Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Jenis Beringin Paling Laris, Ciri-Ciri dan Perbedaannya

8 Jenis Beringin Paling Laris, Ciri-Ciri dan Perbedaannya. Keluarga Ficus termasuk salah satu kelompok tumbuhan yang memiliki keanekaragaman jenis yang tinggi dan umumnya banyak terdapat pada tipe ekosistem dataran rendah. Dilaporkan jumlah jenis Ficus di seluruh dunia mencapai 750 jenis (Sastrapradja dan Afriastini, 1984;Berg, 1989), bahkan bisa mencapai 1000 jenis(Zhekun danGilbert, 2003)

Ficus spp tergolong sebagai jenis tumbuhan berkayu dengan bentuk hidup pohon, perdu/semak, pohon kecil, pencekik, merambat, liana (menjalar) bahkan seringkali berupa akar liar (menggantung sebagai hemi epififit, epifit dan akar merambat), berumah satu (monoecious) atau berumah dua (dioecious) baik bunga jantan maupun betina (Berg dan Corner, 2005).

Marga Ficus di kawasan Malaysia berdasarkan jumlah jenis tercatat sebanyak 367 jenis. Marga Ficus yang tercatat di berbagai pulau di Indonesia mencapai 252 jenis atau 68.66% dari jumlah jenis yang terdapat di kawasan Malaysia.

Baca juga: Saeng Simbur, Tanaman Bonsai Mahal asli Indonesia

Di Indonesia persebaran Ficus hampir merata di setiap pulau terutama pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Sumatra, Papua, Sulawesi dan Jawa. Dua (2) pulau besar seperti halnya Kalimantan dan Sumatera tercatat memiliki keanekaragaman jenis Ficus paling tinggi, baik dari populasi maupun jumlah jenisnya.
Daftar Isi:

Klasifikasi tumbuhan beringin menurut Heyne (1987) dalam Desyanti (2012) adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta (Magnoliophyta)
Subdivisi : Angiospermae (Magnoliophyta)
Kelas : Dicotyledonae (Magnoliopsida)
Ordo : Urticales atau Rosales
Famili : Moraceae
Genus : Ficus
Species : Ficus benjamina, Ficus microcarpa, Ficus sagitatta

Jenis-Jenis Beringin di Indonesia

Berikut ciri dan perbedaan beringin lokal benjamina, iprik, kimeng, elegant, arjuna, afrika, korea dan beringin dolar

1. Beringin Lokal (Ficus benjamina)



Klasifikasi
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. Benjamina

Beringin lokal juga dikenal dengan caringin (Sunda), waringin (Jawa, Sumatera), bunut (lombok) chinese bayan (China), Banyan Tree (Inggris). Pohon beringin banyak ditemukan di tepi jalan, pinggiran kota atau tumbuh di tepi jurang. Pohon besar dengan tinggi 20-25 meter, berakar tunggang dan memiliki batang yang tegak dengan percabangan simpodial, permukaan kasar, bulat dan cokelat kehitaman, pada batang keluar akar gantung (akar udara). Pohon beringin memiliki daun 12 tunggal, pertulangan menyirip, dan berwarna hijau. Sastrapraja (1984), mengatakan bahwa buah ara muncul di ranting-ranting, tunggal atau berpasangan.

Ciri-ciri Beringin Lokal (Ficus Benjamina)
  • Daun Porsi besar, lonjong tidak lancip, hijau tua, halus. batang cokalt putih dan terdapat bintik-bintik. Akar gantung coklat putih.

2. Beringin Iprik (Ficus Retusa)

Beeingin Iprik

Klasifikasi:
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. Retusa

Ficus retusa atau dikenal sebagai ara jejawi adalah adalah salah satu tumbuhan ara yang sangat mirip dengan beringin lokal (benjamina). Disini admin idnfarmers bingung, karena diliteratur wikipedia menyebut ficus retusa sebagai semak semak yang hampir mirip dengan ficus microcarpa (kimeng), kami berasumsi mungkin iprik bergantung geografisnya atau barangkali Ficus retis bukanlah iprik yang kami dan para pembonsai maksud atau bukan nama ilmiah sebenarnya. Tapi kami akan tetap fokus disini sebagai iprik yang dimaksud oleh pembonsai dan tidak mengikuti difinisi wikipedia, sebagai bahan rujukan dan berharap banyak masukan.

