Resep Bumbu Terasi Tradisional

Resep Bumbu Terasi Tradisional. Sambal merupakan salah satu pelengkap yang wajib ada saat makan, salah satunya yaitu Sambal terasi. Sambal terasi merupakan salah satu sambal favorit bagi kebanyakan orang. Jenis Sambal terasi sudah sangat populer dikalangan masyarakat terutama  orang Indonesia karena adanya aroma yang khas dan identik dengan pedas.

Untuk mendapatkan sambal terasi juga tidaklah sulit, karena jenis sambal ini dapat dijumpai di warung-warung dipinggir jalan bahkan disetiap restoran pun ada.

Baca juga: Resep bumbu sambal matah khas bali

Sambal terasi merupakan sambal yang berasal dari Jawa Barat, dengan racikan yang sangat gampang dan mudah untuk  didapatkan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal terasi adalah terasi, cabai rawit, cabai merah besar, tomat, bawang putih, bawang merah, gula pasir atau bisa diganti dengan gula merah, jeruk liamu dan garam.

Membuat sambal terasi


Bahan-bahan sambal terasi

Untuk membuat sambal terasi,  bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

🔸 100 ml minyak goreng

🔸 150 g cabai rawit merah, potong-potong

🔸100 g cabai merah besar, potong-potong

🔸15 butir bawang merah, potong-potong

🔸5 siung bawang putih, potong-potong

🔸 100 g tomat, potong-potong

🔸 2 sdm terasi bakar

🔸 1 sdt garam

🔸2 sdt gula merah, sisir halus (gula pasir)

🔸4 buah jeruk limau

Langkah-langka membuat sambal terasi, 

  1. Panaskan minyak terlebih dahulu, lalu tumis bahan-bahannya seperti cabai rawit, bawang merah, cabai merah besar, bawang putih, dan tomat sampai aruomanya harum.
  2. Setelah itu, bahan-bahan yang sudah ditumis kemudian di angkat dan di tiriskan. 
  3. Lalu tuang ke dalam cobek, atau kalau tidak ada cobek bisa menggunakan blender atau cooper. Tambahkan garam, terasi yang terlebih dahulu sudah dibakar dan gula merah, di ulek (di blender) sampai terlihat halus. 
  4. Jika semuanya sudah terlihat halus, angkat lalu peras potongan jeruk limau.
  5. Sambal siap di sajikan.

Demikian Resep Bumbu Terasi Tradisional  yang dapat anda coba buatsambal terasi ini mudah dan simpel, bisa jadi menu jualan ataupun dijadikan sebagai menu pendamping saat makan.


Posting Komentar untuk "Resep Bumbu Terasi Tradisional"