Harga Minyak Goreng di Pulau Jawa Tahun 2023

Daftar Harga Minyak Goreng Saat Ini di Berbagai Provinsi Tahun 2022. Hi Farmers! Lonjakan harga minyak goreng sebenarnya jarang terjadi apalagi hingga stoknya limit. Karena, indonesia merupakan penghasil CPO terbesar di dunia, penghasil minyak nabati terbesar di asia.


Faktor-faktor yang menyebabkan naiknya harga minyak goreng

Berikut beberapa faktor yang kami lansir dari media-media besar (okezone, kompas, Cnbc dll)
  1. Kelangkaan bahan baku
  2. Pandemi
  3. Harga minyak nabati dunia Naik
  4. Permintaan untuk bahan Biodiesel
  5. Kesalahan management perdagangan

Harga Minyak Goreng di Pulau Jawa

Harga minyak goreng

Berdasarkan Informasi Pusat Harga Pangan Strategis Nasional (IPHPS) berikut harga rata-rata semua jenis minyak; minyak curah, minyak goreng kemasan bermerk 1 dan minyak goreng kemasan bermerk 2 pada bulan februari 2023

1. Harga Minyak Goreng di Jawa Timur

Berikut harga cabai rawit di berbagai pasar di jawa timur:
Pasar Tradisional: Rp18.250
Pasar Modern: Rp20.350
Pedagang Besar: Rp16.700

2. Harga Minyak Goreng di Jawa Tengah

Berikut harga cabai rawit di berbagai pasar di jawa tengah:
Pasar Tradisional: Rp18.050
Pasar Modern: Rp21.850
Pedagang Besar: Rp15.950

3. Harga Minyak Goreng di Jawa Barat

Berikut harga cabai rawit di berbagai pasar di jawa barat:
Pasar Tradisional: Rp18.500
Pasar Modern: Rp22.300
Pedagang Besar: Rp17.300

Data Inflasi dan Deflasi Harga Minyak Goreng di Pulau Jawa

Data inflasi pada bulan februari 2023, Jawa timur mengalami penurunan harga atau deflasi sebesar 0,27% di pasar tradisional. Di pasar Modern Jawa timur dan jawa tengah mengalami inflasi sebesar 0,49%  dan jawa tengah 2,1%. 

Fenomena Harga Minyak Goreng Naik di Indonesia

Mungkin yang paling masuk akal dari alasan diatas adalah kelangkaan bahan baku, jika itu memang benar terjadi. Dan yang kedua adalah management perdagangan yang kacau.

Ke-3 alasan lainnya sangat omongkosong, Covid-19? Panggung hiburan sejak awal 2020 telah mulai aktif, karyawan dan sekolah aktif sudah mulai.

Alasan ke-2, Harga Minyak nabati dunia yang melonjak, ini tidak bisa jadi alasan "kelangkaan" untuk ketersediaan rumah tangga, posisi indonesia bukan impor, atau jangan-jangan pemerintah hanya memikirkan untung ekspor tapi tidak memikirkan ketersediaan rumah tangga?

Alasan ke-3, yang paling lucu adalah permintaan industrial biodiesel. Kita jadi punya asumsi lain, pemerintah sedang kacau, kementrian dengan kementrian lainnya tidak singkron. kebutuhan biodiesel adalah tersier sedangkan minyak goreng dapur adalah primer, bagaimana mungkin kebutuhan makan dialihikan secara tidak terkalkulasi?

Demikian artikel Daftar Harga Minyak Goreng Saat Ini di Berbagai Provinsi Tahun 2022. Beri komentar dan masukan di kolom komentar atau informasi harga minyak goreng di tempat anda. 


Hastag:
Daftar harga minyak goreng di giant surabaya, Superindo, Naga Swalayan, Yomart, Ramayana Robinson, Carrefour, Pasar Jaya

Posting Komentar untuk "Harga Minyak Goreng di Pulau Jawa Tahun 2023"