Ciri-ciri Beringin Iprik ( Ficus retusa)
  • Daunnya berbentuk lonjong lebih lebar, panjangnya lebih dari 10 cm dan tersusun secara spiral, bulat, Lebih gelap, lebih bulat opal, lebih rimbun daripada banjamina, rapat dan tidak beraturan, halus dan lebih tabal daripada banjamina.
  • Batangnya berbintik putih, lebih coklat daripada banjamina tapi semakin pucuk batang coklatnya semakin memudar. Akar gantungnya coklat, akar banyak menempel pada dahan batang.
  • Batang dari ara jejawi atau preh nampak lebih gelap (kehitaman) dibandingkan dengan beringin benjamina, namun keduanya sama-sama memiliki totol-totol putih.
Pohon Ficus retusa telah banyak disalah artikan sebagai Beringin lokal (Ficus benjamina), namun ini adalah dua spesies yang sangat berbeda

Ficus retusa termasuk pohon hemiepiphyte, artinya benih dapat berkecambah pada pohon lain kemudian mengeluarkan akar angin yang memanjang hingga menyentuh tanah, dan selanjutnya menyerap nutrisi dari akar anginnya yang telah menyentuh tanah. Selain dapat tumbuh pada pohon lain, ia juga bisa tumbuh di berbagai tempat seperti sela-sela tembok, atap bangunan, dan lain sebagainya. Pertumbuhan khas keluarga Ficus, seperti beringin (Ficus benjamina).

3. Beringin Kimeng (Ficus Microcarpa)


Klasifikasi:
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. microcarpa

Ficus microcarpa , dikenal dengan istilah beringin kimeng (jawa) beringin Cina , beringin Malaya , laurel India ,ara tirai , atau gajumaru. Ficus microcarpa paling dikenal dan paling banyak digunakab sebagai tanaman bonsai.

Promo bibit kimeng murah di 👉 shopee

Ciri-ciri beringin Kimeng
  • Daun tanaman ini memiliki tekstur agak licin, bertepi rata dengan ujung meruncing. Ukuran daunnya paling besar sekitar 2 inch, daun lonjong sepanjang 2-2,5 inci (5–6 cm) dau berwarna hijau gelap dan tumbuh tegak, daun beringin kimeng cenderung rapih, tidak bergerombol padat, dan umumnya mengarah ke atas.
  • daunnya hampir sama seperti daun banjamina tapi sedikit lebih kecil, lebih segar, licin teksturnya lebih keras tidak lembek.
  • Batangnya berbintik banyak dan jelas, Batang sedikit lebih coklat daripada elegant.
  • Ranting bonsai kimeng cenderung menyebar ke samping, sehingga lebih mudah dibentuk menjadi bonsai. (Burch, 2004).
Beringin Kimeng juga disebut Ficus Tiger Bark, karena memiliki batang halus, kering dengan totol totol putih yang jelas (kontras) dan membedakannya dengan jenis beringin biasa.


4. Beringin elegant (Ficus compacta var)

Beeingin elegant

Klasifikasi:
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. Compacta var

Beringin elegant adalah salah satu varian dari compacta, meskipun kebanyakan orang menganl compacta sebagai elegant, tidak masalah, namun secara khusus, compacta memiliki banyak varian lain. Menurut pakar bonsai beringin "atick maryah" secara bentuk compacta dan elegant adalah dua jenis yang berbeda, dimana compacta memiliki daun yang lebih bulat pendek sedangkan elegant lebih kecil dan lonjong, dari segi lainnya hampir sama.

Promo bibut ficus elegant di 👉 Shopee   

Ciri-ciri beringin elegant (Ficus Conpacta)
  • Daunnya Mirip dengan kimeng, tapi lebih tebal, rimbun dan rapat,
  • Batang warna keabuan, mulus tidak beecorak bintik seperti kimeng, diujung batang warna daun hijau muda dan ujung batang kemerahan
  • Memiliki akar sulur coklat seperti iprik.

