25 Daftar Tanaman Obat untuk Unggas

25 Daftar Tanaman Obat untuk Unggas. Halo farmers! Beternak unggas seperti ayam, itik, entok bisa dibilang mudah tapi sulit, selain urusan pakan kita juga harus memastikan kesahat ternak. Ayam termasuk jenis unggas yang sangat lemah terhadap serangan penyakit terlebih jika menghadapai musim pancaroba. 

Pixabay

Peternak-peternak besar biasanya merogoh kocek besar sedari Bibit DOC untuk kesehatan unggas mulai dari vaksin dan segala macam obat obatan. Nah mungkin bagi anda yang beternak dengan minim budget, alternatif yang dapat anda coba adalah meracik obat herbal sendiri dari bahan murah berlimpah.

Menurut laman kementrian pertanian ada beberapa bahan alam yang dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk unggas khususnya ayam dan dapat diaplikasikan pada semua jenis unggas. Berikut daftar tanaman obat untuk kesehatan ayam serta fungsinya.

Daftar tanaman herbal untuk unggas

Berikut tanaman obat untuk ayam, itik, entok dan berbagai jenis burung

1. Temulawak 


Sebagai koksidiostat atau antiprotozoa yang dapat menekan pertumbuhan parasit pada pakan dan tubuh ayam.
Juga sebagai Penguat imun. Aplikasinya dapat dicampur dengan kunyit pada bahan pakan dan cocok untuk ayam ras petelur
https://www.idnfarmers.com/2017/11/membuat-pakan-ayam-sehat-menghadapi.html

2. Kunyit


Kunyit Sebagai antiprotozoa yang dapat menekan pertumbuhan parasit dan penguat antibody. Aplikasiny dapat dicampur bersama temu lawak untuk pakan ayan ras petelur.

Tepung kunyit dapat menurunkan mortalitas ( angka kematian) ayam ksmpung (Rahmawati dan Febby,2017)

3. Sambilito


Sebagai antiprotozoa (koksidiotat) aplikasinya cocok pada ayam broiler, untuk ayam kampung dapat dicampur dengan temulawak. Diaplikasikan sebagai campuran bahan pakan.

4. Lempuyang


Dapat menjadi obat batuk, diare, memperbaiki sel rusak serta meningkatkan nafsu makan pada semua jenis ayam. Aplikasinya diberikan bersama air minum.

5. Jahe 


Memiliki sifat antiprotozoa (koksidiostat) dan stimulan imun atau penguat antibody tubuh ayam, dapat diberikan bersama sambilito, temulawak dan temuireng untuk pakan ayam broiler.

6. Jahe merah


Jahe merah memiliki sifat antiprotozoa yang dapat menekan pertumbuhan parasit (koksidiostat) pada ayam ras petelur

7. Temuireng


Temuireng dapat menjadi obat cacing bagi unggas (ayam, itik, entok dan sejenisnya)

8. Lengkuas


Lengkuas dapat menjadi obat diare dan pernapasan bagi ayam

9. Kayu manis


Kayu manis memiliki banyak manfaat, untuk ayam kayu manis dapat mengobati sistem pencernaan atau masalah dengan kotoran berdarah, meningkatkan imun, gejala flu burung, meningkatkan stamina dan menjaga tubuh porsi prima untuk ayam jago.

10. Bawang putih 


Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk ayam mulai dari antibody terhadap penyakit, cacingan, manikan dll.


11. Daun dan buah mengkudu. 


Tanaman mengkudu sangat cocok untuk jenis ayam petelur (KUB/Broiler) sebagai stimulan imun, meningkatkan produksi telur dan kualitas kuning telur.

12. Daun sereh


Daun sereh dapat memperbaiki tubuh ayam sehingga memiliki postur yang optimal membakar kelebihan lemak, bagus untuk ayam jago dapat memperkuat tulang dan otot.

13. Daun Miniran


Salah satu tanaman obat sebagai fitobiotik adalah Meniran (Phyllanthus niruri, L) karena mengandung fitokimia dan herba meniran sudah dikembangkan juga menjadi fitofarmaka. Miniran bermanfaat sebagai antioksidan dan mencegah pertumbuhan bakteri pathogen yang menghambat pertumbuhan ayam broiler. Selain itu penambahan tepung tanaman meniran (Phyllanthus niluri, L) dalam pakan ransum dapat meningkatkan pertumbuhan ayam broiler. (Maria, dkk. 2018).

14. Daun sirih


Daun sirih Untuk pencernaan membunuh bakteri E.coli. Untuk bronkodilator (obat pernapasan) ektrak daun sirih dicampur ekstak sambiloto dan untuk efek mukolitik (liuran/batuk) ektrak sirih dicampur ektrak temulawak.

15. Daun pepaya


Untuk mengobati sembelit ayam, sebagai penambah imun terhadap penyakit dan anti bakteri

16. Kencur


Kencur dapat berguna sebagai penambah nafsu makan, senagai obat anti nyeri dan pradangan ayam jago, obat diare, dapat mengatasi kotoran berwarna hijau atau putih

17. Lidah buaya 


Lidah buaya dapat menjadi obat salep untuk ayam luka, dapat dijadikan bahan untuk penumbuh dan perawat bulu ayam.

18. Cabe jawa


Cabe jawa juga merupakan bahan herbal yang banyak diaplikasikan, untuk ayam, cabe jawab bagus untuk memulihkan tubuh ayam pasca sakit atau ayam jago usai berlaga, melemaskan otot-otot yang kaku. Penggunaannya tentunya dalam kadar yang diperlukan dan dicampur dengan bahan-bahan yang lain dalam air minum atau pakan.

19. Daun Kemangi


Salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai antibiotik untuk ternak adalah kemangi (Ocimum sp). Kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) yang berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan fungsi antibody (mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan dan sebagai antioksidan (Adnyana dan Firmansyah, 2006)

20. Senduduk 


Senduduk (Melastoma malabathricum) adalah Tanaman yang banyak ditemukan di Riau. Namun, tanaman senduduk tersebar luas dibeberapa pulau di Indonesia yaitu di Sumatra, Jawa, Irian Jaya dan Kalimantan (Gholib, 2009). Hasil skrining fitokimia menunjukkan bahwa daun senduduk mengandung senyawa tanin, flavonoid, steroid, saponin, dan glikosida yang berfungsi membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme (Robinson,1995). Dapat ditambahkan pada air minum atau dijadikan probiotik kandang.

21. Buah Majapahit


Buah majaphit bagus untuk mengobati infeksi tubuh ayam, diare, menjaga kadar cairan tubuh ayam.

22. Gula aren



Gula aren dipercaya sebagai bahan peningkat stamina dan anergi. Untuk ayam bahkan gula sering dijadikan sebagai pengganti obat seperti vitachik dalam minuman untuk anak ayam.

23.
24.
25.

Demikian artikel tentang 25 Daftar Tanaman Obat untuk Unggas. Semoga bermanfaat

Yuk bagikan pengalaman anda untuk jenis tanaman herbal untuk unggas dilolom komentar

Posting Komentar