Berapa Umur/usia Tanaman Sidaguri?

Berapa Umur/usia Tanaman Sidaguri?. Tumbuhan sidaguri (Sida rhombifolia L) adalah tumbuhan perdu yang dikenal sebagai tanaman herba dengan beragam manfaat kesehatan. Selain itu tumbuhan ini telah menjadi tanaman hias atau bonsai kecil.

Sidaguri dikenal oleh masyarakat dengan beragam sebutan seperti: Orang minangkabau menyebutnya (Saliguri), Melayu (Sidaguri), Jawa tengah (Sidaguri), sunda (Sidagori), Maduri (Taghuri), Sumba (Kahindu), Halmahera (Hutu gamo) Ternate (Digo) dan santeguri (lombok).

Baca Juga: Bonsai Putri Malu

Ciri-ciri sidaguri:

Umur pohon sidaguri


  • Daun tunggal, bulat telur atau lanset, tepi bergerigi ujung meruncing pertulangan menyirip, panjang 1-1,4 cm dan lebar 1-1,5 cm. Warna daun hijau gelap
  • Berbunga kuning cerah sepanjang hari, mekar dengan cahaya penuh matahari
  • Buahnya hijau saat muda, kuning ketika matang dan hitam kering ketika sudah tua.

Cara menanam tanaman sidaguri

  1. Sidaguri dapat ditaman melalui biji, dengan menyemainya terlebih dahulu atau langsung ditabur dilahan terbuka.
  2. Selama penyemaian pastikan kondisi tanah lembah basah dan jangan sampai kering.
  3. Setelah tumbuh sidaguri dapat dipindah ketempat yang diinginkan, lebih baik dipindah ketika masih berumur kecil dibanding ketika sudah tua agar lebih mudah hidup.
  4. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan lebih, dengan ke kahatan nutrisi tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.
  5. Tanaman ini tumbuh diseluruh daerah tropis seperti indonesia dan dapat tumbuh hingga 2 meter dengan cabang kecil.

Tanaman sidaguri dengan matahari full daunnya akan bulat kecil, jika berada di tempat teduh akan besar lonjong, dan jika di tempat yang teduh subur akan lebar membentuk tanda cnta.

Umur Tanaman Sidaguri

Berapa umur pohon sidaguri, apakah layak di bonsai? Sidaguri merupkan tanaman perdu yang sangat mudah beradaptasi tahan musim kemarau panjang dan subur di musim hujan. Umur tumbuhan atau pohon sidaguri bisa mencapai 5-10 tahun bahkan lebih tergantung perawatan.

Sidaguri dapat berumur panjang dan tumbuh baik dengan kelembaban sedang hingga kering. Sidaguri secara ekologis bermanfaat sebagai tanaman pelindung tanah, dapat mengikat unsur hara dan mempertahankan struktur tanah.

Bonsai Sidaguri

Bagaimana potensi sidaguri sebagai bonsai? dengan siklus hidup yang sederhana sidaguri saat ini tidak hanya sebagai tumbuhan herba tapi juga sebagai tanaman hias yang banyak di Bonsai. Selain karena batangnya pendek dan mudah dibentuk, tumbuhan ini berdaun kecil dan berbunga cantik dimusimnya.

Sidaguri telah menjadi tanaman budidaya yang populer, dengan perawatan yang baik ia bisa menjadi tanaman hias herba yang mahal.

Demikian artikel sederhanan Berapa Umur/usia Tanaman Sidaguri?. Semoga bermanfaat! Jangan lupa beri komentar tanggapan atau tambahan informasi.

Posting Komentar untuk "Berapa Umur/usia Tanaman Sidaguri?"