Resep Nasi Tiwul Manis untuk Diet Sehat

Resep Nasi Tiwul Manis untuk Diet Sehat. Nasi Tiwul, atau thiwul adalah makanan pokok pengganti nasi beras yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Penduduk Trenggalek, Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar dikenal mengonsumsi jenis makanan ini sehari-hari.

Nasi tiwul adalah salah satu menu khas jawa tengah yang popular di daerah Wonosobo, trenggalek gunungkidul, wonogiri, bilitar dan pacitan yang menjadi makanan sehari hari. Makanan ini merupakan makanan khas dengan bahan dasar ketela pohon dan singkong. 

Nasi tiwol ini sebenarnya hampir ada di setiap daerah khususnya di perkampungan yang tidak subur, di mana sumber mata pencaharian mereka dari hutan dan tanaman pendamping seperti singkong.

Baca juga: Resep Nasi Megono

Nasi tiwul hampir mirip dengan gethuk makanan khas tradisional yang sama-sama berbahan dasar singkong. Tiwol juga memiliki cerita sejarah yang sama dengan gethuk, sebagai makan pengganti beras sejak zaman penjajahan.

Pembuatan Nasi Tiwul



Proses pembuatan nasi tiwo terdiri dari dua step yaitu: pembuatan gaplek dan pembuatan nasi tiwol.

1. Pembuatan Gaplek

Gaplek merupakan bahan utama pembuatan nasi tiwol. Gaplek berasal dari singkong yang di tumbuk halus sampai menjadi tepung. Proses pembuatan gaplek yaitu:

  • Bersihkan Singkong
  • Potong atau Rajang kecl-kecil lalu jemur
  • Lalu jemur sampai kering

2. Pembuatan nasi tiwul

Berikut cara pembuatan nasi tiwol, yaitu:

  1. Haluskan Gaplek seukuran butiran beras
  2. Kemudian bersihkan dengan air
  3. Lalu kukus sampai matang

Proses pembuatan nasi tiwol sama seperti menanak nasi putih. Tunggu tiwol matang seperti nasi, dengan ciri teksturnya lembut lunak. Tiwol siap disajikan dan enak dimakan saat masih hangat Bersama sayur pedes.

Nasi tiwol campuran

Pembuatan nasi tiwol juga bisa di campur dengan beras. Pencampuran ini biasanya jika seseorang kekurangan beras maka mereka mencampur dengan singkong. Campurannya bisa 50:50 atau beras lebih banyak. Ini menghasilkan nasi yang cantik dengan warna putih kuning, rasanyapun menjadi lebih khas.

Saat ini nasi tiwol bukan lagi gambaran miskin, tapi merupakan makanan diet sehat yang baik. Wajar jika banyak rumah makan besar dengan list nasi tiwol.

Demikian artikel tentangResep Nasi Tiwul Manis untuk Diet Sehat. Semoga bermanfaat!

Refrensi: Cookpad

Posting Komentar untuk "Resep Nasi Tiwul Manis untuk Diet Sehat"