Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Anggrek Lokal dan Impor, Harga dan Perawatan

Perbedaan Jenis Anggrek Lokal dan Impor. Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang menempati posisi teratas sebagai tanaman hias yang paling populer. Tak heran jika tanaman hias jenis anggrek mempunyai ribuan spesies yang memiliki ciri, keunikan dan daya tarik yang berbeda beda antara satu dengan yang lainnya, baik yang sudah dibudidayakan ataupun yang masih liar di hutan dan masih langka keberadaannya. Oleh karena itu, terdapat Jenis anggrek Lokal dan Impor yang bisa kamu ketahui.

Selain itu, di antara ribuan spesies anggrek dengan karakteristiknya yang berbeda-beda, beberapa spesies anggrek di bawah ini diakui menjadi anggrek dengan bentuk, warna dan estetika yang sangat memukau. Oleh karena itu, jenis tanaman ini menjadi yang terbaik di antara spesies anggrek yang lainnya. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini. Penasaran dengan estetika spesies bunga anggrek? Langsung saja yuk, lihat dan simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Cara menanam bunga keladi

Perbedaan Jenis Anggrek Lokal dan Impor

Salah satu yang membedakan jenis anggrek adalah asal mereka, perlu di ketahui Anggrek memiliki banyak sekali varian bahkan banyak anggrek endemik mencakup wilayah kecil hingga wilayah yang luas. Misalnya anggrek papua dan kalimantan, atau anggrek yang umum di Indonesia dengan anggrek asal malaysia atau lainnya. 

Perbedaan asal ini membentuk keindahan dan keunikan tersendiri dari anggrek, kelangkaannya hingga nilai ekonomisnya. 

Jenis Bunga Anggrek Lokal di Indonesia

Beberapa jenis anggrek lokal di Indonesia, yaitu: 
Daftar Isi:

1. Anggrek Bulan


Inilah bunga anggrek yang sering digaungkan di dalam suatu lirik lagu. Julukan ilmiahnya Paraphalaenopsis serpentilingua. Panjang juga, ya. Kalimantan Barat merupakan tempat yang menguasai kecantikan anggrek ini.

Karakteristik khas anggrek bulan yakni, berwarna putih dengan corak kuning dan merah. Kenapa dinamakan anggrek bulan? Pasti saja karena bentuk dan warnanya hampir mirip dengan rembulan di malam hari. Bunganya putih dan daunnya hijau memanjang. Akarnya sedikit terasa berdaging. Anggrek ini memiliki nama lati Phalaenopsis amabilis. Kamu bisa mendapatkan tanaman ini dengan harga Rp. 75.000.

Cara Merawat:

  • Sesuaikan Suhu dan Kelembapan Udara Anggrek
  • Tidak Perlu Banyak Sinar Matahari (Tempatkan Ditempat yang Teduh)
  • Memperhatikan Sirkulasi Udara : Tempatkan di Kondisi angin yang tidak terlalu kencang
  • Siram Bungan 2 kali sehari secara rutin dan konsisten
  • Beri Pupuk secukupnya

2. Anggrek Kasut Kumis



Anggrek kasut kumis biasanya sering dijuki kembaran dari kantung semar. Pasalnya, bentuknya berkantung dan berbulu. Bunga anggrek kasut kumis punya perpaduan warna ungu dan hijau.

Kedua warna ini membuat anggrek kasut kumis semakin indah dan harmonis. Nama ilmiahnya yakni Paraphalaenopsis chamberlainianum. Maka dari itu kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 30.000.

Cara Perawatan:

  • Beri air secukupnya (2 kali Sehari)
  • Tempatkan di tempat yang tidak terlalu terpapar sinar matahari
  • Tanam di pot yang memiliki tanah yang subur

 

3. Anggrek Kebutan



Namanya mengingatkan pada istilah yang menggambarkan norma getol naik kendaraan dengan kecepatan di atas normal alias kebut-kebutan. Tetapi, bukan berarti anggrek ini bisa melaju selayaknya motor ya. Sebutan kebutan disandang karena warna oranye yang memoles bunga anggrek terlihat sangat latif.

Warna-Warna tersebut berkerumun di dalam satu tangkai. Anggrek ini termasuk kedalam anggrek langka. Jadi, anda pun harus mempertahankan kelestariannya. Tanaman ini juga sangat murah dengan harga Rp. 9.000.

Cara Merawat:

·         Tempatkan anggrek di area yang cukup terkena sinar matahari

·         Pilih Media tanam yang cocok untuk anggrek

·         Sesuaikan Sirkulasi dan suhu udara untuk bunga anggrek kebutan (pilih tempat yang anginnya tidak terlalu kencang)

·         Pilih Pupuk yang cocok untuk anggrek

·         Penyiraman jangan terlalu sering, cukup 2 kali sehari dan rutin

4. Anggrek Sendok



Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan terkecuali bunga ini mirip dengan alat makan berupa sendok. Tetapi, sadar bentuknya jauh lebih latif dari sendok. Bukan sendok biasa. Julukan latinnya adalah Spathoglottis zurea.

