Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Agar Ayam Mutiara Cepat Bertelur

Hi farmers! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar ayam mutiara cepat bertelur dan faktor-faktor pendukungnya. 5 Cara Agar Ayam Mutiara Cepat Bertelur

Daftar Isi:
Ayam mutiara adalah ayam hias yang saat ini banyak dipelihara di Indonesia. Ayam mutiara berasal dari afrika, dengan ciri umum; tubuh bulat, dengan bulu berwarna biru kehitaman dengan bintik putih di sekujur tubuh.



Ayam mutiara merupakan jenis ayam yang banyak berjalan dan berlari, meskipun dianggap tidak dapat terbang. Faktanya ayam mutiara sangat jago terbang hanya saja mereka lebih suka berlari.

Pemeliharaan Ayam Mutiara

Ayam mutiara sangat mudah dipelihara dibanding ayam hias lainnya, karena sejatinya ayam mutiara berasal dari alam liar yang mencari pakan sendiri. Ayam mutiara dapat dipelihara secara lepas di alam dan dapat akur bersama ayam biasa, itik dan ayam peliharaan lainnya, ayam mutiara suka mencari pakan diarea yang sangat jauh hingga 1 kilo dari rumah. Pemeliharaan yang baik merupakan faktor kualitas produksi bertelur ayam mutiara, untuk itu sumber pakan harus selalu sedia.

Cara membuat kandang ayam mutiara



Untuk ayam mutiara sebenarnya tidak terlalu memerlukan kandang khusus. Ayam mutiara bisa bertelur dimana saja bahkan di tempat ayam kampung bertelur. Namun, perlu dipastikan wadah tempat bertelur harus besar karena jumlah telurnya yang banyak.

Namun, jika memelihara ayam dilingkungan padat, mungkin memeliharanya dalam kandang adalah cara bijak. Membuat kandang ayam mutiara, cukup dengan membuat sebuah kandang umbaran tertutup dan beratap. Selain itu, ayam mutiara sedikit kurang dalam kemampuan merawat sehingga penyapihan dini sehabis menetasi adalah cara terbaik.

Cara Agar Ayam Mutiara Cepat Bertelur

Ayam mutiara bertelur ketika berumur 2 tahun. Atau sekitar 28-30 bulan. Kesamaan waktu bertelur ayam mutiara sama dengan ayam kalkun, memerlukan waktu yang lama. Dan hanya bertelur dalam sekali setahun, namun jumlah terlurnya mencapai 60 butir.

Ayam mutiara terbilang unik karena memperhitungkan waktu untuk bertelur, yaity mereka bertelur di awal musim tanam padi atau di pertengahan musim tanam. Seperti memperkirakan waktu dimana sumber makanan akan tersedia melimpah. Selain pemeliharaan yang baik diatas, beberapa hal perlu dilakukan untuk membuat ayam mutiara cepat bertelir,

Ada beberapa cara agar ayam mutiara cepat bertelur, yaitu:
  1. Pasangkan ayam betina dengan pejantan yang sudah tua
  2. Tempatkan sepasang ayan mutiara dalan kandang umbaran tertutup
  3. Berikan makanan dan pemberian intens
  4. Untuk merangsang, berikan makanan yang banyak mengandung protein
  5. Berikan juga perangsang probiotik

Cara Menetaskan Telur ayam Mutiara
Setelah ayam mutiara bertelur bagian selanjutnya adalah bagaimana menetaskan telur ayam mutiara, karena ayam mutiara dapat bertelur hingga 60 butir, tentu tidak semua dapat ditetaskan secara alami. 

Sehingga, setidaknya ada 3 cara menetaskan telur ayam mutiara, yaitu:
  • Ditetaskan secara alami oleh induknya, Kemampuan indukan ayam mutiara dapat mengerami telurnya maksimal 1/4 saja 
  • Ditetaskan dengan mesin, ini adalah solusi final jika anda memiliki mesin penetas.
  • Cara ketiga adalah dengan meitipkan telur ayam mutiara pada ayam kampung yang sedang mengerami, cara ini cukup mudah, mimin idnfarmers berhasil mrlakukannya. Anda dapat menonton video dibawah ini


Cara Menetaskan Telur Ayan Mutiara dengan ayam Kampung

Syarat ayam kampung untuk dapat menetaskan ayam mutiara
  • Indukan ayam kampung sudah terbiasa mengerami atau sudah beranak beberapa kali
  • Ganti telur ayam kampung semuanya dengan telur ayam kampung dan dengan jumlah yang sama 
  • Setelah menetas, pisahkan anakan dari indukan ayam kampung setalah 1-2 hari turun sarang.

Demikian artikel tentang cara membuat ayam mutiara cepat bertelur dan menetaskannya, selamat mencoba.


#ayam #mutiara #bertelur


Posting Komentar untuk "5 Cara Agar Ayam Mutiara Cepat Bertelur"