Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Jenis Kelapa di Indonesia dan Cara Tanam

3 Jenis Kelapa di Indonesia dan Cara Tanam. Hi farmers! apapun merk, nama kelapa yang sudah beredar di Indoesia pada umumnya kelapa terdiri dari 3 jenis atau type berdasarkan sifat, umur dan tempat penanaman yang tepat. 

Baca juga: Bonsai Kelapa bercabang dua

Daftar Isi:

Jenis atau tipe Kelapa di Indonesia


Pemilihan jenis dan tipe kelapa penting di perhitungkan, karena jenis kelapa menyangkut umur tanaman, ketinggian dan kecepatan berbuah. Berikut jenis dan tipe kelapa:

1. Kelapa genjah 

Jenis kelapa ini adalah kela pendek dengan umur singka sudah berbuah, tipe kelapa ini sangat cocok di tanam di lingkungan pekarangan. 

Dengan ukuran tubuh pohon yang pendek serta jenis akar serabut yang dimilikinya,  kelapa genjah menjadi lebih aman ditanam di sekitar rumah/pekarangan.

Kelapa Genjah sudah mulai berbuah diumur 2 atau 3 tahun dengan penanaman dan perawatan yang baik. 

Untuk jarak tanam di pekarangan terbatas dapat menggunakan jarak tanam 8m x 8m atau 9m x 9m dengan melihat kondisi lahan yang tersedia. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam budidaya kelapa genjah adalah ketersediaan air dan kondisi tanah. 

Pemberian Pupuk Organik/Pupuk kandang 10 kg per lubang tanam akan memperbaiki struktur tanah dan mamacu pertumbuhan awal benih kelapa genjah yang ditanam.

2. Kelapa Dalam 

Kelapa dalam adalah kelapa lokal dengan batang pohon yang tinggi dan umum di tanam oleh masyarakat lokal di Indonesia. disebut juga sebagai kelapa rakyat, penghasil kelapa dalam tertinggi di Indonesia ada di Kalimantan Timur dengan Luas areal kelapa tahun 2020 tercatat sebanyak 20.698 Ha dengan jumlah produksi sebanyak 7.662 ton.

3. Kelapa Hibrida 

Kelapa hibrida adalah jenis kelapa hasil persilangan antara kelapa genjah dengan kelapa dalam sehingga menghasilkan sifat unggul, pendek dan berbuah lebat. 

Cara menanam kelapa yang tepat 

Teknik dan Cara tanam kelapa yang tepat, yaitu: .

1. Tentukan waktu tanam

Lebih baik penanaman dilakukan di awal musim penghujan 

2. Tentukan jarak tanam

Jarak tanam kelapa 8-9 meter terutama di pekarangan rumah

3. Siapkan lubang tanam

Siapkan lubang tanam minimal 60cm x 60 cm x 60 cm. Lubang tanam sebaiknya dibuat 1 atau 2 minggu sebelum penananam. 

4. Pilih bibit unggul

Pilih bibit unggul yang anda inginkan atau rencanakan dan sesuai tujuannya, misalnya untuk kelapa cepat berbuah bisa pilih Hibrida, kelapa untuk diambil niranya bisa pilih kelapa Dalam. 

5. Masukkan pupuk kandang dalam lubang

Masukan pupuk kandang 5-10 kg ke dalam lubang sekitar 1-2 minggu sebelum tanam.

6. Tanam kelapa

Masukkan benih kelapa kedalam lubang dan timbun. Harap untuk menimbun lebih tinggi agar Air tidak menggenang di pangkal bibit. 

7. Perawatan tanaman 

Perawatan tanaman dengan penyiraman jika tidakada turun hujan. Pantau serangan hama lakukan pencegahan dan penanggulangan. 

Demikian artikel tentang 3 Jenis Kelapa di Indonesia dan Cara Tanam.Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "3 Jenis Kelapa di Indonesia dan Cara Tanam "