemur 2 hari dengan sinar matahari intens penuh. 

Posting Komentar