6 Cara Mengolah Lahan Gambut

Lahan gambut adalah lahan basah yang kaya akan bahan organik dan terbentuk dari akumulasi bahan-bahan organik selama ribuan tahun.

Dilihat dari ketebalan bahan-bahan organik penyusunya dibedakan menjadi 4 jenis yaitu:

  • Lahan gambut dangkal (50-100 cm)
  • Lahan gambut sedang (100-200 cm)
  • Lahan gambut dalam (200-300 cm)
  • Lahan gambut samgat dalam (300cm lebih)

Mengolah lahan gambut tidak seperti mengolah lahan biasa- kering seperti pada umumnya, mengolah lahan kering adalah hal biasa tetapi dapat mengolah lahan gambut adalah luar biasa dengan skill dan pengalaman teruji. Jika dilahan kering tanah diolah sedalam mungkin agar semakin gembur tetapi dilahan gambut tanah diolah seminimal mungkin. Akibtanya jika lahan gambut diolah terlalu dalam dapat mengangkat lapisan pirit kepermukaan sehingga dapat terjadi oksidasi yang membuat tanah menjadi masam (pH tinggi)

6 Cara Mengolah Lahan Gambut

@Erwin wansyah
Menjadikan lahan gambut untuk budidaya Porang

Adapun cara mengolah lahan gambut seperti yang dilansir dari laman kementrian pertanian berdasarkan cara pengolahan lahan masyarakat kalimantan tengah dan kalimantan selatan, yaitu:
  1. Pengolahan dilakukan dengan kombinasi cangkul dan parang
  2. Repes permukaan lahan dengan parang atau cangkul agar rata
  3. Tanah dangkal boleh diolah hanya sedalam 2-5 cm (cukup dengan direpes) atau meratakan gundukan-gundukan dengan cangkul
  4. Membersihkan gulma-gulma, semak yang tumbuh dengan dipotong
  5. Tumpuk gulung gulma yang sudah dipotong dan biarkan terendam sampai matang dan mudah di hancurkan kemudian ditebar ratakan kembali di lahan.
  6. Rawat lahan gambut dari gulma-gulma dan tumbuhan liar serta dari tergenangnya air berlebih yang dapat membunuh tanaman dengan cara menjaga kerataan lahan

Keuntungan bertani dilahan gambut
Karena lahan gambut terbentuk dari matrial organik, maka unsur-unsur hara sudah terpenuhi dengan tingkat kesuburan yang sangat tinggi.

Tanaman yang paling bagus dilahan gambut
Menurut kementrian lingkungan hidup, dari hasil pengamatan-survei ada beberapa jenis tanaman yang memiliki produktifitas tinggi di lahan gambut yaitu:
  • Tanaman buah (Rambutan dan jeruk)
  • Tanaman kayu (sengon)
  • Tanaman getah (Karet dan jelutung
  • Sayur sayuran ( Jagung, Bawang dan Cabe)




Posting Komentar