Tanaman ini dengan harga Rp. 15.000. Kamu dengan murah merawatnya dengan dilakukan pemupukan secara berkala dan di letakkan di pot yang cocok untuk beradaptasi.

Cara Merawat:

  • Siramlah anggrek dengan cukup air dan tidak berlebihan (saran saya, 2 kali sehari)
  • Tempatkan anggrek di tempat yang tidak terlalu intens sinar mataharinya (bisa di depan rumah yang teduh atau di bawah pohon)
  • Pilihlah media tanam yang mempunyai unsur hara yang berlimpah dan juga kandungan mineal zat besi yang cukup (jika bisa, menggunakan tanah humus)

 

5. Anggrek Bulan Bintang





Nah lho, tadi ada anggrek bulan. Sekarang muncul anggrek bulan bintang. Pasti saja ada alasannya, mengapa sebutan anggrek bulan bintang inheren padanya. Anggrek ini punyai lima buah kelopak yang berbentuk mirip bintang.

Lalu di tengahnya persis seperti bulan. Warnanya sangat latif dan menawan agar banyak yang menyukai type anggrek bulan bintang. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp.75.000. Kamu bisa merawatnya dengan hindari dengan sinar matahari lagsung dan lakukan penyiraman secara berkala.

Cara Merawat:

  • Tempatkan anggrek bulan bintang di tempat yang terkena sinar matahari yang tidak intens
  • Pilihlah Media tanam yang cocok untuk anggrek (bisa menggunakan tanaman yang biasa untuk menanam bibit)
  • Pastikan Sirkulasi dan suhu udara untuk bunga anggrek bulan bintang pas dan tidak berlebihan
  • Pilihlah Pupuk untuk anggrek yang cocok

6. Anggrek Kerlip



Anggrek ini masih satu spesies dengan anggrek bulan. Aromanya sangat wangi dan bentuknya memikat hati. Pemilik naman latin Phalaenopsis violacea ini merupakan anggrek yang banyak dibudidayakan karena estetika tampilannya. Anggrek ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 45.000.

Cara Merawat:

  • Beri air secukupnya, jangan terlalu sering. Paling banyak 2 kali sehari
  • Tanam di pot yang memiliki tanah yang subur
  • Tempatkan anggrek Kerlip di tempat yang teduh dan juga tidak terlalu panas

 

7. Anggrek Jamrud



Ingat salah satu band terkenal di Indonesia saat jaman 90-An? Ya, mereka lah band jamrud. Kini, sebutan itu juga disandang oleh salah satu style anggrek, yaitu anggrek jamrud. Julukan latin anggrek jamrud adalah Dendrobium macrophyllum. Karakteristik-Karakteristik anggrek jamrud, antara lain, terdapat bulu di bunganya seperti buah rambutan. Selagi di bagian luarnya juga menyerupai kulit rambutan dan membentuk kelopak. Kamu bisa membelinya di toko dengan harga Rp. 55.000.

Cara Merawat:

  • Taruh Anggrek di area yang paparan sinar mataharinya tidak terlalu panas
  • Pilihlah Media tanam yang cocok untuk anggrek (bisa menggunakan tanaman yang biasa untuk menanam bibit)
  • Letakkan anggrek di tempatkan sirkulasi udaranya tidak terlalu kencang
  • Pilihlah Pupuk untuk anggrek yang cocok

8. Anggrek Hartinah



Bunga anggrek ini memiliki warna eksoti dan didominasi warna ungu dengan gradasi krem. Bentuk dan ukurannya serupa seperti bunga anggrek pada umumnya. Harga jual tanaman anggrek ini senilai Rp.12.000.

Cara Merawat:

  • Tempatkan Anggrek di tempat yang tinggi (karena habitat anggrek ini adalah di dataran yang tinggi)
  • Pastikan tempatnya juga lembab

9. Anggrek Jingga



Seperti warnanya, anggrek ini dinamakan anggrek jingga. Sebutan latinnya adalah Renanthera matutina. Bunganya berwarna jingga dan memiliki motif seperti warna kulit macan tutul. Di Florist kami sering bertemu anggrek jingga yang jenis kedua. Bunga cantik ini berasal dari filipina, julukan latinnya renanthera monachica. Kamu bisa membelinya dengan harga yang lumayan murah 12.000.

