5 Cara Stek Batang Agar Cepat Tumbuh Akar, 100% Berhasil

5 Cara Stek Batang Agar Cepat Tumbuh Akar, 100% Berhasil. Stek adalah salah satu cara memperbanyak tanaman dengan cepat tanpa melalui penyemaian biji. Stek batang memungkinkan dapat memanfaatkan sisa tanaman, ranting atau batang buangan untuk menjadi tanaman baru.

Elling Prayasa Foto

Stek adalah pilihan pertama untuk perbanyakan tanaman, namun tentunya memiliki risiko harapan tumbuh berimbang dibanding dengan cara lain seperti cangkok.

Karenanya berbagai cara dan upaya dilakukan untuk meningkatkan persentase tumbuhnya akar. Dari berbagai sumber, setidaknya ada 5 cara baik dari segi bahan tambahan ataupun perlakuan bahan agar akar cepat tumbuh.

Cara Stek Batang Agar Cepat Tumbuh

5 Cara stek batang agar akar cepat tumbuh , yaitu

1. Menggunakan Hormon Auksin


Hormon auksin adalah hormon alami yang dimiliki semua tumbuhan untuk merangsang pembentukan akar. Sekarang banyak produk hormon hasil sintesis atau ekstrak dari tanaman yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar khususnya pada batang stek.

Hormon auksin ini banyak dijumpai ditoko pertanian namun memiliki harga yang cukup mahal, dan sebenarnya anda bisa membuat hormon ini sendiri dari bahan alami tanpa biaya. Diartikel sebelumnya kami sudah mengulas tentang cara membuat hormon auksin untuk mempercepat pertumbuhan akar dari bahan alami silahkan dibaca.

Ini sangat mempan untuk bahan yang tergolong sukar tumbuh akar dan persentase keberhasilan stek rendah.

Baca: Cara Membuat Perangsang Akar untuk Tanaman

2. Menggunakan gedebong pisang


Beberapa hari lalu, ada pembonsai yang berbagi pengalaman cara cepat menumbuhkan akar menggunakan media batang gedebong.

Caranya batang yang ingin distek di tancapkan pada batang atau pelepah pisang, hal ini memang memungkinkan karena batang pisang mengandung banyak air sehingga secara tidak langsung kelembaban media terjaga.

Selain itu dapat juga menggunakan bahan lain seperti lidah buaya, menurut mimin idnfarmers.com menggunakan lidah buaya adalah pilihan utama, karena selain menjaga kelembaban bahan stek, lidah buaya mengandung hormon auksin penumbuh akar yang tinggi.

3. Menggunakan pasir malang

Menggunakan media pasir untuk stek batang adalah cara yang patut dicoba, karakter media berpasir akan membuat batang lembih longgar dan ada celah untuk menumbuhkan akar lebih cepat.

Menggunakan pasir malang adalah salah satu cara yang banyak direkomendasikan digerup-gerup pembonsai sebagai media tanam.

4. Menggunakan media air

Stek air mungkin cara yang yang paling midah, tapi perlu dicoba berdasarkan pengalaman mimin menumbuhkan akar dengan media air yang ditambahi bahan perangsang akar lebih cepat dibanding langsung ditancapkan ketanah.

Menggunakan media air sebenarya untuk tetap menjaga kondisi bahan lembab dan basah. Selebihnya jika bahan sudah menunjukan serabut akar bisa langsung dipindahkan ke media tanah.

5. Sungkup

Perlakuan sungkup merupakan cara yang sangat umum dalam stek batang, hal ini dilakukan untuk mengurangi pelepasan, penguapan dan keausan bahan. Bisa dikatakan sungkup terkhusus untuk batang besar sangat direkomendasikan, bahkan jika bahan tanaman masih mekiliki akar, disukup sampai tanaman menunjukan dau tunas adalah sangat rekomendasi.

Cara-cara 1-3 diatas juga sangat rekomendasi untuk dosungkup, untuk batang atau tanaman kecil dapat pula debungkus dengan plastik.
Sungkup tanaman kecil

Selain ke 5 cara diatas faktor yang tidak kalah penting yaitu tidak semua batang tumbuhan bisa di stek dan cepat distek, biasanya tanama yang cepat distek memiliki batang dengn jumlah sekat/buku rapat dan selain itu tanaman dengan batang basah dan bergetah lebih cepat berakar. Semoga berhasil 👍.

Demikian artikel 5 Cara Stek Batang Agar Cepat Tumbuh Akar, 100% Berhasil. Semoga bermanfaat


Sumber Foto: fb@Ellingprayasa

Posting Komentar