Pertumbuhan elegant ataupun compacta terbilang lambat dibanding jenis kimeng

5. Beringin arjuna (Ficus salicifolia)

Beringin arjuna


Klasifikasi:
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. Salicifolia

Beringin arjuna atau Willow Leaf Fig adalah beringin yang dianggap unik dan umumnya jarang ditemukan.

Ciri-ciri beringin arjuna (Ficus salicifolia)
  • Daunnya hanya selebar kurang lebih 1cm dan memanjang atau daun sangat ramping, licin, hijau, tebal, rapat rimbun dan tidak berarturan.
  • Akar sulurnya berwarna kemerahan dan proses pembesaran batangnya lebih lama dibandingkan dengan jenis lain, dan hampir sama dengan bringin ilegan.

6. Beringin korea (ficus microcarpa var)

Beringin korea

Klasifikasi:
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. microcarpa

Beringin korea adalah salah satu jenis varian dari beringin microcarpa (var) yang umumnya sulit atau jarang ditekukan diindonesia.

Ciri-ciri beringin korea (ficus microcarpa var)
  • Daunnya hijau tua lebih opal daripada beringin iprik, lebih lonjong lancip daripada beringin dolar.
  • Batang coklat seperti banjamina.

7. Beringin dolar (ficus microcarpa var green island fig).

Beringin dolar


Klasifikasi:
Kerajaan:Plantae
Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae)
Divisi: Magnoliophyta (Spermatophyta)
Sub divisi: Angiospermae
Ordo: Rosales
Keluarga:Moraceae
Marga:Ficus
Jenis: F. microcarpa green island

Beringin dolar ficus microcarpa var green island fig juga merupakan varian dari spesies microcarpa.

Promo ficus dolar nurah di 👉 Shopee

Ciri-ciri beringin dolar
  • Daunnya hampir sama dengan beringin korea, tebal dengan warna yang lebih muda, tapi bentuk daun lebih bulat bundar, dan sangat jelas perbedaan bentuk bulatnya.
  • Warna batangnya seperti kimeng tapi totolannya tidak mencolok, sama seperti korea dan beringin lainnya.
Kesimpulannya
Beringin benjamina lebih mirip dengan iprik, tapi iprik memiliki daun yang lebih gelap, lebar dan batang dan akar sulurnya lebih coklat.

Beringin kimeng lebih mirip dengan elegant, tapi kimeng memiliki daun lebih kecil dan ramping, memiliki totol/bintik yang kontras sedangkan elegant halus, akar sulurnya kemarahan sedangkan elegant seperti iprik, coklat.

Beringin arjuna memiliki benuk yangbsangat berbeda daripada beringin lainnya karena mekiliki daun keci yang lebarnya 1 cm dan memanjang, daunnya lebih mirip seperti beringin afrika bedanya beringin afrika punya bunga yang khas. 

Beringin korea, lebih mirip dengan compacta dan dolar bedanya daunnya lebih bulat dari compacta dan lebih lonjong daripada dolar.

Kecoklatan batang beringin
Iprik > benjamina > kimeng > elagant > arjuna > korea > dolar

Kegelapan daun
Iprik > kimeng> elegant> korea > dolar > benjamina> arjuna

Lebar daun
Dolar > korea > Compacta elegant > Iprik >Benjamina > kimeng > arjuna > afrika

Kelangkaan
Afrika > arjuna > dolar > korea > compakta elegant > kimeng > ifrik > benjamiana

Demikian 8 Jenis Beringin Paling Laris, Ciri-Ciri dan Perbedaannya. Semoga bermanfaat

Refrensi:
Razali Yusuf. 2011. SEBARAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN Ficus spp. DI INDONESIA. Bidang Botani, Puslitbang Biologi-LIPI
Wikipedia
Youtube

1 komentar untuk "8 Jenis Beringin Paling Laris, Ciri-Ciri dan Perbedaannya"

  1. 1. Iprik bukan ficus retusa, tapi termasuk salah satu varian dari ficus microcarpa.
    2. Beringin arjuna bukanlah ficus salicifolia, melainkan ficus kurzii king.

    BalasHapus