Cara Merawat:

  • Pastikan sirkulasi dan tempat keluarnya air pas (tidak boleh menggenang di pot)
  • Beri pupuk secukupnya saja
  • Sinari anggrek di tempat yang teduh (tidak langsung terpapar sinar matahari)

10. Anggrek Ki Aksara



Bunga anggrek ki aksara yang berwarna hijau ini memiliki corak menyerupai kilatan petir. Anggrek dengan nama latinnya Macodes petoal ini memiliki ukurannya terbilang mungil. Tapi, tetap indah dipandang mata. Kamu bisa mendapatkannya jika kamu mau membelinya. Rp. 5.000.

Cara Merawatnya:

  • pastikan kamu Gunakan Media Tanah yang Cocok
  • Atur Sirkulasi udara sedemikian rupa dan kelembaban udaranya agar tidak mudah mati
  • berikan nutrisi dengan berikan pupuk secara rutin (tapi ingat jangan berlebihan)
  • Siram anggrek dengan air secara konsisten dan rutin (2 kali sehari)

 

Jenis Anggrek impor yang populer di Indonesia

1. Paphiopedilum saint swithin (Taiwan)



Salah satu anggrek impor yang banyak di jual di Indonesia adalah salah satu Anggrek taiwan Paphiopedilum saint swithin dengan Harga kisaran Rp112.000

Tujuh kuntum bunga dari 2 tangkai bunga anggrek ini menghiasi wujud dari bung aitu sendiri. Warna Totol dan garis yang menghiasi di sepal jadi poin penting. Anggrek dari Taiwan itu memperoleh medali emas di kelas paphiopedilum hybrid, best of section, dan the best hybrid.

Cara Perawatan:

  • Tempatkan pada daerah terkena sinar matahari
  • Pakai media tanam yang cocok untuk anggrek (Lembab)
  • Atur sirkulasi dan suhu udara
  • Siram Dengan Air Secara Rutin

2. Dtps, queen beer (Dendrobium)


Tanaman anggrek lainnya yang juga berasal dari taiwab adalah Dtps, queen beer (Dendrobium). Memiliki kelopak berjajar membentuk kepala ratu. Banayk dibudidayakan di Indonesia dengan kisaran Rp227.500

Cara Perawatan:

  • Potong batang yang Layu
  • persiapkan baki untuk perkembangan akar
  • Tanam akarnya di dalam pot

3. Blc. hwa yuan gold



Annggrek lainnya adalah  Blc. hwa yuan gold anggrek asal taiwan yang memiliki mahkota khas seperti sebuah penari topeng di Indonesia, harganya berkisar Rp217.600

Dialah yang paling prima di antara jenisnya. Meski hanya punya 2 kuntum bunga, ia sanggup mengalahkan 2 pesaing yang berbunga 4 dan 3 kuntum.

Cara Perawatan:

  • Taruh Anggrek Ke area teduh dan tidak terkena matahari langsung
  • Pakai media tanam yang cocok untuk anggrek
  • Kasih pupuk untuk anggrek
  • Siram Dengan Air Secara Rutin

 4. Dgmra. winter wonderland


Salah satu anggrek asal Amerika adalah  Dgmra. winter wonderland. Anggrek identik putih dengan bercak ungu ini menjadi idaman. Anggrek ini banyak di jual dengan kisaran harga Rp162000

Penampilan kerabat tanaman oncidium ini mirip dengan colmanara, tetapi bersosok lebih besar. Dua tangkai itu mengelayuti 5 kuntum berwarna putih bersih yang membuat tanaman ini begitu unik dan indah. Sosok menarik membuat koleksi Muslim Makhfudz itu memperoleh medali emas di kelas oncidium.

Cara Perawatan:

·         Beri Cahaya yang Cukup

·         Menyimak Sirkulasi Udara

·         Jangan Terlampau Sering Menyiram Anggrek

·         Potong Tangkai Bunga yang Layu


5. Dendrobium johnsoniae



Salah satu anggrek lainnya yang banyak diminati adalah anggrek asal hawaii yaitu Dendrobium johnsoniae. Identik berwarna putih dengan bercak unggu namun tampak lebih berani dibanding dengan anggrek Amerika di atas, harganya berkisar Rp192.000

Sekali pun gagal menyabet medali emas, dendrobium koleksi Muslim Makhfudz itu banyak dihujani pujian. Ia berbunga benar-benar lebat. Atas keunggulan itu ia dinyatakan medali emas di kelas dendrobium spesies. Tak heran jika ia jadi rival terberat sang medali emas, Dendrobium thyrsiflorum koleksi Foresta Orchids asal Pacet, Mojokerto

Cara Perawatan:

  • Atur Pencahayaan yang sesuai dengan anggrek
  • Pililah media tanam yang pas buat anggrek
  • Berilah pupuk untuk anggrek
Itulah pembahassan artikel ini yang membahas tentang Jenis anggrek Lokal dan Impor semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kam



Posting Komentar untuk "Perbedaan Anggrek Lokal dan Impor, Harga dan Perawatan"